Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 01, 2024, 05:07:44 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 99
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 77
Total: 77

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Ada yg bisa jelaskan ttg permesinnan...?

Dimulai oleh sisca, chemistry, Agustus 21, 2009, 07:52:50 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sisca, chemistry

no problem,,,
santai aja bro,,,
aq tungguin,,,
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

yang ini tentang pembakaran 4 tak... kalo gak salah yang bebek
1. pas di gas selang injeksi terbuka menyemprot bahan bakar ke badan torsi.
2. trus cincin torsi berputar (kalo gak salah searah jarum jam) mengangkat torsi itu sendiri.
3.trus ketika torsi menuju keatas, (pada bagian atas terdapat sumbu yang bakal memercikan api) bahan bakar dimampatkan dan sumbu memercikan api
4. torsi langsung terdorong kebawah dan memberi daya gerak ke motor dan sisa bahan bakan dibuang melalui selang pembuang.

karena proses nya membutuhkan kerja 4 kali makanya disebut 4 tak

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

oh ya sisa pembakaran berupa gas yang biasa kita liat dari "pantat" kendaraan bermotor

Ginji

untuk gambar coba ku cari dulu cukup susah berhubung namanya pasaran

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

kalo gambarnya gak ketemu pas search
ini gw bikin jadi ya kurang bagus lah...  ;)
gambarnya pun gak sempurna
1. bagian gearnya lebih tepat bukan gitu
2. bagian cincin aslinya lebih keren

sisca, chemistry

o,,,
thx dech,,,
tar sisca plajarin dlu yg ada,,,
;D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

yang ini gambar gigi/ persneling motor (kalo gak salah kata-katanya ;D)
bukan gigi yang vokalis nya Arman Maulana ya ;D

Ginji

ket:
1-5 : gear gigi motor (kalo gak salah ini bagian yang muter)
6 : gear buat pemutar keroda

dan digambar ini ada beberapa kesalahan
1. kalo gak salah di gear 1-5 ada sedikit yang musti dirombak
2. gear 6 bakal terus berhubungan dengan roda motor dan kayaknya ada kekurangan >.<

waktu ganti gigi motor, yang bagian bawah itu berhenti dan melepaskan connecting. trus sesuai dengan pedal motor yang diinjak (naik atau turun) nanti bagian bawahnya itu ke kanan atau ke kiri, makin ke kiri kecepatannya bertambah. trus gear tersebut connect lagi ke gear 6 yang bakal lanjutin ke roda motor (tapi sebelum roda motor ada sambungannya lagi ;D).

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

adijayanegara

Kutip dari: Ginji pada Agustus 23, 2009, 09:42:17 PM
yang ini tentang pembakaran 4 tak... kalo gak salah yang bebek
1. pas di gas selang injeksi terbuka menyemprot bahan bakar ke badan torsi.
2. trus cincin torsi berputar (kalo gak salah searah jarum jam) mengangkat torsi itu sendiri.
3.trus ketika torsi menuju keatas, (pada bagian atas terdapat sumbu yang bakal memercikan api) bahan bakar dimampatkan dan sumbu memercikan api
4. torsi langsung terdorong kebawah dan memberi daya gerak ke motor dan sisa bahan bakan dibuang melalui selang pembuang.

karena proses nya membutuhkan kerja 4 kali makanya disebut 4 tak

bro, torsi apa piston?

Ginji

hmm

piston bisa juga ???
gw rada lupa ;D
mungkin adi bisa nyanggah dengan teori yang lebih tepat

raisuien

@ginji
pembakaran 4-tak kayak begini bukan?

Ketika pedal starter kaki di engkol atau tombol starter elektris ditekan, maka putaran akan diteruskan ke poros engkol. Putaran poros engkol inilah yang menggerakkan piston di dalam silinder. Untuk pergerakan piston di dalam silinder bisa dirincikan sebagai berikut:

Langkah Isap:
Langkah ini bermula dari pergerakan piston dari titik mati atas (TMA) menuju menuju titik mati bawah (TMB). Pada posisi ini, katup masuk terbuka dan katup buang tertutup (mekanisme ini diatur oleh noken as). Pergerakan piston ini mengakibatkan ruang di dalam ssilinder menjadi vakum (tekanan di dalam silinder lebih rendah dari pada tekanan atmosfer). Akibatnya, udara dan bahan bakar yang berada di dalam silinder terhisap dan bercampur di intake manifold (ingat hukum Bernoulli) hingga volume yang ditentukan (tergantung langkah piston).

Langkah Kompresi:
Langkah ini berawal dari berakhirnya langkah isap, yaitu piston bergerak dari TMB menuju TMA menekan campuran udara dan bahan bakar yang berada di dalam silinder. Pada saat ini, posisi katup isap tertutup dan katup buang juga tertutup. Sehingga volume ruang bakar mengecil atau terkompresi. Akibat terkompresinya udara dan bahan bakar, terjadilah peningkatan tekanan di dalam ruang silinder yang diikuti dengan peningkatan suhu (ingat: peningkatan tekanan mengakibatkan peningkatan suhu).

Langkah Usaha
Langkah ini berawal dari berakhirnya langkah kompresi. Pada akhir langkah kompresi, beberapa derajat sebelum TMA busi memercikkan bunga api (mekanisme pengapian ini diatur oleh sistem pengapian, tergantung jenis sistemm pengapiannya). Akibatpercikann bunga api ini, campuran bahan bakar dan udara yg bertekanan dan bertemperatur tinggi ini terbakar / meledak, inilahyangg kemudian disebut dengan pembakaran. Ledakannya mengakibatkan terdorongnya piston dari TMA ke TMB. Pergerakan piston inilah yang memutar poros engkol. Perputaran poros engkol ini diteruskan ke transmisi sampai ke roda. Pada saat ini, posisi katup isap dan buang masih dalam keadaan tertutup.

Langkah Buang:
Pembakaran di ruang bakar pada saat pembakaran menyisakan gas sisa pembakaran, baik berupa asap maupun hanya berbentuk gas buang. Pada langkah ini, piston bergerak dari TMB menuju TMA, dengan posisi katup isap tertutup dan katup buang terbuka. Pergerakan piston ini akan mendorong gas sisa pembakaran ke saluran buang (exhaust manifold) dan diteruskan sampai ke knalpot.

Demikianlah seterusnya proses ini berlangsung terus menerus selama supply bahan bakar dan mekanisme sistem pengapian tetap berjalan. Putaran poros engkol akan berkelanjutan, karena benda yang berputar akan cenderung terus berputar.

sisca, chemistry

ada yg bisa ngasih gbr2nya gag...?
dari gbr tuch dijelasin cara kerja nya,,
???

thx..
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]