Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 22, 2024, 10:44:13 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 209
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 65
Total: 65

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Teknologi Militer

Dimulai oleh ksatriabajuhitam, Agustus 24, 2008, 09:11:18 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ksatriabajuhitam

mencoba menghangatkan forum kita ini...




Teknologi Militer



Penjelasan thread, lihat spoiler berikut:
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.




Stealth Technology

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] also known as LOT (Low Observability Technology) is a sub-discipline of military electronic countermeasures which covers a range of techniques used with aircraft, ships and missiles, in order to make them less visible (ideally invisible) to radar, infrared and other detection methods.

Badan pesawat merupakan objek yang bagus dalam memantulkan sinyal radar, ini membuatnya mudah untuk dilacak menggunakan peralatan radar.
Tujuan dari stealth technology ialah membuat pesawat tak tampak pada radar. terdapat dua metode:
1. pesawat dibentuk sedemikian rupa sehingga sinyal radar yang terpantul tidak mengarah ke peralatan radar pemancar,
2. pesawat dilapisi material yang menyerap sinyal radar.

Pesawat-pesawat konvensional memiliki bentuk membulat. bentuk ini membuat pesawat menjadi aerodinamik, tetapi juga menjadikan pesawat sebagai pemantul sinyal radar yang efisien. Bentuk membulat berarti dari arah manapun sinyal radar mengenai pesawat, beberapa sinyal akan dipantulkan balik ke pemancar sinyal radar.


Pada peswat stealth, sebaliknya, badan pesawat dibuat sangat datar dan memiliki ujung yang sangat tajam. Ketika sinyal radar mengenai pesawat stealth, sinyal dipantulkan pada sudut tertentu (tidak ke segala arah),


Selanjutnya, permukaan peswat dapat pula dilapisi lapisan penyerap energi sinyal radar. hasilnya ialah seperti pada pesawat F-117A yang hanya meninggalkan jejak seperti burung pada radar alih-alih jejak pesawat. Satu pengecualian, akan ada satu kondisi dimana pesawat akan memantulkan secara total sinyal radar dari pemancar radar, tetapi ini pada posisi pesawat tertentu saja dari radar. Tak ada gading yang tak retak.

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


Sumber : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.], [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].

Mari kita share pengetahuan teman-teman tentang stealth aeroplane atau teknologi militer lainnya...

Keep Holding On,
ksatriabajuhitam
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

reborn

Rasanya lebih cocok di forum teknologi. Dipindah topiknya ya.

peregrin

wah thread yg menarik nih, dilanjut doong  ;D
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

ahmad fauzan

#3
neh saya tambahin @peregrin :D

Area 51 merupakan fasilitas pengembangan dan pengujian militer yang sangat rahasia (top secret), yang dioperasikan oleh angkatan Udara Amerika Serikat. Area 51 berlokasi di dalam daerah pelatihan dan pengujian Nevada . Lokasi Area 51 berada di Lincoln Country berjarak 115,5 km sebelah utara Las Vegas dengan luas berkisar 103 kilometer persegi. Lokasi Area 51 dulunya adalah sebuah bekas danau yang sudah kering di gurun Nevada , namanya Lake Groom.Mengapa tempat itu disebut sebagai AREA 51? Menurut beberapa sumber , sebutan area yang bernomor 51 tsb kebetulan terletak di grid 51 pada peta Nevada , ada pula yang mengatakan angka 51 berasal dari klasifikasi dari suatu BOM yang bernomor 49 , 50, 51, 52 dll , sehingga disanapun terdapat Area 49 , Area 50 , dst.

Area 51 didirikan pada tahun 1955 yang pada awalnya diperuntukkan melakukan pengujian pengembangan pesawat mata-mata Amerika Serikat Seri U-2 yang baru diciptakan. Setelah U2, datanglah serangkaian jenis percobaan pesawat2 canggih, misalnya suatu proyek yang disebut Proyek Hitam (Black Project) yang terdiri dari pesawat seri Blackbird, seri Stealth Fighter dan seri Stealth Boomber. Seri Blackbird merupakan kelanjutan dari seri U-2 yang dimulai tahun 1962 dengan rancangan tipe A-12 dan SR-71. Sebagai contoh, tipe SR-71 memiliki kecepatan jelajah mencapai 3500 km/jam dengan ketinggian efektif jelajah 4830 km.



