Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 28, 2020, 09:51:39 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139600
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 36
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Nuklir mungkin kata yang sangat menakutkan bagi sebagian orang, takut karena kasus kecelakaan Chenobyl atau karena denger isu dari kanan – kiri. Dengan tulisan ini saya ingin memperkenalkan kepada rekan – rekan tentang manfaat dan keunggulan nuklir dibanding dengan pembangkit listrik yang lainnya. Serta, ingin memberi sedikit ‘kue’ kecil agar tidak takut lagi terhadap yang namanya Nuklir ini.

Nuklir sebenarnya berkaitan dengan yang namanya atom. Mungkin bagi rekan–rekan ketika mendengar atom tidaklah menakutkan atau mengerikan dibanding ketika mendengar nuklir atau radioaktif. Sebenarnya apa sih hubungan antara nuklir dengan radioaktif|? Jadi begini ceritanya, atom tersusun atas inti atom (yang tersusun dari neutron dan proton) dan dikelilingi oleh yang namanya elektron. Nah atom itu terbagi 2 berdasrkan kestabilannya, yaitu atom stabil dan tidak stabil. Atom yang tidak stabil inilah yang memancarkan partikel radioaktif. Mungkin sudah sedikit belajar tentang partikel radioaktif. Partikel radioaktif yang umumnya kita kenal, yaitu partikel alfa (α), beta (β), dan gamma (γ). Dengan memancarkan partikel–partikel tersebutlah atom–atom tersebut menuju kestabilan. Mungkin muncul pertanyaan dalam diri kita apa hanya atom yang tak stabil saja yang memancarkan sinar atau partikel radioaktif? Atau atom stabil juga memancarkan sinar atau radioaktif? Dalam fisika nuklir istilah memancarkan radioaktif sering disebut dengan peluruhan. Faktanya semua atom atau unsur – unsur yang kita kenal di tabel periodik itu, mengalami yang namanya peluruhan. Tidak hanya yang tak stabil yang mengalami peluruhan, tetapi unsur atau atom tak stabil juga mengalami peluruhan ini.

Lalu kenapa yang dibahas dalam buku – buku hanya yang tidak stabil saja? Hal ini disebabkan bahwa atom yang stabil memiliki waktu peluruhan yang sangat jauh lebih lama dibanding atom yang tak stabil, atau dengan kata lain peluruhan yang terjadi sangat kecil sekali. Oleh karena itu, umumnya yang dibahas adalah atom tak stabil. Jadi, tidak perlu takut ketika mendengar yang namanya nuklir atau radioaktif, karena ketika kita keluar rumah atau bahkan ketika menyalakan komputer atau lampu kita pun sebenarnya sudah terkena yang namanya foton, sebuah partikel yang tak bermassa yang hampir mirip dengan partikel – partikel radioaktof tersebut. Tapi sebenarnya tidak perlu takut kok dengan kita mengkonsumsi makanan sayur – sayuran dan buah – buahan serta susu maka sel tubuh kita yang rusak akibat sinar atau partikel foton tersebut akan kembali normal atau digabtikan oleh sel yang baru. Jadi, jangan malas makan sayur dan minum susu ya, kayak anak kecil aja harus dipaksa. Sekarang udah ngak takut lagikan? Ternyata yang namanya radioaktif ini ngak selama menakutkan atau membahayakan loh. Segala ciptaan yang diciptakan oleh sang Pencipta, pasti ada manfaatnya untuk manusia, termasuk didalamnya radioaktif ini.

Radioaktif ini memiliki beberapa manfaat antara lain (kalau tertarik bisa request untuk dibahas selanjutnya) :
1. Pembangkit listrik. Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) merupakan salah satu aplikasi yang memanfaatkan radioaktif yang dipancarkan oleh unsur yang tak stabil seperti unsur uranium.
2. Kesehatan. Penggunaan radioaktif untuk kesehatan sudah sangat banyak, dan sudah berapa juta orang di dunia yang terselamatkan karena pemanfaatan radioaktif ini. Sebagai contoh sinar – X untuk penghancur tumor atau untuk ‘foto’ tulang.
3. Industri. Saat ini radioaktif digunakan oleh industri. Misalnya industri pupuk, atau bahkan digunakan oleh perusahaan yang mencari sumber–sumber baru minyak bumi yang ada di perut bumi.

Dan masih banyak lagi manfaat dari radioaktif ini. Jadi sekarang justru makin tertarik dan penasarankan dengan yang namanya radioaktif ini. Kalau penasaran buruan request untuk membahas yang berhubungan dengan radioaktif ini.

""Ngak Ada Loe Ngak Rame"
Deby Mardiansah
Fisika Nuklir ITB
Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Fisika »

Tanggapan: * 13

  1) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by peregrin pada Juni 15, 2007, 03:35:45 PM

boleh dong, request penggunaan radioaktif utk mencari sumber baru minyak bumi.. penasaran gimana.

Kabarnya juga, pembangkit listrik tenaga nuklir ini emisi CO2-nya jauh lebih kecil dibanding sumber lain shg bisa membantu menghambat efek pemanasan global. Selain lebih murah juga. Tapi tentunya banyak kontroversi kalau Indonesia mau mengandalkan PLTN. Gimana diskusinya tentang masalah ini sejauh ini?
2) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by  pada Juni 21, 2007, 04:41:16 AM

PLTN kalo yang takut ya ...kasian.
dari pada PLTSa.. tenaga sampah yang amburadul itu...
tenaga ga seberapa..potensi pencemarannya tinggi.

gak usah takut Nuklir..
Ditangan yang benar, tujuan yg benar dan perilaku yang benar.. Nuklir lebih aman dari naik mobil.
  3) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by peregrin pada Juni 25, 2007, 07:29:01 AM

Hoi aQi :-)
"Ditangan yang benar, tujuan yg benar dan perilaku yang benar.. Nuklir lebih aman dari naik mobil."

