Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 19, 2024, 03:22:39 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 77
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 65
Total: 65

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Besi vs Baja

Dimulai oleh Melnick, Oktober 28, 2011, 04:54:30 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Fariz Abdullah

Pasir silica saya lihat juga bisa dipakai untuk sandblasting pada lambung kapal, untuk membersihkan cat lama pada lambung kapal, sewaktu kapal docking..Lambung kapal biasanya terbuat dari mild steel atau baja ringan..Tembakan silica (blasting) pada tekanan tertentu tidak sampai membuat cacat pada lambung kapal, hanya membuat cat nya mengelupas..

Btw, lebih kuat mana diamond sama silica? Kuat di sini maksudnya keras (kohesifitas tinggi) kah? Carbon kenapa bisa jadi alloy, apakah kohesifitasnya rendah?
[move]DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT[/move]

Farabi

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
In its crystalline form, pure silicon has a gray color and a metallic luster. Like germanium, silicon is rather strong, very brittle, and prone to chipping. Silicon, like carbon and germanium, crystallizes in a diamond cubic crystal structure, with a lattice spacing of approximately 0.5430710 nm (5.430710 Å).[7]

The outer electron orbital of silicon, like that of carbon, has four valence electrons. The 1s,2s,2p and 3s subshells are completely filled while the 3p subshell contains two electrons out of a possible six.

Pure silicon has a negative temperature coefficient of resistance, since the number of free charge carriers increases with temperature. The electrical resistance of single crystal silicon significantly changes under the application of mechanical stress due to the piezoresistive effect.[8]
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld

berdasarkan skala Mohs, diamond jauh lebih keras dibanding silika.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
once we have eternity, everything else can wait

Farabi

Tapi di tabel elementer sebetulnya kalau dilihat per atom, lebih kuat silica atau carbon? Berarti selain itupun masih ada hal lain yang membuat sesuatu keras ya? Mungkin saja selain menarik sebuah atom silica pun melemparkan sebuah atom sehingga sesuatu yang harusnya kuat menjadi tidak kuat jika pasangannya tidak tepat.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

mhyworld

sama-sama karbon murni pun kalau susunan kristalnya berbeda, kekuatannya juga berbeda. Contoh diamond dan grafit, sama-sama terdiri atas atom karbon murni, tapi kekuatannya jauh berbeda.
once we have eternity, everything else can wait

gugum

Kutip dari: Melnick pada Oktober 28, 2011, 04:54:30 PM
Apa sih sebenarnya yang membedakan antara besi dan baja?  ::)

Besi dalam tabel periodik disebut Fe, baja merupakan logam paduan dimana unsur dasarnya Fe (besi) dan C (karbon) sebagai unsur paduan, kandungan unsur karbon dalam baja berkisar 0.2% s/d 2.1%

Robian1924

bedanya terletak mengenai jumlah kandungan karbon didalamnya...

iput

Kutip dari: Farabi pada November 30, 2011, 04:44:15 PM
Mungkin juga ada kristal silika, tapi akan membutuhkan banyak energi supaya silika bisa bergabung dengan sesamanya. Silika itu kuat sekali.
Kristal silika bukannya sudah ada di alam sejak jaman bahula kala ya... tepatnya di abu vulkanik saat terjadinya letusan gunung berapi...

ngomong2 soal silika dan baja ane coba ngasi beberapa perbandingannya:

dari segi kekuatan: silika memang sangat kuat, namun tidak lebih kuat dari baja karbon (aloy Fe dan C), contoh: silika banyak di gunakan sebagai bahan campuran untuk membuat body mobil dan pesawat karena kekuatannya dan cukup ringan sehingga pesawat dapat terbang ke angkasa. Sedangkan baja banyak di gunakan sebagai bahan konstruksi bangunan skala besar karena kekuatannya yang sangat besar sehingga dapat menyalurkan beban bangunan ke pondasi bangunan.

dari segi ketahanan fisik (tanpa perlakuan khusus): silika dapat bertahan lebih lama dari baja, Sedangkan baja dapat dengan mudah berkarat.

dari segi elastisitas: silika lebih elastis dari baja, karena itu silika di gunakan sebagai bahan campuran untuk bodi pesawat terbang dan mobil agar aman saat kendaraan2 tersebut di gunakan. sedangkan baja cenderung sangat kaku, saat baja tidak kuat menahan beban alias kelebihan muatan baja akan langsung patah. Berbeda dengan silika yang jika di beri gaya yang besar dia akan menunjukkan tanda2 terlebih dahulu, yaitu melengkung.

nah.. segitu dulu dari saya.. mungkin ada yang mau menambahkan...  ^-^