Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 23, 2020, 08:11:37 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139599
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 43
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Kita mungkin sudah sering mengucapkan kata dehidrasi. Haus sedikit saja kita sering berkelakar demikian. Istilah dehidrasi memang sudah tidak asing lagi. Dehidrasi berarti kekurangan cairan tubuh karena jumlah cairan yang keluar lebih banyak daripada jumlah cairan yang masuk. Dan ini bisa menyerah siapa saja, dari anak kecil hingga orang tua. Hanya saja dehidrasi kerap dianggap sebagai masalah sepele.

Padahal, sebenarnya dehidrasi itu cukup berbahaya. Yang paling rentan terkena dehidrasi adalah anak kecil dan orang tua. Soalnya, tubuh anak kecil banyak mengandung lemak, dan lemak hanya mengandung air lebih kurang 20 persen. Sementara itu pada tubuh orang tua, kadar air dalam tubuhnya sudah semakin menurun akibat proses penuaan organ-organ tubuh.

Tapi, kalau dilihat dari perbedaan jenis kelamin, maka perempuanlah yang lebih mudah terserang dehidrasi dibandingkan dengan laki-laki. Penyebabnya sama seperti pada anak kecil, tubuh perempuan lebih banyak lemak daripada tubuh laki-laki. Namun, di antara semua itu, ternyata remajalah yang paling sering terkena dehidrasi. Pasalnya, remaja mempunyai banyak kegiatan. Akibatnya, aktivitas fisik pun meningkat drastis dan menguras bayak keringat.

Prinsip terjadinya dehidrasi sebenarnya sederhana. Ketika kita melakukan banyak kegiatan, maka cairan tubuh akan terkuras. Kulit banyak mengeluarkan keringat. Paru-paru pun banyak mengeluarkan uap melalui pernafasan.

Lantaran dianggap sepele, tanda-tanda kemunculan dehidrasi kerap kali tak disadari. Gejala kalau kita kena dehidrasi ringan seperti haus, mulut kering, dan bibir kering, sering dianggap sebagai sesuatu yang wajar-wajar saja. Baru kalau sudah memasuki tingkat yang lebih tinggi lagi (dehidrasi sedang), dan muncul tanda-tanda lain seperti tonus kulit jadi menurun (kalau dicubit kulit akan lama kembali ke bentuk semula, alias kulit tidak kenyal), dan berat badan menurun, kita menjadi lebih sadar. Selain mengganggu keseimbangan tubuh, pada tingkat yang sudah sangat berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, hingga meninggal dunia.

Orang yang terkena dehidrasi selain jadi jarang kencing dan jumlahnya sedikit, warna air seninya juga menjadi lebih pekat. Untuk masalah perubahan air seni, semakin tinggi tingkat dehidrasinya, warna air seni akan semakin pekat. Penyebabnya, kalau dehidrasi, tubuh secara otomatis akan menahan semua cairan, termasuk cairan yang mestinya dibuang seperti air seni. Semakin lama air seni itu ditahan, maka jumlah kotoran yang terkandung di dalamnya semakin banyak, hingga mengakibatkan warnanya menjadi keruh.

Mencegah dehidrasi sebenarnya mudah saja. Namanya juga penyakit sepele, penanganannya pun sepele pula. Sering-sering saja minum. Dan air yang diminum sangat dianjurkan air putih. Bukan kopi, teh apalagi minuman bersoda. Meminum kopi, teh atau soda malah membuat keadaan rubuh tambah parah. Maklum, minuman-minuman tersebut mengandung kafein yang hanya akan menambah frekuensi kencing. Jika kita terus menerus kencing, otomatis kita akan semakin banyak pula kehilangan cairan tubuh.

