Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 22, 2020, 10:32:45 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139605
  • Total Topik: 10376
  • Online Today: 259
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?  (Dibaca 8609 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« pada: Februari 19, 2011, 04:33:52 PM »
Berbicara tentang inflasi maka yang umumnya akan terjadi adalah kenaikan harga, penurunan tingkat pendapatan rill, melemahnya konsumsi agregat, dan ekspor - impor yang terganggu. Fenomena - fenomena tersebut memang umumnya terjadi ketika inflasi namun dengan catatan kondisi itu baru akan terjadi ketika inflasi sudah  berada pada level di atas 10%. Untuk lebih jelasnya saya akan menguraikan tentang hakikat dari inflasi itu sendiri.
   
Inflasi merupakan suatu keadaan dimana peredaran uang secara umum lebih besar dibandingkan peredaran barang di suatu negara pada periode tertentu. Suatu negara atau wilayah baru dapat dikatakan menghadapi inflasi apabila terpenuhi 3 syarat antara lain:

1. Kenaikan harga
2. Terjadi secara umum
3. Berlangsung terus menerus

Artikel selengkapnya

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #1 pada: Februari 19, 2011, 08:38:56 PM »
Apakah inflasi hanya terjadi karena peredaran uang yang lebih besar daripada peredaran barang?
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline Dhanang.Wibowo

  • Moderator
  • Mahasiswa
  • *****
  • Tulisan: 10
  • IQ: 1
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #2 pada: Oktober 11, 2011, 02:24:54 PM »
Pada umumnya iya.

Kelangkaan (dan utilitas, sebenarnya) mempengaruhi nilai suatu barang. Uang juga barang, jadi hukum kelangkaan ini pun berlaku padanya.

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 740
  • IQ: 32
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #3 pada: Oktober 22, 2011, 12:11:43 AM »
Laju atau level inflasi 5%, 10%, itu artinya apa ya..Maksudnya prosentase terhadap apa? Cara menghitungnya gimana? 
DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #4 pada: Oktober 22, 2011, 01:14:08 AM »
Biasanya maksudnya pertahun harga barang naik 10%.
Jadi di indonesia itu sudah distandarkan bahwa jumlah uang yang beredar hanya boleh 6000 T saja, dimana pertahun pajak 20% dari itu, jadi seluruh barang yang diproduksi kalau ditotalkan harganya harus 6000T, mematok harga lebih dari itu, ya tidak akan terbeli karena uangnya sudah tidak ada, kecuali tahun depan dijual lagi karena pajak sudah mengucur.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #5 pada: Oktober 22, 2011, 01:43:18 AM »
Jadi waktu dulu The Fed yang tidak lain adalah badan keuangan di USA yang dulunya bukan milik pemerintah begini caranya. Mereka mengumpulkan orang orang kaya yang mempunyai barang, kemudian barang barang tersebut mereka labeli dan diberikan kepada masyarakat berupa kupon kalau mereka mau bekerja untuk The Fed, sekarang, kupon tersebut bernama Dollar.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #6 pada: Oktober 22, 2011, 02:11:09 AM »
Oh iya, secara teori memang 6000T yang beredar, tapi ternyata produksi barang target tidak tercapai, jadi barang nilainya kurang dari itu, nah untuk mengakali akhirnya dinaikkan lah suku bunga, supaya banyak orang nabung, tapi pasti ini bakal jadi masalah deh. Tarolah Pemerintah pengen uang beredar 3000T dari total 6000T. Berarti pemerintah harus bayar 5% pertahun kepada nasabah. 5% dari 3000T adalah 15 T pertahun, kalau ternyata target pajak 1200T tercapai, 15T cetek lah, kalau enggak??? Mampus tuh. ;D Kalau harga barang 3000T berarti pajak yang terkumpu ya cuma 600T dong. 

Oke jangan naikkan suku bunga, berarti harga barang harus naik supaya harganya sesuai dengan 6000T hayo mau pilih yang mana???


;D Pasti pada pening tuh pemerintah. Selamet yee. Hujat rame rame yok, kayaknya pemerintah pada oon semua.
« Edit Terakhir: Oktober 22, 2011, 02:13:49 AM oleh Farabi »

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 740
  • IQ: 32
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #7 pada: Oktober 22, 2011, 02:55:34 AM »
Oh iya, secara teori memang 6000T yang beredar, tapi ternyata produksi barang target tidak tercapai, jadi barang nilainya kurang dari itu, nah untuk mengakali akhirnya dinaikkan lah suku bunga, supaya banyak orang nabung, tapi pasti ini bakal jadi masalah deh. Tarolah Pemerintah pengen uang beredar 3000T dari total 6000T. Berarti pemerintah harus bayar 5% pertahun kepada nasabah. 5% dari 3000T adalah 15 T pertahun, kalau ternyata target pajak 1200T tercapai, 15T cetek lah, kalau enggak??? Mampus tuh. ;D Kalau harga barang 3000T berarti pajak yang terkumpu ya cuma 600T dong. 

Oke jangan naikkan suku bunga, berarti harga barang harus naik supaya harganya sesuai dengan 6000T hayo mau pilih yang mana???


;D Pasti pada pening tuh pemerintah. Selamet yee. Hujat rame rame yok, kayaknya pemerintah pada oon semua.

Thanks gan pencerahannya..
Prosentase tadi memang dari Delta Harga..Saya googling, katanya salah satu cara menghitungnya adalah Delta CPI (Consumer Price Index)..

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #8 pada: Oktober 22, 2011, 03:46:02 AM »
Naikin harga biar 6000T massa ngamuk, apalagi kalo harga beras naik dan gas, disubsidi duitnya mana? Sampe bulan ini baru kekumpul 600T, beban hutang aja 200T/pertahun, beban subsidi 200T, anggaran pendidikan 200T

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #9 pada: Oktober 22, 2011, 05:04:50 AM »
Saya kasih petunjuk deh:
Mening mahal tapi kebeli, atau murah tapi ga kebeli?

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 740
  • IQ: 32
Re: Artikel ForSa - Apa sih Inflasi itu?
« Jawab #10 pada: Oktober 22, 2011, 07:30:57 AM »
Saya kasih petunjuk deh:
Mening mahal tapi kebeli, atau murah tapi ga kebeli?

Saya milih yang pertama gan..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
16503 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2009, 07:16:28 AM
oleh biobio
9 Jawaban
8418 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 30, 2011, 11:57:50 AM
oleh iput
5 Jawaban
4896 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2010, 09:36:18 PM
oleh Articvotra
27 Jawaban
23300 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2011, 02:29:55 AM
oleh obay
10 Jawaban
29905 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2015, 03:48:36 PM
oleh mhyworld