Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 29, 2024, 07:20:19 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 231
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 203
Total: 203

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

pesawat terbang

Dimulai oleh exile_rstd, Desember 03, 2011, 08:33:24 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

exile_rstd

kenapa pesawat Indonesia banyak yang mengalami kecelakaan, terlebih sering mangalami kerusakan mendadak yang pada akhirnya pesawat jatuh dan memakan korban. saya pernah dengar, memangnya Indonesia itu membeli pesawat bekas ya?
kalau iya mengapa, dan kalau tidak mengapa kualitas mesin pesawat pesawat 'sepertinya' kurang layak?

*sebelumnya, saya masih baru pertama kali post teknik mesin jadi belum tau banyak.   :angel:
i adore your intelligence

semut-ireng

Hmm.   Permasalahannya cukup kompleks,  bukan menyangkut kualitas mesin yang kurang layak saja /  karena membeli pesawat bekas.   Permasalahannya menyangkut soal Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( Katiga ) di Indonesia,  yang memang agak " terabaikan ".

Kebanyakan kecelakaan,  baik kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal laut,  kebakaran pabrik2 dsbnya,  80 % penyebabnya adalah karena kelalaian manusia ( human error ),  dan hanya 20 % disebabkan karena faktor peralatan dan atau cuaca dsbnya.

Berkaitan dengan kecelakaan pesawat dan kecelakaan kapal laut,  human error yang sering terjadi adalah karena overconfidence,  misalnya pilot atau nakhoda kapalnya sok hebat atau sok jago.   Banyak contohnya,  misalnya bahwa para pilot atau nakhoda itu mestinya sebelum berangkat sudah mempelajari kondisi cuaca dari route2 yang akan dilaluinya sesuai ramalan cuaca yang diberitakan secara rutin oleh lembaga yang berwenang.   Namun kadang2 atau bahkan seringkali mereka mengabaikan peringatan2 itu,  termasuk mengabaikan peringatan2 pada kondisi nyata  ( kondisi alam ) yang ditemui dalam perjalanan .................................


exile_rstd

hmm, jadi seperti cerita yang ada di film Titanic itu ya..
lalu kenapa didalam berita sepertinya selalu dikatakan kerusakan mesin atau lebih sering kehilangan kontak. apa itu bisa dikatakan kelalaian manusia dlm mengatur mesin. tp tdk mungkin kan memilih org dgn kemampuan setengah-setengah. 
i adore your intelligence

semut-ireng

#3
hehehe,  yang paling mudah memang mengatakan :  kecelakaan itu karena faktor mesin / peralatan,  ato faktor cuaca,  dan sulit mengatakan itu karena kelalaian manusianya ............... ;D

Berkaitan dengan soal mesin / peralatan dan soal cuaca,  semuanya ada prosedur bakunya.   Kalo ada yang dirasa gak beres,  bisa dicheck ulang dsbnya dan bila perlu menolak menerbangkan.   Lalu menghadapi perubahan cuaca yang mendadak di route perjalanan,  ada prosedur bakunya juga,  bila perlu putar 180 derajat kembali ke tempat tolak semula..........

Namanya kelalaian,  itu bukan hanya karena kemampuan setengah-setengah  (  karena kurangnya pelatihan,  misalnya ),  melainkan juga bisa disebabkan karena kelebihan pelatihan,  terlalu sering latihan / berlebih-lebihan,  akhirnya lalai terhadap hal-hal / tindakan yang seharusnya dilakukan,  ato menganggap sepele ......dsbnya

exile_rstd

berhubungan dengan kelalaian, sikap yang buruk itu memang bisa mendatangkan dampak yg cukup fatal.
ya seperti saya yg melalaikan tugas.

