Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 16, 2021, 05:47:31 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 149
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???  (Dibaca 30575 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline maxham

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 12
Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???
« pada: Desember 15, 2008, 02:51:17 AM »
Gw pernah denger, teknik kimia ma teknik industri tuch sama2 orientasinya ke proses industri, rada "fisika sentris" 9seperti jurusan teknik pada umumnya), dan lulusannya (konon) terkenal "basah" punya (gampang/cpet dpt kerja). Sempet gw pikir nich 2 jurusan tuch sepintas mirip. Apa sih yang dipelajarin dlm 2 jurusan ini? Perbedaan & persamaan diantara 2 jurusan ini tuch apa aj y? bs tlg jlazin gx? Thx...

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???
« Jawab #1 pada: Desember 15, 2008, 03:28:08 AM »
memulai aja yah... soalnya saya bukan dari kedua jurusan tersebut
setau saya, teknik kimia memang mempelajari proses, tetapi memang detail pada prosesnya
sedangkan teknik industri lebih condong pada manajemen, ibaratnya tuh mereka belajar macem-macem (kimia/proses, listrik, mekanik, manufaktur, dll) tetapi tidak dalam, asal bisa mengintegrasikan semuanya

cmiiw

n.b.: Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB itu dipelopori dosen-dosen teknik industri
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline orker

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 30
  • IQ: 1
Re: Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???
« Jawab #2 pada: Maret 29, 2009, 07:54:48 PM »
iya bener gua dulu kuliah tenik industri belajar nya tentang semua nya lebih ke manajemen...

kalo teknik kimia ya belajar tentang proses di industri yang berhubungan dengan kimia...

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???
« Jawab #3 pada: April 11, 2009, 05:17:39 AM »
memulai aja yah... soalnya saya bukan dari kedua jurusan tersebut
setau saya, teknik kimia memang mempelajari proses, tetapi memang detail pada prosesnya
sedangkan teknik industri lebih condong pada manajemen, ibaratnya tuh mereka belajar macem-macem (kimia/proses, listrik, mekanik, manufaktur, dll) tetapi tidak dalam, asal bisa mengintegrasikan semuanya

cmiiw

n.b.: Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB itu dipelopori dosen-dosen teknik industri
wow ada tambahan lagi nih  ;D ;D
kalo setahu saya sih kalo bagian teknik kimia itu mempelajari bagian-bagian pertambangan cth: minyakk bumi
sedangkan teknik industri itu urusan nya ama bidang berat kayak mesin pabrik, ato urusan pembangunan

Offline kurapnaga

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 113
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Petroleum Engineer
Re: Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???
« Jawab #4 pada: Mei 19, 2009, 09:33:12 AM »
Gw pernah denger, teknik kimia ma teknik industri tuch sama2 orientasinya ke proses industri, rada "fisika sentris" 9seperti jurusan teknik pada umumnya), dan lulusannya (konon) terkenal "basah" punya (gampang/cpet dpt kerja). Sempet gw pikir nich 2 jurusan tuch sepintas mirip. Apa sih yang dipelajarin dlm 2 jurusan ini? Perbedaan & persamaan diantara 2 jurusan ini tuch apa aj y? bs tlg jlazin gx? Thx...

Teknik kimia lebih mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kimia fisik, seperti termodinamika, mekanika fluida, dsb.

Teknik Industri lebih mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan manajemen industri

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???
« Jawab #5 pada: Mei 26, 2009, 12:14:00 PM »
Mudahnya Tek Industri ke arah kantor, Tek Kim ke arah Lapangan (ingat kata 'ke arah' bukan pasti)
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline frans3q

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 153
  • IQ: 22
Re: Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???
« Jawab #6 pada: Agustus 25, 2009, 11:23:37 PM »
tergantung universitas nya. arah nya kmn. klo d saya, teknik kimia belajar industri proses.
kalo teknik industri nya ke manufaktur diskrit.
klo ttg manajemen teknik kimia jg belajar. man perusahan industri, man keuangan, man strategi, suply chain manj, man proyek, man pemasaran, akuntansi biaya, perancangan pabrik, dll. Tekim belajar jg.
dua2 ny belajar merancang, menganalisis, memperbaiki sistem produksi. tapi beda sistem ny. klo teknik kimia industri proses yg kontinu. klo teknik industri manufaktur diskrit.

klo industri proses tuh contoh nya textile, mentega, semen, sawit, dll.
klo industri manufaktur diskrit tuh produk ny yg diskrit, misal garmen, mobil, motor, sepatu, dll.

tapi ga selalu gt jg. ada jg universitas yg TI nya d arahin k industri pengolahan pangan. klo pengen tau jelasnya harus kontak k universitasnya.
« Edit Terakhir: Agustus 25, 2009, 11:28:46 PM oleh frans3q »
Terimakasih banyak buat tmn2 yg uda nambah IQ saya... :D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
9591 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2009, 12:10:29 PM
oleh Nabih
2 Jawaban
4323 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 04, 2009, 08:09:02 AM
oleh Alan adhityo
33 Jawaban
21892 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2010, 02:13:06 PM
oleh Mat Dillom
1 Jawaban
14778 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 26, 2010, 11:13:50 AM
oleh milmi
2 Jawaban
8032 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 21, 2012, 06:54:26 AM
oleh AKWijayanto