Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 28, 2021, 11:51:01 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: [Ada yang tau ga soal ini...]  (Dibaca 4250 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline cikur1980

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
[Ada yang tau ga soal ini...]
« pada: Juli 15, 2010, 10:07:32 AM »
BEBERAPA CONTOH
KARYA RISET DARI ENGINEERING DESIGN


    Karya Engineering Design adalah Hak Kekayaan Intelektual HKI hasil invensi sendiri, bukan tiruan dan terpisah oleh dua episodeode. yang pertama lebih erat dengan kerajinan dan teknologi tepat guna, bagi TKI kurang terampil/ cacat.  
 Sebagian diantaranya; ‘Permadani Dari Mesin Jahit’, ‘Cap Lilin Batik Dari Plastik’, ‘Mesin Shoe-last Polymer’, ‘Permadani ATBM’, ‘Patung Gelas Cor/Cast’, ‘Pulp Fiber Water-mark’, dst. s/d Design Textile (dirty look dll), semua contoh tersedia.

Episode kedua, lebih dekat dengan industri R&D, paten dan hak cipta.  Sebagai awal perkenalan maka uraian ringkas saja yg dilampirkan, sebagian lain hanya judulnya, misalnya;

   1. Tanda Pengenal Mobil (Segel permanen pengenal mesin/ rangka/ no.pol kendaraan, untuk ciri legal, atau untuk SAR kendaraan yang hilang ). 2. Botol Minum (Pat. Pend. dan berbagai sistem minum yang ergonomis bagi bayi dan atau dewasa). 3. Zirah Kebal (lihat lamp.) 4. Sepatu Pengaman (lihat lamp.).
5. Pier-head lifter, pengangkat fly-over.
 6. Sepatu Replika Instant (lihat lamp.).
 7. Komposit Klone Alamiah (lihat lamp.).
 8. Anti Pembajakan HaKI.  9. Efek  Video  Digital (DVE untuk efek khusus pada CD-LD-DVD) 10. Pelindung Komputer. 11. Cyclometer (meteran yang lebih akurat untuk PLN, PAM).  12.Telemetering (AMR pemeriksa & kontrol pasokan listrik-air-gas dari jauh).  13. Compact Disc (cakram optik CD-RW dengan daya simpan, baca dan tulis berlipat lebih baik).   14. Aksara (Literacy), studi ringkas tentang alam dan tiga tahap peradaban manusia, diantaranya menghasilkan sebelas produk sampingan di bidang  baca-tulis-bahasa/ literacy:     a.Teks Kembar= belajar dwi-bahasa secara nyambi, tumpang sari pada teks lain.     b. Baca Langsung, tulisan asing, instant tanpa belajar.     c. Gambar Baca, belajar baca tulis hanya dari gambar tanpa alat atau guru. d.Media Kembar= edisi miniatur buku, koran, majalah yang terbit bersama media  induk kembarannya. e.Virtual Orator Vision= PC berindera sbg. guru private tuna rungu secara interaktif. f.Omegraph=  tulisan masa depan, g.Alphabecards=  kit baca, anak.   h.Suara Kembar= belajar dwi-bahasa, secara nyambi dan nebeng pada media audio lain,    i. Guru Alphabet=  PC berindera jadi guru interaktif,        j. Kata Kembar Instant= software penerjemah langsung,     k. Trans Komunikator, media komunikasi  baru untuk multi ras.  
 15. Jejak Gravitasi Berpola  (Antropometri & gravitasi).  16. Obat Gulali, kombinasi obat dengan  confectionery,  17. Ban hemat (komposit lebih kuat &awet)    18. Taksi Anti Bandit, melindungi pengemudi dan penumpang.
19. Kemasan Anti Palsu.   20.Pacul Ergonomi,  21.Keyboard-a.pelenyap data entry error,  Keyboard-b.invensi untuk komputer dan ponsel,  
22. Satpam Pribadi, yaitu suatu alat dan metoda baru yang mampu melindugi warga, pelancong, dari kejahatan dan kekerasan secara langsung, misalnya dari rampok, bandit, atau tindakan diluar hukum lainnya.dll. 23.Peringatan Dini Tsunami  24. Sumbat Volcano Mud.
25. Beacon Cerdas Pencari Lokasi. 26.Pepkin, sustainable power. 27. Neuron Degenerative Inhibitor. Prototype /model dari semua produk di atas sudah dibuat, kecuali penelitian no.9, 12, 14e, 14i. 21.b, 22, 23, 25.

