Frontpage > Kesehatan

Probiotik : Peranan Bakteri dalam Kehidupan Manusia

Mendengar kata bakteri, kamu pada umumnya selalu membayangkan segala sesuatu yang negatif dan berhubungan dengan penyakit. Toh, Anda memakai antibiotik untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri di tempat yang salah memang menyebabkan masalah, namun ada pula bakteri yang baik yang bisa menunjang kesehatan kamu. Bakteri baik itu namanya probiotik.

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Mengenal Penyakit Pneumonia

Pneumonia adalah suatu penyakit infeksi atau peradangan pada organ paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau pun parasit di mana pulmonary alveolus (alveoli) yang bertanggung jawab menyerap oksigen dari atmosfer menjadi inflame dan terisi oleh cairan. Pneumonia dapat juga disebabkan oleh iritasi kimia atau fisik dari paru-paru atau sebagai akibat dari penyakit lainnya, seperti kanker paru-paru atau terlalu banyak minum alkohol. Namun penyebab yang paling sering ialah serangan bakteria streptococcus pneumoniae, atau pneumokokus.

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Potensi Kompleks Kobalt - piridin-2,6-dikaboksilat sebagai Agen Antikanker baru

Kanker adalah salah satu jenis penyakit tumor ganas (benign tumour) yang merupakan penyakit penyebab kematian terbesar kedua setelah penyakit jantung. Penyakit ini timbul akibat terjadinya mutasi pada biosintesis sel. Sel-sel kanker akan terus membelah diri, terlepas dari pengendalian pertumbuhan dan tidak lagi menuruti hukum-hukum pembiakan. Bila pertumbuhan tidak segera dihentikan dan diobati maka sel kanker akan berkembang terus.

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Salmonella : Infeksi yang Mematikan

Salmonella dikenal sebagai infeksi yang sangat berbahaya, harus diwaspadai, sekaligus mematikan. Salmonella bisa menyebabkan dehidrasi eksrim dan juga kematian karena mengandung bakteri Salmonellosis yang sangatlah membahayakan. Bakteri Salmonellosis bisa ditemukan pada peliharaan reptil, amfibi, dan hewan-hewan peternakan, makanan mentah, buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan sehari-hari yang terkontaminasi. Bakteri Salnomellosis juga mengakibatkan panas dalam, muntaber dan sakit perut ekstrim.

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Manusia Berdarah Hijau

<p style="text-align: justify;">Semua orang tahu kalau darah manusia itu merah. Bukan hanya darah manusia tetapi sebagian besar darah sebagian besar makhluk hidup lainnya itu merah. Mau orang kaya, orang miskin semuanya darahnya merah. Lalu, bagaimana kalau terdapat <span style="font-weight: bold;">makhluk yang berdarah hijau</span> di bumi ini? Apakah mereka keturunan alien? Bagaimana kalau anda sedang rual rumah, calon pembeli anda bilang bahwa dia berdarah hijau seperti tokoh Mr. Spock di film Star Trek? Pasti anda akan tertawa duluan khan.</p>

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Protein dan Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

<div style="text-align: justify;">Anda mungkin tahu, bahwa Anda memerlukan makanan yang mengandung protein, tapi seperti apa sih makanan yang mengandung protein itu? Banyak sekali makanan yang mengandung protein (misalnya: makanan anak-anak), akan tetapi salah satu sumber terbaik yang dikatakan <span style="font-weight: bold;">makanan berprotein</span> adalah daging sapi, unggas, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Makanan yang mengandung protein tersebut mampu membangun, memelihara, dan menggantikan jaringan dalam tubuh Anda, seperti : otot Anda, organ-organ Anda, serta sistem kekebalan tubuh Anda.</div>

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Upaya Kesehatan Tranfusi Darah

<div style="text-align: justify;">Upaya Kesehatan Tranfusi Darah (UKTD) adalah upaya kesehatan berupa segala tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk memungkinkan pengguna darah bagi keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan yang mencakup kegiatan-kegiatan pengerahan, penyumbangan darah, pengambilan, pengamanan, pengolahan, penyimpanan, dan penyampaian darah kepada pasien melalui sarana penyaluran kesehatan.</div>

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Kissing Disease

<div style="text-align: justify;"><span style="font-style: italic;">Kissing Disease</span>, nama resmi penyakit ini adalah <span style="font-style: italic;">Infectious Mononucleiosis</span>. Penyakit ini disebabkan oleh Virus Cytomelago. Virus ini terdapat di kelenjar air liur, air seni, lendir leher rahim, sperma, air susu ibu, dan darah.<br /> <br /> Selain lewat berciuman, penularan penyakit ini juga dapat melalui transplantasi organ, donor darah, persalinan, serta oral seks. Diketahui bahwa virus ini sekerabat dengan Virus Herpes yang bersifat laten dalam tubuh manusia.</div>

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

ASI Eksklusif

<span style="font-weight: bold;">ASI Eksklusif</span> adalah pemberian ASI saja kepada bayi saat lahir sampai berusia 6 bulan tanpa makanan dan minuman lain, bahkan air putih sekali pun. ASI ini sangat baik sekali bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi, karena ASI merupakan makanan utama bagi bayi bukan susu sapi.<br /> <br /> Tapi akhir-akhir ini kecenderungan ibu-ibu menyusui sudah terbius dengan iklan-iklan susu formula sehingga rela mengorbankan atau mengganti ASI dengan memberikan susu formula atau susu botol. Padahal menurut beberapa penelitian, berbagai penyakit berbahaya di masa bayi maupun usia dewasa bisa dihindari bila bayi diberi ASI EKSKLUSIF, contohnya infeksi, diare, radang otak, radang paru-paru, diabetes dan kanker. Begitu juga dengan kesehatan si Ibu, dengan ibu memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi akan mempercepat pengembalian uterus seperti sebelum melahirkan (involusi uterus) dan banyak lagi.

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Gigi Sensitif? Tak Perlu Khawatir

Banyak dari kita yang mungkin sudah tahu apa itu gigi sensitif. Ya, gigi sensitif adalah rasa ngilu yang dirasakan oleh gigi akibat terkena makanan atau minuman yang terlalu dingin atau panas. Hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan dalam menggosok gigi sehingga akar gigi terbuka. Bisa juga karena bentuk gigi yang pendek sehingga rangsangan panas dan dingin pada gigi cepat diteruskan ke syarafnya, atau bisa juga karena memang syarafnya sensitif.

Baca selengkapnya

Baca selengkapnya

Navigasi

[0] Frontpage

[#] Forum

Ke versi lengkap