Cara pencegahan lain, kalau hendak beraktivitas di luar ruangan, usahakan saja mengenakan pakaian yang terbuat dari katun. Soalnya, pakaian yang menyerap keringat sangat membantu mengurangi penguapan cairan tubuh.
Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Kesehatan »

Tanggapan: * 26

  1) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by epick62 pada Maret 29, 2009, 09:23:17 AM

bagus..lho,sekarang gw gak sepelekan apa itu dehidrasi ....good good good.....
2) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by syafa pada April 04, 2009, 06:07:01 AM

hm... dehidrasi,,, tambahan ya buat anak balita bisa lebih parah karena BB bisa turun sampai setengah makanya kalau di RS bayi yang dehidrasi lebih mendapat perhatian yang intens.

Untuk kita yang nggak dehidrasi juga jangan anggap sepele, air bagus juga kan buat kulit liatin deh bro/sis kulit orang yang banyak minum sama yang dikit minum pasti kulitnya bagus yang banyak minum..
  3) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by aq bagaskara pada April 15, 2009, 01:38:44 PM

ya ..sih kalau aq beraktifitas tinggi, berkeringat, haus, kalau jarang minum ditambah jarang kencing, air seninya keruh. kalau gitu aq cepat2x minum air putih. takut kencing batu/ batu ginjal
  4) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by ache_thea pada April 27, 2009, 07:01:28 AM

iya neh disini panaaaaaaaaaas bNget ampir 49 derajat (sudan)

ky'y perlu di sebarin neh....!
  5) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by Zailendri Wijaya pada Mei 18, 2009, 03:38:18 AM

apa ciri2 dehidrasi
  6) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by CheerZ pada Juni 06, 2009, 04:56:55 AM

Yup bener tuh , palagi saat sekarang puanasnya minta ampun...
very terribly hot........
  7) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by CheerZ pada Juni 06, 2009, 04:57:03 AM

Yup bener tuh , palagi saat sekarang puanasnya minta ampun...
very terribly hot........
  8) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by maulidia_ekaputri pada Juni 23, 2009, 04:32:58 AM

izzz, bener banget tuh. Sekarang gw mau minum yang banyak ah. lagian Jakarta tuh makin panas aja. gara-gara global warming kale, ya!
  9) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by Dimas Riska Irawan pada Juli 20, 2009, 12:23:40 PM

bener2.. perbanyak minum air putih aja, g usah minum macem2
  10) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by andreanvee pada Agustus 14, 2009, 03:56:29 PM

top boss, info  yang penting nih
  11) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by paunk pada Agustus 26, 2009, 01:07:48 PM

top deh....bagus buat remaja ky gw yg banyak kegiatan..
12) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by eckoo pada Desember 04, 2009, 12:26:44 AM

Sepele, tapi jika kita sepelekan malah jadi masalah yang berat. so jangan disepelekan....^^
  13) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by iklangratis pada Maret 03, 2010, 04:07:39 AM

wah... baru tahu kalo jadi serius gitu:(
  14) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by joko sukisno pada Maret 22, 2010, 08:47:15 PM

sebetul nya dehidrasi bisa dicegah dengan cara yang sederhana secara akupuntur...perkuat ginjal..sebab ginjal yang mengatur keseimbangan homeostasis cairan tubuh...dia bisa melakukan resorbsi tetapi juga absorbsi,sam kebasa, basa ke asam ,kering ke lembab ..lembab ke kering.maka karena ginjal menyukai asin mempekuatnya banyak konsumsi garam dapur..tapi kalau erlalubanyak terlalu asin akan melukai ginjal..injal jadi cepat panas..sehingga akan mengakibatkan pendarahan ginjal....cara lain konsumsi wortel, antanan/centela asiatica/ginseng akan memperkuat ginjal sekaligus menyegarkannya..jadi awetlah ginjal...
  15) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by Zaejunk fox pada Maret 23, 2010, 08:17:43 AM

akibat paling vatal buat sistem pencernaan jika dehidrasi apa??
yg paling rentan terkena dehidrasi it balita, orang tua, wanita, atau remaja?
  16) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by oetomo broto pramono pada Maret 27, 2010, 04:22:20 AM

o jadi gitu ya?...mau tak aplikasikan di pabrik kertas..terutama di lingkungan area suhu di atas rata2 normal..
  17) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by shafura ren pada April 03, 2010, 09:53:11 PM

