Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 01, 2022, 06:09:16 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,851
  • Latest: Emilykq
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 36
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

4 Tips Sederhana Buat Bikin VLOG Yang Menarik

Dimulai oleh dimensidata, Juli 05, 2017, 04:53:23 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dimensidata

Ada yang tertarik buat jadi vlogger nggak? Kalo ada, maka kamu wajib baca artikel yang ini. Soalnya di sini kita bakal bahas gimana sih caranya bikin vlog yang menarik dan bisa dilihat sama banyak orang.

Buat bikin vlog, kamu membutuhkan perencanaan yang matang dan nggak asal-asalan biar hasilnya bagus. Ini nih beberapa tips sederhana buat bikin vlog yang menarik. Simak baik-baik ya!


Persiapan

Nah di tahap awal ini, kamu harus memperhatikan 2 hal, yaitu konsep dan juga masalah teknis. Yuk kita ulas bareng-bareng ya.

- Konsep

Hal paling awal yang harus kamu lakukan dan pikirkan adalah menentukan konsep dari vlogmu. Tentukan topik apa yang ingin kamu bahas nantinya di dalam vlog. Nggak usah membahas topik yang terlalu muluk-muluk, disarankan sih kamu membahas topik yang kamu suka dan ngerti banget.

Bisa berupa komedi, review, tutorial, atau random tips gitu. Misal nih ya kamu suka fotografi dan lumayan jago, kamu bisa memberikan tips dasar gimana mengambil foto yang bagus.

- Masalah Teknis

Kalo udah tahu konsep apa yang bakal kamu bahas, sekarang waktunya menyiapkan alat-alat untuk merekam videomu. Kamu bisa memakai [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.], handycam, ataupun pakai kamera smartphone kamu. Jangan lupa tripodnya sekalian ya. Tentukan juga lokasi buat merekam video yang bebas noise.

Saatnya merekam

Nah ini nih inti dari kegiatan vlogging. Merekam video. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat merekam video. Yang pertama adalah kuasai topik yang telah kamu buat. Terus yang kedua, berlatihlah buat berbicara yang jelas dan ekspresif, lalu perhatikan bahasa tubuh kamu.

Editing

Kalo proses merekam udah selesai, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah editing. Edit tentukan durasi video yang ingin kamu tayangkan dan susun scene supaya enak dilihat.

Kamu bisa menggunakan aplikasi edit video yang ada di laptop ataupun PC mu seperti Windows Movie Maker atau aplikasi edit video gratis lainnya seperti Lightworks dan VideoSpin.

Upload dan sebarkan

Kalo video kamu udah selesai di-edit, sekarang kamu udah siap buat upload dan menyebarkan videomu. Saat mengupload videomu, sertai juga dengan sedikit deskripsi dari videonya. Bikin calon penonton penasaran sama videomu.

Oh ya, jangan pernah bilang kalo itu adalah video pertamamu ya. Berusahalah untuk mengupload video secara rutin biar orang-orang selalu menemukan video baru saat balik ke channel-mu.

Nah, apakah kamu sudah siap menjadi vlogger keren di Indonesia? Konsep vlog kayak gimana yang mau kamu bikin nih? Kasih tahu di kolom komentar ya!

FLou91

Kalau mau ngvlog, usahakan bahan yang dibicarakan itu mengenai kegiatan yang lagi happening di sekitar kita. Atau gak tentang hobby lu yang unik. Jangan soal yang SARA atau bisa bikin lo di cekal hahaha intinya, kalau mau vlog cari bahan pembicaraan yang unik dan juga menarik.
Cara [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] Lewat HP: Prabayar dan Pascabayar.