Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 23, 2020, 09:06:27 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139599
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 43
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB  ForSa on Twitter

Secara umum, kondisi pergulaan nasional, paling tidak, memiliki tiga persoalan utama. Pertama, rendahnya harga beli gula bagi produksi petani karena rendahnya harga gula dipasaran dunia. Kedua, rendahnya produktivitas pabrik gula dan banyak yang tidak efisien. Ketiga, perkembangan industri gula nasional terus merosot. Produksi gula di Indonesia mengalami penurunan pertahunnya sebesar 2,14% atau 44.328,695 ton. Sedangkan perkembangan konsumsi gula di Indonesia meningkat dari tahun 1991/1992 sampai tahun 2000/2001 sebesar 2,03% atau 61.186 ton. Kedua faktor tersebut memicu kenaikkan trend impor gula di Indonesia per tahunnya sebesar 11,94% atau 116.535,839 ton.

Sumber utama gula di Indonesia saat ini adalah tebu (Saccharum officinale) yang sekarang produktivitasnya menurun disebabkan oleh perubahan iklim di Indonesia yang tidak menentu. Jika hanya mengandalkan produksi gula dari tebu, penurunan produksi gula akan terus turun dan impor gula akan terus meningkat. Maka dari itu, diperlukan sumber produksi gula selain tebu yang dapat menjawab tantangan masalah perikliman dan situasi produksi industri yang ada di Indonesia saat ini.

Caryota mitis Lour. (fish-tail palm) memiliki kandungan sukrosa yang sangat tinggi pada air bunganya, yaitu sebesar 83,5 %. Karena hanya memanfaatkan bunganya saja, Caryota mitis dapat dikelola sebagai tanaman perkebunan, seperti halnya kelapa sawit, yang dapat dipanen terus-menerus selama waktu reproduktif pohon tersebut. Hipotesis kami adalah air bunga (nira) pada Caryota mitis Lour. dapat digunakan sebagai sumber gula alternatif pengganti tebu.

Proses untuk mendapatkan sukrosa murni dari air bunga pohon tersebut dapat dilakukan melalui proses ekstraksi air bunga, pengendapan kotoran, pemurnian air gula & pemisahan dari kandungan senyawa lainnya, kristalisasi dan dilakukan penyimpanan untuk selanjutnya diproses menjadi kristal gula murni.

Keberhasilan introduksi sumber gula yang satu ini akan menjadi wacana baru dalam perkembangan bio-industri skala nasional sekaligus menjawab tantangan kebutuhan salah satu komoditas pangan terpenting baik di Indonesia maupun dunia.
Share on Facebook!Share on Twitter!Reddit

Articles dalam « Biologi »

Tanggapan: * 17

  1) Re: Sumber gula baru
Comment by Maulina pada Oktober 21, 2008, 11:36:19 AM

Bisa untuk bikin Nata ndak ya?
  2) Re: Sumber gula baru
Comment by jubdil pada Oktober 26, 2008, 04:22:55 AM

emang nata itu apa an sih...
  3) Re: Sumber gula baru
Comment by na9a5h1 pada Oktober 27, 2008, 09:43:08 AM

Sudah pernah coba dibuat belum gulanya?
kira2 kalo dibikin dalam skala besar nantinya apakah
harga bisa bersaing dengan gula yang sekarang ini beredar?
  4) Re: Sumber gula baru
Comment by Quyan pada November 04, 2008, 04:42:05 AM

b!sA gak Pros3s pambuatan gula tersebut
meNg6uNak4n CaRa TraDitioNaL?????
  5) Re: Sumber gula baru
Comment by 42k4 pada November 05, 2008, 04:28:45 PM

Caryota mitis Lour tu kalo di indonesia tanaman apa ya??

kok ane bingnug.

jangan2 itu dah dkelola seara tradisional, hanya pemerintah yang "kurang" melek ato memang gk mau...

thanks for your reply before.

salam kenal dari 42k4
6) Re: Sumber gula baru
Comment by  pada November 10, 2008, 06:07:56 AM

ada ga' ya bahan pemanis yang alami n aman buat penderita diabet,
plus harganya terjangkau...?
  7) Re: Sumber gula baru
Comment by saevul pada November 15, 2008, 09:25:34 AM