Sebagai perkenalan di bawah ini dilampirkan sebagian uraian ringkasnya, sementara sebagian lain hanya judulnya saja, ditambah contoh karya Engineering Design yang lain dari kelompok diatas.   Uraian lengkap dan sebagian contoh eksperimennya juga tersedia :

Offline cikur1980

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: [Ada yang tau ga soal ini...]
« Jawab #1 pada: Juli 15, 2010, 10:08:35 AM »
Lanjutan ...1
I.   KEMASAN ANTI PALSU.   Kemasan Anti Palsu (KAP), adalah teknologi Security Packaging yang baru, untuk menghentikan pemalsuan kemasan dan produk di dunia saat ini.  Pengertian kemasan pada KAP adalah wadah, cangkang, kulit (case, shell) yang melindungi isi produk.  Jadi KAP melindungi keaslian cairan atau serbuk pada kemasan, sampai isi elektronik pada TV, CPU, gadget, HP, juga isi mekanik pada bor, mixer, kamera, dll.  Sehingga KAP berbeda dgn segel atau tamper evidence biasa. Teknologi KAP mudah diterapkan secara massal pada kemasan sekali pakai atau yang permanen, yang dibuat dari bahan plastik, logam/pelat atau gelas, memakai mesin yang banyak terdapat dipasaran, tanpa perlu modifikasi dan  bisa langsung berproduksi.     

      Walaupun memiliki nilai keamanan yang lebih tinggi, yaitu KAP sulit dipalsu tapi mudah dibaca ciri keasliannya, sebaliknya kemasan lain mudah dipalsu tapi sulit ditera keasliannya. Ternyata harga KAP bisa lebih murah atau sama dengan yang lain. Sedangkan bentuknya berbeda dari kemasan atau segel lain, misalnya tidak merupakan selaput, tutup/closur, tali.  KAP dipakai untuk kemasan yang berisi bahan kimia rumah tangga dan industri, parmasi, pelumas, minuman dan makanan, minyak, dll. Dengan bentuk dari tube sampai jerigen, botol sampai drum, dari cup air minum sampai kaleng susu/ cat.  KAP memiliki sekitar 30 ragam bentuk dan klaim paten, yang kemudian terbagi atas tiga kelompok atau kasta KAP-a, b & c. Bahkan kasta terendah KAP-a memiliki nilai keamanan yang lebih tinggi dari paten segel milik Bericap Ltd. Jerman yang kini dipakai diseluruh dunia. Mulai dari AMDK-Aqua sampai Coca-Cola, dari Mesran Pertamina sampai Mobil Oil. Konsumsi Oli pelumas di Indonesia saja sekitar empat triliun rupiah pertahun.  Ternyata segel Bericap Ltd., dan sejenisnya tidak mampu mengatasi pemalsuan yang berteknologi rendah, sehingga setiap tahun 20 % pelumas dengan kemasan & segel dari Bericap Ltd. adalah palsu.
       Dari study kelayakan KAP (t.a.: I. KAP 5 hlm, II. Kemasan Dunia 21hlm, III. Pangsa Pasar 11hlm, IV. Kajian paten 30 hlm, VI.Kepustakaan, VII.Dok. Pat., VIII.Gambar dan Uraian Pat. 50hlm.) secara awampun jelas menunjukkan bahwa dari 10 sifat dasar segel, maka closure seal ex. Bericap Ltd. tidak memiliki satupun nilai lebih.  Keunggulan KAP yang 100% tersebut bisa langsung diperiksa secara instant atau ditera secara awam oleh mata setiap konsumennya seperti yang tampak pada contoh KAP. Semua produk segel dan komponen kemasan lain dari Bericap Ltd. sudah terdapat lengkap pada penemuan dan paten lain milik R&D-Workshop.  KAP-b&c adalah segel hasil karya R&D-Workshop yang menjadikan logo/merek pada kemasan menjadi bersifat peka cahaya. KAP-d adalah segel mutakhir milik HAKI perusahaan asing/LN, misalnya dari jenis Taggants, Microtrace, Biocedes, yang dapat di gabungkan dengan KAP-a. Dengan sifat 100% unggul KAP seperti yang diuraikan pada study kelayakan dan mudah dikaji dari sample KAP maka peran segel lama dari abad XX tersebut yang kini masih digunakan oleh berbagai kemasan bermerek ternama didunia, akan lebih mudah diambil alih oleh KAP yaitu segel baru untuk abad XXI ini.