Pembangkit listrik tenaga nuklir memang sebenarnya aman, asal benar2 disiplin soal pengamanan dan maintenance. Masalahnya, di Indonesia apa bisa? Lha selama ini, banyak fasilitas publik yang maintenance-nya tidak diperhatikan, walaupun ide awalnya bagus.


4) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by  pada September 21, 2007, 02:42:47 AM

aslm,,
knalin org awam,mhsw baru unja fkip fiska dari unja..
wah, kk2 ITB mhon bimbingannya ttg dunia sains..
dan klo blh saya brtnya n skalian diskusi, y mngkin dasar bgt bg civitas ITB..

ttg nuklir trus trang bru bljr d sma kls 3 pd fiska inti,, nah ad literatur klo Rx.nuklir bs trkndali mka qt g bkalan heboh sm si Radiasi,, di itb sndiri ad tdk pnlitian utk rx.inti trkndali tsb

syukran qobla wa ba'da
5) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by  pada November 01, 2007, 08:09:15 AM

Setahu saya pembangkit listrik tenaga nuklir sekarang ini (dan dari dulu) tidak memanfaatkan radioaktif yang dipancarkan dari unsur uranium. Tapi memanfaatkan energi dari reaksi fisi atom uranium dan sekarang dalam tahap pengembangan adalah reaksi fusi dari isotop hidrogen.

Gmn nih ITB...
6) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by lovianettesherry_gonz pada April 17, 2008, 09:36:10 AM

halo..aku siswi dari SMA Gonzaga Jakarta..yang gak tau gakpapa....

yang namanya ledakan nuklir itu bukannya terlontarnya neutron yang tidak stabil dari inti atom karena dapat energi,dia lepas lalu menumbuk inti atom lain..inti atom lain melepaskan neutron lagi..dan reaksi rantai itu bernama nukilir??hehe,saya belom belajar nuklir sih...

kalo teknologi bom hidrogen itu nuklir juga bukan??
7) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by  pada April 22, 2008, 10:41:06 PM

halo..>! wah..d lama gak login nih
nuklier...boleh2 mendingan pake nuklir kali ya daripada pake minyak bumi trus, ntar kan abis, klo nuklir kan jauh lebih awet.
Tapi apa pemerintah bisa ngejaganya ya....?
(waduuh...nuklir aj ak blom knal..., ntar deh dipelajarin)
8) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by Yajo pada Juni 03, 2008, 05:25:01 AM

hha, org baru,ni.
ank smp FH,.
segitu fungsionalnya nuklir, apa msh ada yg blm diketahui dr nuklir yg bikin penggunaan nuklir masih terbatas?
atau karena ada efek samping lain yang jauh berbahaya?
9) Re: Nuklir? Hii.. Takut
Comment by ravarafael pada Juni 20, 2008, 01:10:16 AM

manfaat nuklir yang dijelaskan diatas bener-bener membantu tapi bagaimana dampak radioaktif atau kebocoran radiasi.....................?
  10) Re: nuklir
Comment by Adit Mbek pada Agustus 27, 2008, 07:31:33 AM

Yang terpenting, bagaimana mengolah limbahnya? Apakah sudah dipikirkan? mau dibuang di Bantar Gebang?? yang bener  aja....
  11) Re: nuklir
Comment by Alpha hambally Armen pada Oktober 09, 2008, 12:18:10 PM

kalo nuklir ya, bagaimana kalo kita lihat iran, negaranya mengembangkan nuklir, tapi dituduh macam-macam, padahal negara iran sedang mencanangkan apa yang anda uraikan tadi
  12) Re: nuklir
Comment by darklord823 pada November 18, 2008, 11:59:25 AM

memang bener kita gak perlu takut sama yang namanya nuklir, tapi takutlah pada radiasi yang tinggi akibat peluruhannya.
reaktor nuklir adalah salah satu cara bagi kita untuk mengatasi kelangkaan energi, dan ini juga akan mengurangi ketergantungan kita terhadap bahan bakar fosil, sekaligus mengurangi kontrol amerika terhadap negara kita.
namun apakah indonesia siap untuk membangun rekator nuklir?
kesiapan mengenai pembangunan rekator nuklir jangan ditinjau dari segi ahli nuklirnya saja. tapi juga dari mental orang-orang di indonesia, terutama pejabat-pejabat yang berwenang. kecelakaan di chenobil kalau ditinjau lagi sebenarnya lebih karena mental manusia yang menangani pembangunannya, ada korupsi dalam pembangunan berakibat berkurangnya syarat kontruksi aman. dan tidak perlu diragukan lagi indonesia jagonya kalau soal yang satu ini.
penuh rasa takut karena tidak percaya, itulah yang menjadi masalah dalam pembangunan reaktor nuklir di indonesia. ditambah lagi masalah di tubuh PLN yang tentunya berpengaruh terhadap pembangunan reaktor ini.
mungkin saya agak asal bicara, tapi memang begitulah kenyataannya.
kita harus optimis, tapi kita tetap harus hati-hati.
  13) Re: nuklir
Comment by mark.one27 pada Januari 17, 2009, 08:46:53 PM

Ngomong-ngomong perkembangan terbaru dari PLTN Muria gimana yahh?
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.