Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 16, 2024, 02:21:13 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 50
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

EKONOMI

Dimulai oleh alvin pratama, Mei 14, 2009, 07:59:11 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

alvin pratama

atas perintah dari atasan,
mungkin diantara kawan2 semua yg mempunyai masalah soal ekonomi & marketing,
bisa tanya lewat topik ini....
di tunggu pertanyaannya ya.
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

skuler

mau nanya... ada brapa sistem ekonomi d dunia?... indonesia sistem ekonominya apa?
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

luth

#2
mungkin secara garis besarnya ada dua kali yah
liberalis dan sosialis/komunis,,

klo indonesia mah gegayaan sendiri bro,,
nama sistem ekonominya sistem ekonomi pancasila,,
mungkin dari cita2nya si bagus dan baik yg berdasarkan uud pasal 33
tapi implementasinya yg ngaco,,,
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

alvin pratama

setahu aq sih sistem perekonomian di indonesia ada 3 deh kayaknya.
Perekonomian terencana
Perekonomian pasar
Perekonomian pasar campuran
klu di dunia gak tau pasti. ;D
udah jarang baca buku.
setauku,di amerika tu pake' sistem ekonomi liberal.
tapi kayaknya udah gagal ngadepin masalah krisis berkepanjangan ini.
dan negara ini termasuk kena dampaknya secara langsung.
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

cignus

sistem ekonomi kapitalis ma sosialis bagusan mana ya?
baru2 ini banyak yg bilang klo kapitalis bakal ancur gara2 krisis global nih
ada lagi yg baru bisnis sosial, nih kyanya masuk sosialis deh soalnya membantah kapitalis, ktanya kapitalis cuma melihat manusia dari satu dimensi aja soalnya berprinsip memenuhi kebutuhan sebanyak2nya itu sumber kebahagiaan.
klo bisnis sosial yg di pelopori peraih nobel perdamain muhammad yunus bilang klo menolong juga sumber dari kebahagiaan bukan mencari keuntungan sebanyak banyaknya to

ya bener juga sih

alvin pratama

mungkin,dalam situasi ekonomi yg sedang kacau ini,salah satu caranya ya bank dunia harus mengatur & mengubah sistem perekonomiannya.dari awalnya liberal,mungkin harus mengubahnya menjadi lebih baik yaitu sistem ekonomi kapitalisme.mungkin dngan cara itu bisa mengatasi krisis yang berkepanjangan ini.
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

alvin pratama

barusan aq browsing nyari artikel,truz aq nemuin bacaan bagus soal management & ekonomi.
coba deh buka & download sendiri.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

luth

Kutip dari: alvin pratama pada Mei 16, 2009, 03:09:16 PM
mungkin,dalam situasi ekonomi yg sedang kacau ini,salah satu caranya ya bank dunia harus mengatur & mengubah sistem perekonomiannya.dari awalnya liberal,mungkin harus mengubahnya menjadi lebih baik yaitu sistem ekonomi kapitalisme.mungkin dngan cara itu bisa mengatasi krisis yang berkepanjangan ini.
liberal itu sama saja bung alvin dengan kapitalisme
liberal=kapitalisme
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

alvin pratama

Kutip dari: luth pada Mei 17, 2009, 12:14:58 PM
liberal itu sama saja bung alvin dengan kapitalisme
liberal=kapitalisme
mungkin hampir sama.tapi menurut saya,keduanya itu berbeda.
1.Kapitalisme adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama barang modal, seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut, para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu, baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut.

Kapitalisme memiliki sejarah yang panjang, yaitu sejak ditemukannya sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta. Di Eropa, hal ini dikenal dengan sebutan guild sebagai cikal bakal kapitalisme. Saat ini, kapitalisme tidak hanya dipandang sebagai suatu pandangan hidup yang menginginkan keuntungan belaka. Peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu.

2.Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama.[1]

Secara umum, liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan agama. Liberalisme menghendaki adanya, pertukaran gagasan yang bebas, ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi (private enterprise) yang relatif bebas, dan suatu sistem pemerintahan yang transparan, dan menolak adanya pembatasan terhadap pemilikan individu. Oleh karena itu paham liberalisme lebih lanjut menjadi dasar bagi tumbuhnya kapitalisme.

Dalam masyarakat modern, liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem demokrasi, hal ini dikarenakan keduanya sama-sama mendasarkan kebebasan mayoritas. Bandingkan Oxford Manifesto dari Liberal International: "Hak-hak dan kondisi ini hanya dapat diperoleh melalui demokrasi yang sejati. Demokrasi sejati tidak terpisahkan dari kebebasan politik dan didasarkan pada persetujuan yang dilakukan dengan sadar, bebas, dan yang diketahui benar (enlightened) dari kelompok mayoritas, yang diungkapkan melalui surat suara yang bebas dan rahasia, dengan menghargai kebebasan dan pandangan-pandangan kaum minoritas.
nah gmn??
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

skuler

hmmm... dari yg gw baca diatas tentang definisi kapitalisme n liberalisme, spertinya kapitalisme = himpunan bagian dari liberalisme....

@ alvin: itu sumbernya darimana y?...

Kutip dari: alvin pratama pada Mei 17, 2009, 11:22:13 AM[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

thanks linknya om pin...

gw baca2 skilas isinya soal pengantar buat praktisi ekonomi...
buat newbie yg bniat bikin kompeni, gw rasa pdf diatas cukup bmanfaat...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

cignus

kapitalis itu digunain pertama kali oleh karl max dalam buku the dust kapital (tulisannya tau bener pa gak) untuk namain tuan tanah, itu ak tau

alvin pratama

Kutip dari: skuler pada Mei 17, 2009, 12:42:03 PM
hmmm... dari yg gw baca diatas tentang definisi kapitalisme n liberalisme, spertinya kapitalisme = himpunan bagian dari liberalisme....

@ alvin: itu sumbernya darimana y?...

thanks linknya om pin...

gw baca2 skilas isinya soal pengantar buat praktisi ekonomi...
buat newbie yg bniat bikin kompeni, gw rasa pdf diatas cukup bmanfaat...
@skuler
itu data pribadi om.
aq dulu pernah nulis jawaban di yahoo.jg.
tapi aq rasa cukup lengkap.

sama2 om. saya hanya ingin berbagi aja sama kawan2 forsa.
[move]"Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasih

Monox D. I-Fly

Tanya nih, kalau belajar prinsip ekonomi dari matematika itu selain menentukan keuntungan maksimum sama biaya minimum apa aja?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.