III. MAKANAN & MINUMAN.
       Ini sebuah contoh inovasinya, sejumput kapsul 3 cm3 atau 1% dari bahan yang aman disimpan dalam kaleng 1 L atau 99% makanan. Bila kaleng dibuka, otomatis isi kaleng menjadi panas. ( lihat  Food Engineering Int., 2005 pangsa pasar global). Juga terdapat beberapa model dasar tutup kemasan cairan, berdesain sederhana sehingga murah dan mudah dibuat. Pertama, untuk pelepasan cairan kimia yang lebih baik dari snap-on outlet ciptaan Bericap-Ltd, yang kini dipakai pada kemasan pelumas Pertamina. Kedua, botol minum bayi yang mengatasi masalah ergonomi minum bayi. Ketiga, penemuan yang mengungguli push-pull cap dari Portola Packaging Ltd.
Setiap hari diproduksi lebih dari I milyar kemasan Coca-Cola dan ini hanya 2 % dari botol kemasan minuman ringan (Beverage World Int.) dan tentu kemasan minuman ringan tersebut, hanya sebagian kecil dari seluruh jenis kemasan dunia, yaitu pangsa pasar bagi penemuan di bidang kemasan global.

Offline cikur1980

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: [Ada yang tau ga soal ini...]
« Jawab #2 pada: Juli 15, 2010, 10:11:37 AM »
Lanjutan .... 2
IV.    RISET KEDOKTERAN.
Beberapa diantaranya adalah jarum suntik diposable lebih steril (Klasifikasi WIPO A61M, 3100) dengan sedikit modifikasi pada suntikan lama sehingga harganya tetap. Kesterilannya tampak kontras, sehingga setiap pasien langsung tahu dan memilihnya dari pada jarum suntik jenis baru.  Jarum suntik ini sesuai bagi dunia ketiga dan dimana penyakit infeksi dan pemadat menyebar tinggi.  SMIPC memuat, satu pabrik saja di Korea memproduksi suntikan 3 milyar Won /thn.  Sementara Modern Plastic Int. menunjukkan produksi satu pabrik di UEA sebanyak 45 juta set pertahun.  Ini adalah dua contoh pasar suntikan disposable yang bisa digantikan oleh suntikan dengan model dan Paten Pending ex. R&D-Workshop.
   Contoh riset kedokteran yang lain adalah Instant Sexual Healing /Pace Maker, Sarung Tangan Medis,(WIPO–A41D, 13/10) Kateter Kurang Nyeri (WIPO–A61M, 25/00). Atau sumbat kuping (WIPO–A61F,11/06). Ini contoh sedikit pendahuluannya.
   Riset adalah bisnis resiko tinggi, sementara tidak semua riset kami mencapai tahap akhir. Resiko ventura terkecil bagi bidang kedokteran ini, adalah Instan Sexual Healing (Penis Mace Maker/PPM) yang dapat secara dadak mengatasi disfungsi sexual atau impotensi psikogenesis tanpa alat dan obat.   Berdasarkan ilmu kedokteran universitas, metode penyembuhan ini dapat diajarkan secara langsung didepan umum, program TV, seminar, kelas, dalam waktu 30 menit. Setelah bebera jam latihan, sang pasien kemudian bisa lancar menerapkan metoda ini terhadap pasangannya.   Metoda ini bila diterapkan, akan mengakibatkan jaringan corpora cavernosa menggelembung tegang tertiup secara hidrolik oleh tekanan darah nadi hellicine. Suatu alat elektronik kecil dapat menggantikan metoda sederhana tersebut secara lebih mudah dan efisien, kedua cara tidak memiliki efek samping yang negatif.     Belasan tahun metode ini menantang komentar terutama kritik. Tetapi sebagaimana untuk karya intelektual lainnya, sampai saat ini bahkan komentar negatifpun sulit diperoleh.
     Riset medis terakhir adalah penghambat proses degeneratif jaringan otak (neuron, neuroglia).  Berdasarkan pengalaman selama 1 – 2 thn mengalami sakit/ pusing kepala tanpa tersembuhkan, walau dibantu oleh dua rumah sakit.  Sehingga mencoba pengobatan (A) sendiri termasuk diet lemak permanen sebab kandungan triglyserida darah 300mg/l.  Dalam beberapa bulan rasa pusing tersebut hilang selamanya, kecuali sakit kepala biasa akibat flu atau demam/fever.  Kini walau kesehatan terasa prima, pengobatan (B) yg mirip (A) dilakukan sbg eksperimen untuk memperlambat penuaan jaringan saraf otak, yg dialami oleh semua manusia dan binatang.  Dua bulan pertama terasa kantuk berkurang, pikiran segar, setiap bekerja belasan jam di meja/ merancang R&D.  Tetapi sebab timbul rasa ganjil di otak, yg dulu tak ada (beberapa thn setelah pengobatan A, terjadi gegar otak akibat tabrak lari).  Khawatir komplikasi atau efek samping lain, maka riset B ditunda.  Menunggu studi lanjutan B dan mitra ahli.

