Forum Sains Indonesia

Ilmu Sosial => Ilmu Ekonomi dan Manajemen => Topik dimulai oleh: reborn pada Oktober 25, 2011, 08:57:00 PM

Judul: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: reborn pada Oktober 25, 2011, 08:57:00 PM
Topik jadul tapi mudah-mudahan masih menarik. Paling tidak, bisa nambah-nambah ide buat yang lagi nyari2 peluang bisnis.

Kenapa saya pilih 100 juta, bukan 5 atau 10? Karena nilai rupiah rasanya kok melorot terus, hampir gak mungkin duit segitu buat ngapa2in. Saya pilih 100 juta, karena kok kayaknya guedee banget ya, setidaknya gw ngerasanya sih begitu hehe... tapi kita coba lihat komen temen2, apa benar duit segitu cukup berharga.

Oke, langsung aja. Jika anda punya (entah dikasih, hasil tabungan, atau kejatuhan duren) 100 juta rupiah, apa yang anda lakukan?

PS :
buat moderator, boleh kan nanya beginian di sini? Terlalu praktis soalnya nih hehe... Kalo ga boleh ya maap ya  ;D
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: viz pada Oktober 26, 2011, 12:05:14 AM
buat modal wirausaha,kalo modal gede gitu kemungkinan ide2 cemerlang muncul buat ngehasilin duit lg..jd gak di abisin gtu aja :D
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: MonDay pada Oktober 26, 2011, 01:15:55 AM
ngontrak ruko 45 juta (2 lantai), jual barang keperluan rumah tangga 45 juta (lantai 1), biaya kehidupan 10jt (lantai 2)
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Farabi pada Oktober 26, 2011, 04:44:30 AM
Bikin kosan, 1 kamar biayanya 20 juta. Kalo bikin sendiri, nyari tukang sendiri tapi. Biaya listrik bebankan ke penyewa dong.
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Dhantez pada Oktober 26, 2011, 04:46:18 AM
Buat buka usaha dawet gerobak, satu cabang investasi krg lebih rp.2jt, modal kerja dua bulan 3 jt.. jadi total 5jt per cabang.. Buka 10 cabang langsung (50jt)... sisanya disimpan utk jaga2... ;D
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Oktober 26, 2011, 06:56:37 AM
1. Dizakatin dulu sesuai porsinya (zakat barang temuan)
2. Buat nglunasin utang2Q dulu
3. Sumbangin sisanya yg 15% utk organisasi yg aq cintai & 10% utk situs forum yg aq cintai
4. Buat naik haji
5. Sisanya buat modal usaha
6. Bikin situs sendiri

Sebelumnya di Yahoo! Answers q pernah jawab pertanyaan yg kayak gini, tapi berhubung tadi pagi aq ditilang gara2 belum punya SIm jadi q tambah satu lagi:
7. Buat bikin SIM
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Oktober 26, 2011, 08:49:24 AM
Buat Ibu, senang2, beli gadget terbaru, travelling dan tdk boleh lupa donasi utk yg papa..
Untuk usaha, pantang pake uang sendiri, harus dari hutang bank..
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Oktober 26, 2011, 09:21:42 AM
Untuk usaha, pantang pake uang sendiri, harus dari hutang bank..

What???  :o
Kenapa??? Buat nambah semangat balik modal?  ::)
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Farabi pada Oktober 27, 2011, 12:50:40 AM
Warnet temenku rame banget. Sehari dia dapet minimal 100 rb, modalnya sekitar 20 juta, komputernyat ada 6. Internetnya cepet banget, 2 MBytes, bukan bits. Biaya operasionalnya:
1. Tukang jaga : 800 rb
2. Akses internet: 750 rb
3. Listrik : 300 rb

Sebulan berarti 3 juta dikurangi biaya operasional, 2 juta, keuntungan bersih 1 juta. Kalau mau sewa saya untuk jadi tukang jaga, berarti anda hemat biaya perawatan 1,2 juta per 3 bulan.
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Fariz Abdullah pada Oktober 27, 2011, 04:18:42 AM
What???  :o
Kenapa??? Buat nambah semangat balik modal?  ::)

