Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 11, 2022, 09:41:55 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 47
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Reklamasi teluk Jakarta

Dimulai oleh ayipfarouk, April 12, 2016, 05:50:59 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ayipfarouk

Selamat sore teman teman forsa.

Dewasa ini ibu kota negara kita sebagai salah satu jantung dari negara kita tercinta, sedang dilanda dengan sebuah isu pro dan kontra dari salah satu proyek besar reklamasi teluk jakarta.

Akan indah ketika kita mendiskusikan dan mencari tahu melalui perspektif ilmu teknik guna menambah pengetahuan dan bisa menjadi wadah untuk mencurahkan opini atau kebingungan dari teman teman mengenai isu ini.

Beberapa pandangan telah beredar sekarang, apakah ada agan yg ingin menyampaikan pandangan pertamanya? Silahkan :kribo:

nʇǝʌ∀

ini dibahas dari segi teknik toh. berarti diskusinya dibatasi hanya sampai persoalan teknis ya..
btw gwa penasaran nih gimana cara mereka numpuk pasir dilaut tapi gak tercecer kemana-mana sehingga jadi pulau buatan.
mana neh yg ahli bangunan sama ahli lingkungan hehe

                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
> (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

ytridyrevsielixetuls

Kutip dari: nʇǝʌ∀ pada April 17, 2016, 10:21:33 AM
ini dibahas dari segi teknik toh. berarti diskusinya dibatasi hanya sampai persoalan teknis ya..
btw gwa penasaran nih gimana cara mereka numpuk pasir dilaut tapi gak tercecer kemana-mana sehingga jadi pulau buatan.
mana neh yg ahli bangunan sama ahli lingkungan hehe

well, berhubung kita ada di sf teknik berarti diskusinya dibatasi hanya sampai persoalan teknis aja..
cara reklamasi kalo yg saya liat di berbagai sumber di internet ialah dengan mengeruk pasir di daratan atau menyedot pasir laut. dan yg mengerjakannya itu kapal. kalo mengeruk pasir di darat itu pake excavator dulu baru pindahin ke kapal.
nah kapal dengan muatan berton-ton pasir itu kemudian menyemprotkan pasirnya ke laut. sampe jadi pulau. cuma itu tadi. gimana cara bikin pulau itu tanpa membuat pasirnya tercecer kemana-mana. apa mungkin pasirnya harus jenis tertentu? atau mungkin jumlah pasirnya harus cukup banyak supaya langsung bisa bikin sebuah pulau utuh sekali penyemprotan?
[move]
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

2876328

supaya pasir ngga lari kemana2 nimbunnya dari bawah dulu (fondasi) terus naik ke atas.