Offline cikur1980

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: [Ada yang tau ga soal ini...]
« Jawab #3 pada: Juli 15, 2010, 10:13:20 AM »
lanjutan .....3
XV “TEKS KEMBAR”:
Kalimat Bilingual Teranyam Sebagai Kamus Instan Yang Bersimbiose Dengan Literatur.


Daftar Isi:  A.I.1 Pendahuluan,  2.Goal    A.II. Ringkasan,   B.I.1. Latar Hak Cipta,    B.I.2. Bentuk Umum Teks Terjemahan Lain.  B.II.1. Azas Teks Kembar.    B.II.2. Metoda Terapan T-K pada Film TV/CD,    C.1. Rupa dan Kodefikasi T-K.    C.2. Pertandingan Intelektual antara Teks-Kembar vs. Metoda Akademis Formal.   C.3. Beberapa Ketentuan Umum T-K.  C.4. Contoh Terapan T-K pada Beberapa Bahasa.  C.5.   Terapan T-K pada Cetak Kertas, film dan Multi-media Elektronik.   D. Kesimpulan. 

A.I.   Pendahuluan:   
“Teks Kembar, Kalimat Bilingual Teranyam Sebagai Kamus Instan Yang Bersimbiose Dengan Literatur”, adalah pasangan teks dwi bahasa yang masing-masing kalimatnya tersusun berselang seling seperti anyaman tenun, sehingga setiap sinonimnya bisa berdempet saling menerangkan seperti kamus biasa.  Teks Kembar bersama Suara Kembar adalah ciptaan yang berazas sama dan keduanya berasal dari Kata Kembar, yaitu sistim yang mempadukan kamus/ Lexicon bersama tatabahasa/ grammar, kedalam literatur.  Sehingga Kata Kembar adalah paduan tiga fungsi yang selama ribuan tahun terpisah, kini bergabung kedalam satu medium. Teks Kembar adalah perwujudan Kata Kembar dalam tulisan kasatmata,sedangkan Kata Kembar adalah dalam bentuk suara dengar. Semua kalimat atau teks dwi bahasa selain Kata Kembar, selalu ditulis berkelompok terpisah tidak terjalin.  Bila kamus biasa adalah teks bilingual yang kata-katanya disusun berurutan secara alphabetis,setiap lemma terasing dari yang ada di sampingnya.  Sedangkan Kata Kembar adalah kamus biasa yang kata-katanya disusun dalam bentuk kalimat bertatabahasa dan menjadi bagian dari berbagai jenis literatur.
     Kata Kembar adalah produk sampingan dari studi berjudul Pyramidal Literacy pada th 1990 yaitu dua tahun setelah Brian Harris, yg pertama kali menulis tentang Bitext yg dipromosikan oleh Université de Montréal-based RALI (Recherche appliquée en linguistique informatique).  Bitexts alignment tool, umumnya sesuai dengan bagi kelompok  kalimat bilingual tapi bukan bagi teks bilingual kata demi kata.
Teks Kembar (TK) atau Twin-Texts berperan sebagai  sarana belajar bilingual sederhana yang selain gratis juga bila diterapkan akan menjadi alat dan metoda berbahasa asing yang tidak bisa dihindarkan dari kegiatan hidup urban anak atau dewasa.  Teks-Kembar adalah karya pertama dari sebelas jenis produk sampingan Pyramidal Literacy.