Bila dilihat dari proses biokimia, setiap senyawa dapat menjadi senyawa lain. Begitu juga gula disini. Gula merupakan bagian dari karbohidrat yang bisa diperoleh dari berbagai macam sumber. Oleh karena itu, sebenarnya banyak bahan makanan lain yang bisa digunakan sebagai penghasil tebu pengganti gula, hanya saja butuh sedikit proses lebih lanjut untuk mendapatkannya.
Perlu diingat juga, apabila kita tertarik pada suatu hal, janganlah berlebihan.... seperti ....mungkin.... adanya proyek penanaman pohon jarak sejuta hektar untuk produksi bahan bakar.... atau proyek lain.... Jangan sampai kita hanya fokus pada satu spesies, tapi lupa spesies lain. Dengan adanya pengubahan lahn besar-besaran dapat mengubah ekosistem yang dampaknya sangat banyak baik disadari atau tidak.m Lihat saja proyek-proyek besar yang tidak memperhatikan konsep keseimbangan ekosistem, bagaimana dampaknya?
Salam kenal!
Saevul Amri, Mahasisa Biologi Indonesia
Maaf, atas ungkapanku ini yang mungkin tidak beralasan......
8) Re: Sumber gula baru
Comment by pai99 pada November 24, 2008, 04:33:13 AM

maap baru bales,,
iya niy, setelah saya teliti dan saya aplikasikan
caryota mitis ni adalah pohon,,hehe,,yang bisa di tanam di seluruh wilayah di indonesia, dari pantai sampai pegunungan
butuh gambarnya tak?

obat untuk diabetes,,makan fruktosa aja, yang glukosa nya dikit
klo cuma sebagai pemanis aj
klo butuh asupan glukosa ya makan karbohidrat

engga,, blon ada yang ngelola..
masih tumbuh di hutan
atau dapat ditumbuhkan di pot2 kita sebagai tanaman hias..

tertarik??
9) Re: Sumber gula baru
Comment by hasyim pada November 29, 2008, 09:37:37 PM

kenapa harus bingung...
kan ada Stevia....
malahan manisnya lebih manis dari gula dipasaran lho.....
aman dan banyak manfaatnya lg.....
coba aj cari sndri...gampang kok nyarinya...
eit ya lupa....yang digunain daunnya lhooo....
coba aj teman2 makan daunnya terasa manisssss bgt....
10) Re: Sumber gula baru
Comment by pai99 pada November 30, 2008, 06:19:27 AM

iya bener,,
tapi ga bisa diproduksi masal, bakalan mahal uy
lagian ga bisa adaptasi secara baik di berbagai kondisi lingkungan..

klo caryota,, lumayan laah.
  11) Re: Sumber gula baru
Comment by buddy pada Desember 02, 2008, 01:19:02 AM

diversifikasi gula gula emang harus mulai digalakan!!!
  12) Re: Sumber gula baru
Comment by wynne pada Maret 06, 2009, 04:12:06 AM

cool bung.....

itu kren bgt,......
sudah di informasikan atau diumumkan belum??
biar orang-orang tau tuh about penemuannya.....
kalau perlu di kasih tau tuh media massa, koran ato tv.....
  13) Re: Sumber gula baru
Comment by Fiary pada Maret 16, 2009, 02:14:13 AM

klo ini bisa digunakan dalam jumlah besar,dan mudah untuk dikembangbiakkan, bukan tidak mungkin negara kita bisa mengekspor gula ke negara-negara tetangga, ya gak?Berarti dari sektor salah satu sembako kita bisa menghasilkan devisa untuk negara,pertanyaannya bagaimana cara pengembangan tanaman jenis ini, dan pemasarannya?bisa gak klo dikultur jaringan?
  14) Re: Sumber gula baru
Comment by KagoMe pada Oktober 20, 2009, 07:22:18 AM

Hmmm Amazing,,, Klo dibanding dengan gula biasa yang dr tebu itu lebih efisien yang mana?? dari segi pengolahan maupun konsumsi bagi masyarakat??
  15) Re: Sumber gula baru
Comment by Sochi pada Oktober 21, 2009, 01:03:51 PM

Ada yang tau ndak
Kalo gula a.k.a. sukrosa, pada zaman kejayaan Islam dinasti Abbasid, yang tenar dengan ilmu kedokterannya 100 tahun lebih maju saat itu,
Ternyata gula dijual hanya di apotik!
Boleh dibeli hanya oleh dokter, atau dengan resep dokter
Maaf kalau kesannya kontradiktif
But it's truth
I've a responsibility to tell it
Coba cek di buku karya Dr. Nancy Appleton yang judulnya 'Suicide by Sugar'
Isinya ulasan 143 efek sukrosa yang merugikan kesehatan
Yah
Menurut saya
Hidup sehat aja dah cukup, ndak repot
Nenek moyang kita ndak makan gula tiap hari
Dan ndak pusing kalo ndak ada gula
Dan hidup adem ayem tata tentrem karta raharja
Mending lahannya buat reforestasi
Seperti kata Bang Saevul Amri
Save our mother earth, our shared home!
  16) Re: Sumber gula baru
Comment by Ray_Mon pada Januari 17, 2010, 02:31:04 AM

gula dari bunga ???
  17) Re: Sumber gula baru
Comment by wibi pada Maret 21, 2010, 09:12:52 AM

ide bagus, tapi nggak banyak orang percaya sama kwalitas gula dalam negri dan nggak ada yang berinisiatif bwat bikin pabrik yg efisien
Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan tanggapan.