Seri Stealth Fighter merupakan pesawat tempur siluman pertama yang dirancang pada akhir tahun 1970-an. Pesawat ini sangat baik sekali beroperasi di malam hari. Tipe yang sangat dikenal adalah F-117 Nighthawk. Seri Stealth atau siluman merupakan suatu ide agar pesawat terbebas dari pantauan radar. Kecepatan jelajah pesawat ini berkisar 1040 km/jam dengan ketinggian yang baik sejauh 2110 km. Prestasi operasinya telah diperlihatkan pada perang teluk dan masih ditugaskan untuk melaksanakan target-target yang telah matang.



Seri Stealth Boomber merupakan kelanjutan pesawat siluman dari Seri Stealth Fighter yang telah dikembangkan secara luas. Seri pesawat siluman yang dikenal ini adalah tipe Black Manta dan B2. Daya jelajah lebih cepat dan lebih susah ditangkap radar dari pada seri Stealth Fighter. Walau pun demikian, strategi penyerangannya masih tergantung pada informasi dari target.

Nah,kalau sudah jelas asal usul dan kegunaannya , mengapa tempat ini masih dikatakan penuh misteri? Tanpa menambahkan soal fenomena-fenomena langit yg aneh disekitar Area 51, keberadaan lokasi tsb sudah amat sangat aneh. Ribuan orang sudah mengamati tempat itu ( dengan menyelinap atau dari jarak jauh ), bahkan foto satelit memastikan keberadaan tempat tersebut tapi pemerintah AS dengan tegas menyatakan " Area 51 tidak ada "

Tidak ada dalam laporan keuangan resmi, dalam anggaran belanja pemerintah federal, negara bagian, angkatan bersenjata atau apapun bahkan Kongres AS tidak pernah mendapat laporan keberadaan lokasi tersebut. Tapi sudah menjadi pengetahuan publik AS ( bahkan seluruh dunia ) bahwa areal itu eksis!! Fenomena Area 51 yg penuh teknologi mutakhir ( khususnya teknologi pesawat terbang ) tapi tidak pernah diakui pemerintah walau sudah dikenal secara amat umum ( bahkan lewat film2 ) itulah membuat berkembangnya berbagai isu atau pendapat mengenai 'phantom government', 'C-theory' hingga yg paling sensasional adalah teori 'Alien government'.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.][/url]
[move]semua itu bisa asalkan kita terbiasa
[/move]

ksatriabajuhitam

tambah lagi nih...

Bom Elektromagnetik

Ide dasar dari bom elektromagnetik ialah untuk menghancurkan sirkuit listrik menggunakan medan elektromagnetik kuat. Arus listrik menghasilkan medan magnet dan perubahan medan menghasilkan arus listrik. Prinsip ini pula lah yang digunakan pada antenna penangkap radio. Transmisi radio berintensitas rendah hanya menginduksi cukup arus listrik pada receiver. Tetapi dengan memperbesar intensitas sinyal (medan magnet), akan dihasilkan arus yang amat besar; cukup besar untuk membakar komponen semikonduktor.

Ide bom elektromagnetik berawal dari riset senjata nuklir pada 1950-an. Uji coba bom hidrogen yang dilakukan oleh Amerika memberikan hasil yang mengejutkan. Letusan/angin menyebar di samudra pasifik dan menghancurkan lampu-lampu jalanan di Hawaii, ratusan mil dari lokasi uji coba. Bahkan kerusakan pada peralatan radio berdampak hingga ke Australia.
peneliti menyimpulkan bahwa gangguan listrik ini diakibatkan oleh [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] -- teori oleh fisikawan Arthur Compton, 1925. Compton menyatakan bahwa foton dari energi elektromagnetik dapan "menendang" elektron dari atom dengan bilangan atom kecil.

Pada uji coba 1958, peneliti menyimpulkan bahwa foton dari ledakan radiasi gamma "menendang" begitu banyak elektron dari oksigen dan nitrogen bebas di atmosfer. banjir elektron ini berinteraksi dengan medan magnetik Bumi menghasilkan fluktuasi arus listrik, yang menginduksi medan magnet yang luar biasa. Hasilnya ialah pulsa elektromagnetik menginduksi sejumlah arus listrik kuat pada material induktif dalam areal yang cukup luas.