Maklum, muridnya Purdie Chandra si pendiri Primagama dan Entrepeneur University  :D
Salah satunya memang biar disiplin dan semangat. Alasan lain, katanya berhutang itu mulia, karena tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.. ;)
Judul: Re: Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: viz pada Oktober 28, 2011, 05:11:19 PM
Maklum, muridnya Purdie Chandra si pendiri Primagama dan Entrepeneur University  :D
Salah satunya memang biar disiplin dan semangat. Alasan lain, katanya berhutang itu mulia, karena tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah.. ;)
utangnya ke bank syariah aja,biar gak kena bunga tinggi :D
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: exile_rstd pada Desember 29, 2011, 10:28:09 AM
biasanya orang yang jarang (atau malah ga pernah) dapet duit gede pastinya bingung uang segitu banyaknya mau diapakan. kalau saya dapet duit sebanyak itu... mungkin berdiam diri dulu sambil nulis di catatan kecil membuat daftar apa2 saja barang atau hal lain yang saya inginkan dgn menggunakan uang tersebut. ;D
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: mhyworld pada Desember 29, 2011, 12:41:22 PM
Uang segitu buat beli rumah sekarang kok rasanya masih kurang ya? paling cuma bisa buat DP.
Mungkin bisa buat beli mobil second, cash.
Atau modal kawin. hehe.
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: nʇǝʌ∀ pada Desember 29, 2011, 02:14:02 PM
mayoritas bikin deposito aja, nga perlu kerja tapi ada pemasukan tetap :) minimal dipecah menjadi 2 hingga 4 deposito yg berbeda. atau masukin ke reksa dana saham kalau kondisi ekonomi tidak krisis. sisanya buat belanja, belanja, dan belanja... soal amal bisa pake tabunganku yg lain :)
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: MonDay pada Desember 29, 2011, 04:16:47 PM
mayoritas bikin deposito aja, nga perlu kerja tapi ada pemasukan tetap :) minimal dipecah menjadi 2 hingga 4 deposito yg berbeda. atau masukin ke reksa dana saham kalau kondisi ekonomi tidak krisis. sisanya buat belanja, belanja, dan belanja... soal amal bisa pake tabunganku yg lain :)

bunga deposito bank negeri sangat rendah, sdgkan kebutuhan sangat tinggi
jikapun ada bank yg menjanjikan bunga yg tinggi patut dipertanyakan, alih2 seperti century
reksa dana juga belum tentu aman, tanpa pemasukan yg jelas dan hny mengandalkan bunga bank sy rasa msh belum cukup
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Januari 04, 2012, 08:04:23 AM
Uang segitu buat beli rumah sekarang kok rasanya masih kurang ya? paling cuma bisa buat DP.
Mungkin bisa buat beli mobil second, cash.
Atau modal kawin. hehe.

Ng? Emang rumah & mobil baru sekarang harganya berapa?  ???
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: exile_rstd pada Januari 04, 2012, 09:05:13 AM
saya rasa nilai mata uang akan selalu naik. kalau zaman sekarang mungkin 100 juta atau lebih saja masih kurang.
ya tidak hanya nilai mata uang saja. tapi faktor2 lain yang mempengaruhi juga.
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 04, 2012, 11:14:38 AM
Ng? Emang rumah & mobil baru sekarang harganya berapa?  ???
Coba saja cari rumah di sekitar Jakarta yang dijual lewat internet. Untuk ukuran rumah sederhana, rata-rata harganya sudah di atas 200 juta. Kalau mobil baru rata-rata sudah di atas 100 juta.
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 04, 2012, 11:19:14 AM
saya rasa nilai mata uang akan selalu naik. kalau zaman sekarang mungkin 100 juta atau lebih saja masih kurang.
ya tidak hanya nilai mata uang saja. tapi faktor2 lain yang mempengaruhi juga.
Bukannya nilai uang itu selalu turun? istilahnya inflasi. Dulu beli seliter bensin cukup bayar 500 rupiah, sekarang sekitar 5000 rupiah, itu pun sudah disubsidi.
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: exile_rstd pada Januari 05, 2012, 12:28:15 AM
ouch, maaf terbalik. :P terima kasih buat koreksinya ^^
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Januari 06, 2012, 07:38:27 AM
Coba saja cari rumah di sekitar Jakarta yang dijual lewat internet. Untuk ukuran rumah sederhana, rata-rata harganya sudah di atas 200 juta. Kalau mobil baru rata-rata sudah di atas 100 juta.

