Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 26, 2022, 07:10:09 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 35
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 19
Total: 19

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apa Bedanya Teknik Kimia VS Teknik Industri???

Dimulai oleh maxham, Desember 14, 2008, 11:51:17 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

maxham

Gw pernah denger, teknik kimia ma teknik industri tuch sama2 orientasinya ke proses industri, rada "fisika sentris" 9seperti jurusan teknik pada umumnya), dan lulusannya (konon) terkenal "basah" punya (gampang/cpet dpt kerja). Sempet gw pikir nich 2 jurusan tuch sepintas mirip. Apa sih yang dipelajarin dlm 2 jurusan ini? Perbedaan & persamaan diantara 2 jurusan ini tuch apa aj y? bs tlg jlazin gx? Thx...

ksatriabajuhitam

memulai aja yah... soalnya saya bukan dari kedua jurusan tersebut
setau saya, teknik kimia memang mempelajari proses, tetapi memang detail pada prosesnya
sedangkan teknik industri lebih condong pada manajemen, ibaratnya tuh mereka belajar macem-macem (kimia/proses, listrik, mekanik, manufaktur, dll) tetapi tidak dalam, asal bisa mengintegrasikan semuanya

cmiiw

n.b.: Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB itu dipelopori dosen-dosen teknik industri
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

orker

iya bener gua dulu kuliah tenik industri belajar nya tentang semua nya lebih ke manajemen...

kalo teknik kimia ya belajar tentang proses di industri yang berhubungan dengan kimia...

Ginji

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada Desember 14, 2008, 12:28:08 PM
memulai aja yah... soalnya saya bukan dari kedua jurusan tersebut
setau saya, teknik kimia memang mempelajari proses, tetapi memang detail pada prosesnya
sedangkan teknik industri lebih condong pada manajemen, ibaratnya tuh mereka belajar macem-macem (kimia/proses, listrik, mekanik, manufaktur, dll) tetapi tidak dalam, asal bisa mengintegrasikan semuanya

cmiiw

n.b.: Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB itu dipelopori dosen-dosen teknik industri
wow ada tambahan lagi nih  ;D ;D
kalo setahu saya sih kalo bagian teknik kimia itu mempelajari bagian-bagian pertambangan cth: minyakk bumi
sedangkan teknik industri itu urusan nya ama bidang berat kayak mesin pabrik, ato urusan pembangunan

kurapnaga

Kutip dari: maxham pada Desember 14, 2008, 11:51:17 AM
Gw pernah denger, teknik kimia ma teknik industri tuch sama2 orientasinya ke proses industri, rada "fisika sentris" 9seperti jurusan teknik pada umumnya), dan lulusannya (konon) terkenal "basah" punya (gampang/cpet dpt kerja). Sempet gw pikir nich 2 jurusan tuch sepintas mirip. Apa sih yang dipelajarin dlm 2 jurusan ini? Perbedaan & persamaan diantara 2 jurusan ini tuch apa aj y? bs tlg jlazin gx? Thx...

Teknik kimia lebih mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kimia fisik, seperti termodinamika, mekanika fluida, dsb.

Teknik Industri lebih mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan manajemen industri

Nabih

Mudahnya Tek Industri ke arah kantor, Tek Kim ke arah Lapangan (ingat kata 'ke arah' bukan pasti)

frans3q

#6
tergantung universitas nya. arah nya kmn. klo d saya, teknik kimia belajar industri proses.
kalo teknik industri nya ke manufaktur diskrit.
klo ttg manajemen teknik kimia jg belajar. man perusahan industri, man keuangan, man strategi, suply chain manj, man proyek, man pemasaran, akuntansi biaya, perancangan pabrik, dll. Tekim belajar jg.
dua2 ny belajar merancang, menganalisis, memperbaiki sistem produksi. tapi beda sistem ny. klo teknik kimia industri proses yg kontinu. klo teknik industri manufaktur diskrit.

klo industri proses tuh contoh nya textile, mentega, semen, sawit, dll.
klo industri manufaktur diskrit tuh produk ny yg diskrit, misal garmen, mobil, motor, sepatu, dll.

tapi ga selalu gt jg. ada jg universitas yg TI nya d arahin k industri pengolahan pangan. klo pengen tau jelasnya harus kontak k universitasnya.
Terimakasih banyak buat tmn2 yg uda nambah IQ saya... :D