buat sistem pencernaan, efek dehidrasi bisa menyebabkan konstipasi (sembelit),,, coz sama halnya ma di gnjal, di usus (terutama usus besar) terjadi absorbsi n sekresi (penyerapan n pengeluaran) air kedalam usus besar (colon)...... hal ini penting untuk mengatur kekerasan/konsistensi dari feses,,, jadi ketika tubuh kekurangan cairan, otomatis akan terjadi penahanan cairan sehingga sekresi cairan yang dibutuhkan untuk melunakkan feses tidak mencukupi dan jadilah feses keras....... kira2 begitu.......

untuk yang paling rentan terkena dehidrasi, setauku adalahn bayi..... coz mereka persentase cairan dalam tubuhnya paling tinggi, yaitu sekitar 80%, dan kekurangan cairan akan sangat berbahaya pada janin.... ditambah lagi ciri2 dehidrasi pada bayi lebih susah dikenali, coz mereka kan g bisa bilang kalo mereka lagi haus........... (karena mekanisme haus adalah salah satu upaya tubuh menghindari dehidrasi dengan meminta asupan cairan bila dirasa kurang,,),, makanya pada bayi dehidrasi biasanya diketahui bila sudah parah,,, dengan ciri2 mata cowong, turgor kulit menurun, n bayi menolak/tidak bisa minum .......kalo ada tanda2 itu harus waspada,,,, itu tanda Dehodrasi Berat!!!!......... ^__^
  18) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by dony19 pada April 15, 2010, 02:04:40 AM

bagi saya mengkonsumsi air setiap hari adalah hal yang wajib. Hal bukan suatu keharusan, kewajiban atau lainnya. namun suatu kebutuhan. air itu menyegarkan dan menyehatkan. jadi tanpa disuruh, saya selalu minum air, sehingga tidak dehidrasi....air mengeluarkan kotoran dan racun dalam tubuh, jadi tubuh menjadi bugar karena kotoran telah keluar...makanya kita harus sering minum air minimal 2 liter sehari...
  19) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by ibnu mustafa pada April 21, 2010, 11:03:31 PM

bagaimana jika sering sakit di belakang bagian ginjal.
  20) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by MBAH JAMBRONG pada April 23, 2010, 01:55:35 AM

sebetulnya berapa sih air yang harus dikonsumsi dalam satu hari biar nggak kena dehidrasi.?
  21) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by fh_4 pada April 27, 2010, 08:44:46 AM

makasih atas penjelasannya,bg...
  22) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by etalaseilmu pada Mei 03, 2010, 09:24:16 AM

sekarang ada minuman isotonik untuk menganti cairan tubuh, tp yang lebih alami dan paling ampuh menghilangkan dehidrasi adalah air kelapa muda murni tanpa dicampur es ataupun sirup, juga angat ampuh untuk menetralisir racun
  23) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by dony19 pada Mei 08, 2010, 01:52:38 AM

banyak minum..karena air menyenangkan buat tubuh dan fresh....
  24) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by lee rn pada Juni 24, 2010, 05:27:44 AM

makasih atas penjelasannya, 70% tubuh kita terdiri dari air jadi air memang element penting dalam kehidupan...skrng saya mengerti mengapa tubuh kita cepat lemas dan kering didalam ruangan ber-AC itu membuktikan bahwa hy dengan dudduk dan diam tubuh kita mengering... dikarenakan kekurangan air, jadi untuk kawan2 yang bekerja dan beraktifitas didalam ruangan ber AC perbanyaklah meminum Air ^_^
  25) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by guskarnali pada Juni 27, 2010, 12:33:21 AM

bahaya jua ya..klau terken dehidrasi...terimkash deh infox..:3
  26) Re: Hati-hati Dehidrasi
Comment by daivadeva pada November 19, 2010, 04:29:31 AM

hmm, kalo saya liat2 dehidrasi yg ga begitu bahaya berarti bisa untuk diet ya
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.