Aq baca di koran kemarin, harga mobil dinas yg buat walikota Solo (yg dibuatin anak2 SMK) itu cuma 40 juta.  ::)

Bukannya nilai uang itu selalu turun? istilahnya inflasi. Dulu beli seliter bensin cukup bayar 500 rupiah, sekarang sekitar 5000 rupiah, itu pun sudah disubsidi.

Mungkin aslinya yg dimaksud exile itu nilai barang kali...  ;D
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: mhyworld pada Januari 06, 2012, 08:18:59 AM
Aq baca di koran kemarin, harga mobil dinas yg buat walikota Solo (yg dibuatin anak2 SMK) itu cuma 40 juta.  ::)

Apakah sudah dijual bebas?
bagaimana dengan perawatannya, terutama ketersediaan spare part?
Yang saya baca dari sebuah berita online, mobil itu masih punya sedikit masalah pada gas buangnya. Ada yang bisa klarifikasi?
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: skuler pada Januari 06, 2012, 06:22:26 PM
kabarnya forsa lagi butuh sekre.kalo ada 100 jt,gw mau pake duidnya buat dp rumah di jatinangor.yg pasti aksesnya gampang jadi anak2 forsa bisa aktif bikin kegiatan sains bareng2.
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada Januari 20, 2012, 07:12:52 AM
kalo dlm keadaan ekonomi sy sekarang ini ya pasti sebagian besar uang itu saya tabung. saya mungkin cuma butuh sekitar 3-7 juta utk usaha dagang kecil-kecilan.

saya nga berani usaha warnet. takut rugi! enakan dagang yg serba masak-memasak aja. modal ga terlalu gede dan bayar pekerja jg ga gede2 amat. sasarannya tentu saja komunitas pelajar dan mahasiswa. maka buka usahanya dkt2 sekolah aja.

tapi kalopun hrs beli tempat sempit ya mau nga mau sekitar 30-40 juta kali. itu yg saya tau rata2 harga rumah sempit di dkt sekolah dan kampus daerah sy yg biasa dipake buat usaha warung, warnet, dsb.  pokoknya jangan sampe 50% digunain buat modal usaha.

itu kalo saya mau berdagang, tapi kalo lagi malas yg mending ditabung aja semuanya  8)
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: MonDay pada Juli 03, 2012, 12:43:44 AM
saya rasa nilai mata uang akan selalu naik. kalau zaman sekarang mungkin 100 juta atau lebih saja masih kurang.
ya tidak hanya nilai mata uang saja. tapi faktor2 lain yang mempengaruhi juga.

kayanya jaman sekarang deflasi lumayan juga
kecuali utk bahan bakar dan makanan krn komoditi ini terbatas (lahan semakin berkurang jumlah manusia trs meningkat)
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: iput pada Juli 04, 2012, 01:15:40 AM
buat modal bisnis Melia Nature Indonesia...
biar dapet gaji 3,5 juta/hari....
sisanya buat bikin SIM sama koleksi surat tanah....
(karna harga tanah tiap taun naik... dn saya udh bosen kejar2an sama pak polisi....
wkwk...
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: exile_rstd pada Juli 22, 2012, 03:47:54 AM
ngemeng-ngemeng soal uang...
kalau saya dapet uang banyak malah saya diemin dulu karena saya ga mau dibutakan oleh uang ::)
karena di rumah, saya tinggal dengan anggota keluarga yang kebanyakan perempuan kadang suka digodain beli bajulah sepatulah. tapi saya tau hal yang lebih penting untuk dipergunakan.

beli playstation 2 sama baterai laptop. haha.. ;D
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: exile_rstd pada Juli 22, 2012, 03:49:45 AM
waduh!kansayaudahpernahtuliscommentyangserupa... jadimalu..
kwkwkwk.. ;D
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Agustus 30, 2012, 11:31:31 PM
Apakah sudah dijual bebas?
bagaimana dengan perawatannya, terutama ketersediaan spare part?
Yang saya baca dari sebuah berita online, mobil itu masih punya sedikit masalah pada gas buangnya. Ada yang bisa klarifikasi?

Wah, kalo' itu saya kurang tau. Saya buta dalam hal otomotif.  ::)

kabarnya forsa lagi butuh sekre.kalo ada 100 jt,gw mau pake duidnya buat dp rumah di jatinangor.yg pasti aksesnya gampang jadi anak2 forsa bisa aktif bikin kegiatan sains bareng2.

