Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 24, 2021, 01:25:07 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 65
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 76
Total: 76

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tanya soal inflasi deflasi dan temen2nya  (Dibaca 21597 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Tanya soal inflasi deflasi dan temen2nya
« pada: Juli 27, 2008, 12:46:00 PM »
Buat jagoan ekonomi, mohon kesediaannya bagi-bagi ilmu di sini ya  ;D
Kemaren si workaholic nulis tentang inflasi di zimbabwe yang katanya rekor inflasi tertinggi di dunia. Nah, dari dulu yang gw tau cuman inflasi itu artinya menurunnya nilai tukar suatu mata uang. Yang jelas nilai uang semakin ga ada artinya karena semua harga barang naik. Apa bener begitu? Gw dulu berpikir, gampang seharusnya, ya kita cetak uang lagi aja sebanyak-banyaknya. Kenapa ga bisa seperti ini? Aturannya seperti apa sih, katakan misalnya uang rupiah yang beredar totalnya berapa dan kenapa harus segitu?
Apa sih sebenernya inflasi dan faktor apa aja yang nyebabin inflasi?
Apa dan faktor apa aja yang mempengaruhi inflasi? Terus apa lagi tuh deflasi dan devaluasi?

Banyak nanya ya, gpp kan namanya juga pengen tau. Mudah-mudahan ada yang berkenan share di sini  ;D

Offline Grahf

  • Eye of Horus
  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Clunk! Clunk! Clunk!
Re: Tanya soal inflasi deflasi dan temen2nya
« Jawab #1 pada: Juli 30, 2008, 04:45:07 AM »
Gw dulu berpikir, gampang seharusnya, ya kita cetak uang lagi aja sebanyak-banyaknya. Kenapa ga bisa seperti ini?
Loh, gimana sih. Kalo uangnya makin banyak dicetak ya jumlahnya makin banyak dan makin gak langka. Makin gak berharga. Jadinya inflasi malah makin tinggi. Itu sebabnya kalo negara terlanda inflasi dia gak langsung nyetak duit sebanyak mungkin.
This is me taking control of my life.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Tanya soal inflasi deflasi dan temen2nya
« Jawab #2 pada: Juli 30, 2008, 07:29:18 AM »
Nah,apa aja aturan mencetak uang? Apa setiap negara bebas cetak uang sebanyak mereka mau?

Offline Grahf

  • Eye of Horus
  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
  • Clunk! Clunk! Clunk!
Re: Tanya soal inflasi deflasi dan temen2nya
« Jawab #3 pada: Juli 30, 2008, 11:36:35 AM »
Nah,apa aja aturan mencetak uang? Apa setiap negara bebas cetak uang sebanyak mereka mau?
Harusnya sih bisa cetak semaunya, tapi pasti gak bakalan lah. Kan mereka berusaha mempertahankan nilai mata uang supaya tetap tinggi, kalau dicetak terus ya nilainya turun.  :-\

Offline wonderfull wind

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 90
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
    • winds blo9
Re: Tanya soal inflasi deflasi dan temen2nya
« Jawab #4 pada: Juli 30, 2008, 12:13:03 PM »
IYa kirain kalo indonesia nyetak uang banyak trus gaji-gaji orang ditambah, masyarakat bisa jadi makmur,, ternyata malah jadi inflasi ya?? kacau,,  >:(

eiya ni pengertian sederhana dari inflasi (maaf,, blum bisa ngutip uy,,)
Inflasi adalah fenomena kenaikan harga-harga pada sebuah lingkup ekonomi. Tingkat inflasi biasanya diberikan dalam persentase. Jika inflasi pada sebuah tahun adalah 10%, maka rata-rata harga barang pada akhir tahun lebih mahal 10% daripada di awal tahun. Atau dengan kata lain, nilai yang bisa dibeli oleh sejumlah uang berkurang 10% pada akhir tahun dibandingkan dari awal tahun.

Inflasi dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu tarikan permintaan atau desakan biaya produksi.

Inflasi tarikan permintaan (Ingg: demand pull inflation) terjadi akibat adanya permintaan total yang berlebihan sehingga terjadi perubahan pada tingkat harga. Bertambahnya permintaan terhadap barang dan jasa mengakibatkan bertambahnya permintaan terhadap faktor-faktor produksi. Meningkatnya permintaan terhadap faktor produksi itu kemudian menyebabkan harga faktor produksi meningkat. Jadi, inflasi ini terjadi karena suatu kenaikan dalam permintaan total sewaktu perekonomian yang bersangkutan dalam situasi full employment.

Inflasi desakan biaya (Ingg: cost push inflation) terjadi akibat meningkatnya biaya produksi (input) sehingga mengakibatkan harga produk-produk (output) yang dihasilkan ikut naik.

Inflasi memiliki dampak positif dan dampak negatif- tergantung parah atau tidaknya inflasi. Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi. Sebaliknya, dalam masa inflasi yang parah, yaitu pada saat terjadi inflasi tak terkendali (hiperinflasi), keadaan perekonomian menjadi kacau dan perekonomian dirasakan lesu. Orang menjadi tidak bersemangat kerja, menabung, atau mengadakan investasi dan produksi karena harga meningkat dengan cepat. Para penerima pendapatan tetap seperti pegawai negeri atau karyawan swasta serta kaum buruh juga akan kewalahan menanggung dan mengimbangi harga sehingga hidup mereka menjadi semakin merosot dan terpuruk dari waktu ke waktu. => kayanya ini yang terjadi di ZImbabwe,, nyeremin ya,,
Akal itu mentri yang menasehati, hati itu adalah raja yang menentukan, harta itu adalah satu tamu yang akan pergi, dan kesenangan itu satu masa yang ditinggalkan. (anonim)

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Tanya soal inflasi deflasi dan temen2nya
« Jawab #5 pada: September 09, 2016, 02:27:41 AM »
Nah,apa aja aturan mencetak uang? Apa setiap negara bebas cetak uang sebanyak mereka mau?

Kalau nggak salah ada jaminan emas, tapi saya sendiri nggak tau rinciannya bagaimana.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
18477 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 09, 2008, 05:24:42 AM
oleh izumi
Soal-soal SMA

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram Bimbel Matematika

4 Jawaban
189384 Dilihat
Tulisan terakhir November 15, 2015, 01:02:15 PM
oleh Monox D. I-Fly
36 Jawaban
23774 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 01, 2010, 06:03:30 AM
oleh Monox D. I-Fly
8 Jawaban
8311 Dilihat
Tulisan terakhir April 17, 2013, 02:47:15 PM
oleh cosmeticadvice
6 Jawaban
167307 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 25, 2014, 09:34:49 PM
oleh Monox D. I-Fly