Semasa perang dingin, inteligen Amerika mengkhawatirkan bahwa Uni Soviet akan meluncurkan misil nuklir dan meledakkannya pada ketinggian 50 km di atas Amerika Serikat, untuk menghasilkan efek dalam skala besar. Dikhawatirkan bahwa 'ledakan' elektromagnetik yang dihasilkan akan menghancurkan seluruh peralatan elektronik di seluruh Amerika Serikat.

Bom Elektromagnetik Non-nuklir (Explosively Pumped Flux Compression Generators, FCG)
FCG pertama kali didemonstyrasikan oleh Clarence Fowler di Los Alamos Laboratories (LANL) di akhir 1950-an. Sejak saat itu sejumlah konfigurasi FCG telah dibuat dan diujicoba baik oleh Amerika Serikat maupun Uni Soviet. Divais FCG mampu memproduksi energi listrik puluhan MegaJoule dalam puluhan hingga ratusan mikrodetik. Dengan daya puncak mencapai TeraWatt hingga puluhan TerraWatt.
berikut ialah gambaran prinsip kerja FCG:

Bom terdiri dari silinder logam (disebut armatur), yang dikelilingi oleh kumparan kawat (stator). Silinder armatur diisi dengan bahan eksplosif. Seluruh divais dibungkus dengan "jaket" yang kokoh. Stator dan armatur dipisahkan oleh ruang kosong. Bom juga memiliki sumber daya listrik berupa bank kapasitor, yang bisa dikoneksikan ke stator.

Saklar menghubungkan bank kapasitor bertegangan tinggi ke stator, menghasilkan arus listrik sepanjang kabel statos. Ini menghasilkan medan magnet.
Medan magnet ini menyulut material explosif. ledakan ini bergerak dari depan menuju belakang armatur.
Ledakan ini mengakibatkan (pecahan) armatur kontak dengan stator dan menhasilkan hubungan pendek (short circuit).
Short circuit ini bergerak dari depan ke belakang seiring dengan arah ledakan. Arus short circuit yang terperangkat pada tiap loop stator mengkompresi medan magnet dan menghasilkan ledakan elektromagnetik.

Tipe senjata elektromagnetik ini menghasilkan kerusakan pada area yang lebih kecil -- dibandingkan serangan bom elektromagnetik nuklir -- tetapi tetap menghasilkan kerusakan yang serius.

Lebih lanjut, ikuti link:
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Referensi kedua ini yang menarik, dibahas pula antisipasi terhadap serangan bom elektromagnetik. Yakni dengan melindungi ruang komputer (atau alat-alat elektronik yang sensitif/penting) dalam ruang Faraday.

PS: ini teknologi tahun 50-an loh, yang sekarang udah kayak gimana yah...?
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

ksatriabajuhitam

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada Agustus 27, 2008, 10:07:28 PM
Bom Elektromagnetik

biar ga keliatan acakadut, yang ini di-copas dibikin thread baru aja...
(delete aja om mod postingan saya yang di atas ^ )

urusan bahan peledak, misil, dan sejenisnya, dimasukin ke Teknologi Militer 2, c u there...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

ksatriabajuhitam

due to http://www.forumsains.com/ilmu-teknik/teknologi-militer/msg10367/#msg10367
thread ini dikhususkan ngbahas Stealth Technology aja ya,

btw, ada yang tau tentang helikopter yang dipake Amerika pas Perang Iraq ga? helikopter yang bisa masuk ke kota-kota tapi suaranya ga kedengeran,,katanya ada sistem peredamnya yah?

(spoiler: cuma bisa dilihat kalo login)
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

great_sage

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada Agustus 29, 2008, 09:02:26 PM


btw, ada yang tau tentang helikopter yang dipake Amerika pas Perang Iraq ga? helikopter yang bisa masuk ke kota-kota tapi suaranya ga kedengeran,,katanya ada sistem peredamnya yah?

kayaknya heli yang dipake di perang teluk II masih seri apache, black hawk ada seh heli dengan teknologi stealth
klo gak salah RAH-66 commanche tapi heli ini gak pernah masuk dinas aktif malah pengembangannya dihentikan pada tahun 2004. liat wikipedia aja dech