Boleh tuh... Q juga pengen...  ^-^

tapi kalopun hrs beli tempat sempit ya mau nga mau sekitar 30-40 juta kali. itu yg saya tau rata2 harga rumah sempit di dkt sekolah dan kampus daerah sy yg biasa dipake buat usaha warung, warnet, dsb.  pokoknya jangan sampe 50% digunain buat modal usaha.

Itu ukuran berapa x berapa?

buat modal bisnis Melia Nature Indonesia...
biar dapet gaji 3,5 juta/hari....

Apa itu? Sejenis MLM kah?  ::)

ngemeng-ngemeng soal uang...
kalau saya dapet uang banyak malah saya diemin dulu karena saya ga mau dibutakan oleh uang ::)
karena di rumah, saya tinggal dengan anggota keluarga yang kebanyakan perempuan kadang suka digodain beli bajulah sepatulah. tapi saya tau hal yang lebih penting untuk dipergunakan.

beli playstation 2 sama baterai laptop. haha.. ;D

Wah, ini nih... Calon istri idaman...  ;)
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: __________ pada September 03, 2012, 09:03:39 PM
zaman gini uang segitu masih belum cukup untuk mencapai kehidupan rata-rata orang sejahtera. tetapi kalau uang itu dikelola dengan baik maka dia bisa berkembang menjadi berlipat-lipat. saya didesak terus untuk investasi emas dan tanah padahal saya masih belum terlalu memfokuskan perhatian saya ke dunia itu. mau beli obligasi tapi masih mempertimbangkan apakah bunga fixed atau floating yg lebih baik karena masih tidak punya kemampuan memprediksi inflasi. sebab obligasi yg dilepaskan yg saya lihat memiliki harga nga main2 yaitu minimal Rp. 100 juta.
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Farabi pada Oktober 23, 2012, 05:32:52 AM
zaman gini uang segitu masih belum cukup untuk mencapai kehidupan rata-rata orang sejahtera. tetapi kalau uang itu dikelola dengan baik maka dia bisa berkembang menjadi berlipat-lipat. saya didesak terus untuk investasi emas dan tanah padahal saya masih belum terlalu memfokuskan perhatian saya ke dunia itu. mau beli obligasi tapi masih mempertimbangkan apakah bunga fixed atau floating yg lebih baik karena masih tidak punya kemampuan memprediksi inflasi. sebab obligasi yg dilepaskan yg saya lihat memiliki harga nga main2 yaitu minimal Rp. 100 juta.

Tadinya ada gosip kalau The Fed mau cetak uang supaya harga dollar turun, jelas hal ini akan meningkatkan harga emas, tapi sayangnya tidak jadi. Jadinya yang investasi emas cuma untung dikit. (Soalnya harga emas sempat naik)
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 23, 2014, 12:05:22 PM
Uang 100 juta rupiah enaknya buat apa? Jawabanku:
20 juta buat foya-foya  >:D
20 juta buat modal usaha  8)
20 juta ditabung   :)
20 juta di-infaq-kan sekalian buat bayar hutang-hutang  :angel:
20 juta diinvestasikan  :kribo:
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: andresar pada September 24, 2014, 01:20:07 AM
Hadiahin buat ortu aja deh
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: ssdestroyer pada Januari 24, 2015, 11:58:29 AM
pertanyaan menarik ini.
jika diasumsikan saya adalah seorang gelandangan yang dapat uang 100 juta dijalan.
1. untuk beli baju Rp. 3 juta
2  kalau membeli rumah sepertinya tidak mungkin kalau dikota jadi buat ngekos aja asumsikan perbulan Rp.200 ribu maka setahun Rp. 2,4 juta
3. untuk modal jualan gorengan
a. sepeda motor,beli yang bekas saja Rp. 4-6 juta
b. bahan baku Rp. 100 ribu sehari
c. peralatan Rp. 500 ribu
 total Rp. 10 juta
biaya makan diasumsikan dari keuntungan berjualan maka saya bisa menabung Rp. 90 juta
tapi itu udah yang paling hemat dan tidak termasuk untuk kejadian yang tidak terduga.
Judul: Re:Uang 100 Juta Rupiah Enaknya Buat Apa?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Februari 05, 2015, 12:29:09 PM
Wow... Saya suka pemikiran Anda... Membayangkan dapat uang segitu banyak tapi tetap bisa berpikir realistis... Salut deh...