Forum > Ilmu Komputer

Kenapa virus cuman nyerang windows?

(1/3) > >>

MuhammadRyan:
Kata temen gw, krn para pembuat virus pada paham bahasa pemrogaman di windows. Jdi virus virus itu cmn nyerang ke sistem yg bahasanya mereka kenal

Terus, kenapa ada istilah 'Apple kebal virus' ye? klo ada yg mbuat virus pke bahasa pemrogamannya Apple, Linux dsb... tetep bisa kejangkit kan? ???

Makacih!!!  ;D

Farabi:
Iya tetap bisa terjangkin terutama apple. Tapi ada alasannya kenapa linux dan OS java di HP lebih kebal virus daripada Windows. Karena secara sistem memang tidak memungkinkan untuk dikenai virus. Virus itu hanya bisa bekerja saat sistem mengeksekusi kode kode programnya, dan itulah sebabnya pada windows virus lebih mudah untuk aktif daripada pada HP dengan OS java, karena windows memberikan akses penuh kepada program untuk dinyalakan kapan saja. Asalkan anda mengerti sistem registri windows anda bisa membuat sebuah program anda dijalankan tepat saat komputer anda dinyalakan, sedangkan pada OS java atau android, sebuah program telah disekat dan tidak akan menyala kecuali dengan seizin yang punya, dan secara User Interface lebih mudah dimonitor. Secara sistem selain windows, android pun sebetulnya bisa terkena virus karena sistemnya mengizinkan program untuk menyala saat perangkat dinyalakan semisal program chating yang harus aktif bersamaan dengan saat perangkat aktif, bisa saja dinyalakan hanya saat pengguna ingin menggunakan tapi kan alasan adanya program chating adalah untuk menggantikan SMS sehingga harus aktif terus sepanjang hari.

MuhammadRyan:

--- Kutip dari: Farabi pada Januari 28, 2014, 12:46:10 PM ---Iya tetap bisa terjangkin terutama apple. Tapi ada alasannya kenapa linux dan OS java di HP lebih kebal virus daripada Windows. Karena secara sistem memang tidak memungkinkan untuk dikenai virus. Virus itu hanya bisa bekerja saat sistem mengeksekusi kode kode programnya, dan itulah sebabnya pada windows virus lebih mudah untuk aktif daripada pada HP dengan OS java, karena windows memberikan akses penuh kepada program untuk dinyalakan kapan saja. Asalkan anda mengerti sistem registri windows anda bisa membuat sebuah program anda dijalankan tepat saat komputer anda dinyalakan, sedangkan pada OS java atau android, sebuah program telah disekat dan tidak akan menyala kecuali dengan seizin yang punya, dan secara User Interface lebih mudah dimonitor. Secara sistem selain windows, android pun sebetulnya bisa terkena virus karena sistemnya mengizinkan program untuk menyala saat perangkat dinyalakan semisal program chating yang harus aktif bersamaan dengan saat perangkat aktif, bisa saja dinyalakan hanya saat pengguna ingin menggunakan tapi kan alasan adanya program chating adalah untuk menggantikan SMS sehingga harus aktif terus sepanjang hari.

--- Akhir Kutipan ---

WAW!!! Jawabannya cerdas, langsung paham nih... hehehe :D, thx gan!

Andika Candrajaya:
lazimnya virus itu menembaki OS yang penggunanya paling banyak (dalam kata lain, si pembuat virus mengincar tempat dengan korban terbanyak). menimbang Windows adalah OS dengan pengguna yang sangat banyak dan (dalam tanda kutip) "mayoritas penggunanya gaptek", jadilah Windows target empuk buat diserang virus

Pi-One:
Windows, Mac dan Unix (Linux adalah turunan Unix) memiliki struktur yang berbeda.
Virus yang menargetkan satu jenis OS tidak bisa bekerja pada sistem lain karena perbedaan struktur tersebut.

Misal virusnya menyerang file sistem operasi tertentu, nah, jika OS tertentu gak punya file dimaksud, apa yang mau diserang? Juga jika filenya memerlukan file tertentu (misal virus visual basic), gimana mau bekerja pada OS tanpa VB?

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap