Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

November 30, 2022, 12:57:28 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,848
  • Latest: Jameswaw
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 61
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penemuan penting yang berasal dari Cina

Dimulai oleh reborn, September 01, 2008, 07:04:38 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Beberapa penemuan penting yang berasal dari Cina :

1. Sumpit dan Garpu
Sumpit atau chopstick pertama kali dibuat oleh Kaisar Zhou of Shang pada abad 11 SM. Sumpit ini terbuat dari gading. Dari hasil penemuan arkeologi didapatkan ada juga sumpit dari perunggu yang berasal dari 1200 SM. Selain itu arkeolog juga menemukan bahwa Cina udah menggunakan garpu yang terbuat dari tulang jauh sebelum sumpit (2400-1900 SM).

2. Payung
Payung ternyata berasal dari Cina. Pertama kali digunakan pada abad 2 SM pada jaman Dinasti Han (202 SM - 220 M).
Gambar di bawah itu hasil karya Wang Mang dari Dinasti Han.

3. Seismometer
Seismometer pertama kali diciptakan oleh Zhang Heng pada tahun 132 M. Zhang Heng adalah seorang astronom dan matematikawan pada masa Dinasti Han.

Masih banyak lagi sih, ntar lanjut lagi deh.

ksatriabajuhitam

bangsa China emang mak nyuss...

yg pertama kali nemu benua amerika juga kan katanya Laksamana Cheng Ho ya... yg keliling dunia juga (artinya udah punya alat navigasi yg ok punya)

lanjut, om...  :kribo:
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

syx

jangan lupakan kertas dan mesiu... sayang pengembangannya kurang.

reborn

yup, kertas dan mesiu berasal dari peradaban cina. yang masih berkaitan : printing dan korek api juga ternyata dari cina.
Ntar gw lanjut, repot upload poto2nya soalnya nih koneksi kurang mantep.
Kalo ada yg mau nambahin ato koreksi, silakan ya.

lem

satu lagi kertas juga dikabarkan berasal dari china...
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

mozzpunkz

Ternyata nasi goreng juga berasal dari china;

"Nasi goreng berasal dari China. Tidak menggunakan bumbu ulek, hanya menggunakan berbagai saus spt masakan stir fry lainnya. Aromanya wangi, dihiasi dengan telor orak arik atau green peas (petit pois). Umumnya berwarna putih."


"Nasi goreng ala Indonesia (menggunakan bawang merah diulek & terasi) sangat terkenal sehingga sering dianggap makanan khas Indonesia. Warnanya merah, biasa disajikan dengan telor mata sapi, bawang goreng, kerupuk udang dan acar timun. Nasi goreng Malaysia (nasi goreng kampong) mirip dgn Indonesia karena juga menggunakan belacan udang sehingga aromanya khas."
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

crown

Penemuan penting yang tidak bisa aku manfaatkan adalah sumpit.,,
Pdahal udah belajar tapi tetep nggak bisa,
:'(

suntzu

tapi kok kayaknya ras melayu emang ga pnah bikin pnemuan ya ?? CMIIW

rrow10


PAYUNG KENCANA.
Wah di majapahit juga udah pake payung duluan siapa ya?

zonsopgang

Tapi ada 1 teknologi yg pastinya tidak ditemukan orang cina diwaktu dulu, KB (keluarga berencana).  ;D
Playing a lion being led to a cage
I turn from surreal to seclusion
From love to disdain
From belief to delusion
From a thief to a beggar From a god to God save me

alenautics

Cikal bakal pesawat terbang yang kita kenal saat ini, yaitu layang-layang dan balon udara juga berasal dari China...... :o

biobio

pernah dgr malah ada yang cukup kontroversial, sphageti,makaroni,pizza katanya jg dr Cina,dibawa ke italia sm si marcopolo...
"The pen is mightier than the sword"

orker

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada September 01, 2008, 09:32:52 PM
bangsa China emang mak nyuss...

yg pertama kali nemu benua amerika juga kan katanya Laksamana Cheng Ho ya... yg keliling dunia juga (artinya udah punya alat navigasi yg ok punya)

lanjut, om...  :kribo:

gua kira orang viking...

btw, kalo navigasi nya bagus dia sering ke sono dong bolak balik...

cakpredi

Kutip dari: biobio pada Desember 21, 2008, 08:47:57 PM
pernah dgr malah ada yang cukup kontroversial, sphageti,makaroni,pizza katanya jg dr Cina,dibawa ke italia sm si marcopolo...

klo gitu kemajuan orang2 eropa emang dari bangsa2 yg dijajahnya seperti Indonesia

k4guya

Kutip dari: cakpredi pada Januari 10, 2010, 09:18:08 PM
klo gitu kemajuan orang2 eropa emang dari bangsa2 yg dijajahnya seperti Indonesia

Tapi sekarang kok malah mereka jadi tukang tiru y? contohnya banyak hp nexian yg niru blackberry. trus replika2 hp laen jg byk. wlo sebenarnya mank niru tu bkn hal mudah