*duh jadi OOT  :-* ;D

oia karna membahas soal pesawat, saya pengen tau bagaimana ya pilot membawa penumpangnya. soalnya kalau dilangit kan ga kelihatan apa-apa. apa semua pilot memakai sistem navigasi yg sdh tersedia dipesawatnya?
i adore your intelligence

exile_rstd

kalau boleh tau kondisi/cuaca apa yang berbahaya buat penerbangan?
i adore your intelligence

hakku_DRRR

jelas 80% ialah kesalahan manusia......pada umumnya manusia lebih suka yang praktis....dan selalu bersifat mendadak.....menurut saya kemungkinan itu karena autopilot......ya pesawat di lengkapi dengan auto pilot....mungkin salah satu penyebabnya ialah auto pilot....karena pesawat telah menyediakan autopilot...kewaspada an akan cuaca buruk semakin berkurang.......

mhyworld

Kutip dari: exile_rstd pada Desember 13, 2011, 04:49:14 PM
kalau boleh tau kondisi/cuaca apa yang berbahaya buat penerbangan?
Kalau lagi di atas, yang bahaya petir, atau topan yang besar. Kalau sudah mau mendarat, biasanya angin kencang dan kabut atau asap yang mengganggu pandangan. Hujan deras yang bikin landasan licin juga bisa berbahaya.
once we have eternity, everything else can wait

exile_rstd

adanya petir atau tidak itu bergantung pada tubrukan ion negatif dan positif bukan?
i adore your intelligence

DAMFF

sekedar bertanya saja

bukannya dipesawat itu ada anti petir ya? ???
trus kalo pesawat terbang diatas awan apakah masih bisa terkena petir? :o
[Fi - universe] Future ideas for the universe

DAMFF

Kutip dari: exile_rstd pada Desember 27, 2011, 01:55:14 PM
adanya petir atau tidak itu bergantung pada tubrukan ion negatif dan positif bukan?

setau saya petir itu terjadi karena muatan di awan itu negatif, bukan positif
karena ion2 negatifnya semakin banyak, trus meluncur deh ke benda yang ion positif
ini biasanya tanah, terjadilah petir! >:D

kalo ada yang salah tolong di ralat ya? ;D
[Fi - universe] Future ideas for the universe

mhyworld

Kutip dari: DAMFF pada Desember 27, 2011, 02:42:59 PM
sekedar bertanya saja

bukannya dipesawat itu ada anti petir ya? ???
trus kalo pesawat terbang diatas awan apakah masih bisa terkena petir? :o
Faraday cage memang melindungi bagian dalam pesawat dari sambaran petir, tapi bagian luarnya tidak. Jadi bagian-bagian seperti sayap, ekor, baling-baling masih bisa rusak karena petir. Kalau bagian-bagian itu rusak, pesawat jatuh dan berpotensi menewaskan penumpangnya.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Kalau di atas awan memang peluangnya terkena petir lebih kecil. Cuma kalau masih terlalu dekat bisa saja kena. CMIIW.
once we have eternity, everything else can wait

mhyworld

Kutip dari: DAMFF pada Desember 27, 2011, 02:46:19 PM
setau saya petir itu terjadi karena muatan di awan itu negatif, bukan positif
karena ion2 negatifnya semakin banyak, trus meluncur deh ke benda yang ion positif
ini biasanya tanah, terjadilah petir! >:D

kalo ada yang salah tolong di ralat ya? ;D
Petir bisa terjadi dari muatan positif maupun negatif, silakan dibaca di link di atas.
Petir juga bisa terjadi dari awan ke awan, seperti gambar berikut
once we have eternity, everything else can wait

DAMFF

Kutip dari: mhyworld pada Desember 27, 2011, 05:03:53 PM
Petir bisa terjadi dari muatan positif maupun negatif, silakan dibaca di link di atas.
Petir juga bisa terjadi dari awan ke awan, seperti gambar berikut


baru tau saya, thanks ya atas infonya :o
trus cara pesawat agar petir tidak merusak badan pesawat bagaimana? :-\
[Fi - universe] Future ideas for the universe

mhyworld

Yang paling mudah tentunya jangan menerbangkan pesawat dekat awan yang berpotensi menimbulkan petir  ;D.
Memperkuat badan pesawat akan membuat pesawat tambah berat dan akibatnya memboroskan bahan bakar.
once we have eternity, everything else can wait