   Meskipun TK akrab dengan bidang NLP yg berorientasi kalimat, tapi TK juga bisa berkait dengan sumber berdasar dokumen, misalnya web pages internet.  Target utama TK adalah keterampilan dasar komunikasi bahasa, yaitu penguasaan sinonim, perbendaharaan/ vocabulary, awalan akhiran, kata sifat/ kerja, dll. Sedangkan keahklian tatabahasa bisa diperoleh secara bertahap kemudian.  Sehingga pengguna TK bisa langsung memahami setiap teks asing, serta mampu berkomunikasi dasar secara bilingual.   Teks, tulisan ataupun corpora selalu terdiri atas banyak kalimat dan lebih banyak lagi kata-kata, sehingga tidak seluruh bagian kalimat dan kata harus menerapkan metoda TK.  Bahkan walau kurang dari setengah bagian teks rutin dan tulisan keseharian yang dikelola atau dieksploitasi dgn TK, sudah lebih dari cukup memberikan pengetahuan dasar, lebih dari yg bisa diberikan oleh guru, buku atau sumber lain.
Semua jenis aligned parallel corpora selain TK hanya membandingkan teks bilingual dengan lokasi berbeda dan tanpa ciri annotasi.           
   Azas ciptaan:   Bayi (anak dari Sensori Motor Period –Jean Piaget) sudah bisa berbahasa ‘asing’ pertama dalam usia s/d 2 thn. Walaupun instrumen belajar di otaknya masih minim.   Pohon bisa melambangkan bahasa, yaitu ‘batang-dahan-ranting’-nya sebagai tata bahasa/ syntax/ grammar, sedangkan tempat kedudukan kata dan sinonim dilambangkan sebagai ‘daun-bunga-buah’-nya.  Cara alam.  Pertama setiap kata dari ibu dan keluarganya yang diterimanya selalu asing bagi bayi, kedua otak bayi belum membentuk pohon syntax, ketiga jumlah kata yang dia terima setiap hari dari keluarganya sangat sedikit.  Sebaliknya dengan TK yang melalui banyak media, maka anak (Concrete Operation Subperiod – Jean Piaget, 7-11 thn.)akan; pertama setiap kalimat dan kata asing yang baru diterimanya langsung dipahami karena bersinonim, kedua di memorinya sudah tumbuh pohon syntax sehingga mudah menata kata asing, ketiga setiap hari selalu dibombardir oleh ratusan sampai ribuan sinonim  bilingual dalam kalimat yang benar.  Logikanya, dengan TK maka anak SD akan bisa berbahasa asing, lebih mudah dan cepat dari pada bayi belajar bahasa ‘asing’ pertamanya.   Tanpa usah belajar khusus, apalagi harus sekolah, hanya nebeng pada buku, TV atau multi media lain yang sudah bernilai tambah, ber-TK.   Melalui TK maka prestasi pelajar EELs hanya tergantung dari kapasitas memori atau daya ingatnya saja, dan kurang tergantung dari sarana dan kemampuan pelajarnya ,

selanjutnya..hub saya di cikur1980@gmail.com.... ditunggu...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
8408 Dilihat
Tulisan terakhir September 05, 2010, 11:05:35 AM
oleh galihutomo
5 Jawaban
8024 Dilihat
Tulisan terakhir November 09, 2015, 12:53:26 AM
oleh Monox D. I-Fly
18 Jawaban
15846 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 04, 2010, 09:52:44 AM
oleh phice
2 Jawaban
3245 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 06, 2012, 12:53:43 PM
oleh agungelzanYH
5 Jawaban
9933 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 25, 2014, 10:37:22 AM
oleh MuhammadRyan