Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 02, 2024, 10:57:06 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 67
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

bagaimana membuat infrared difungsikan sensor jarak

Dimulai oleh bayupraja, November 15, 2010, 06:19:13 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

bayupraja

gan mau nanya, gimana cara buat rangkaian tranciver ir dan reciver photodioda biar bisa bisa deteksi jarak lewat frekwensi 40khz

maaf pertanyaannya sederhana ,,masi newbie... mohon pencerahannya

insan sains

Ini berhubungan dengan waktu "tembak" si transmitter sampai diterima kembali si receiver. Hasilnya dibagi dua lalu dikalikan dengan konstanta cepat rambat bunyi di udara.


[       ]<----------- kiriman sinyal ----------- [transmitter]
|objek|
[       ]------------- pantulan sinyal --------> [receiver]

        |<-------------- jarak objek ---------->|


Intinya begini :
1. Hidupkan timer
2. Tembakan sinyal dari transmitter
3. Matikan timer saat sinyal terbaca receiver
4. Rumus : Jarak = 1/2 x (waktu terukur) x cepat rambat suara

Karena sensor yang digunakan berfrekuensi 40KHz, maka kita bisa berasumsi bahwa sinyal dibawa oleh sinyal ultrasonic dimana kita ketahui secara matematis, besar cepat rambat suara adalah senilai 340 m/s.
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Ayzul

gan .,, mw tanya.,, klo cara trus cara nukur jarak kan pake kecepatan rambat suara kan.,,

pa nggak ada pengaruhnya tuh antara frekuensi sensor dg cepat rambat suara??
atau emang cepat rambat suara itu uda konstan 340m/s aja.,,????

mohon pencerahannya.,, :)
Bukankah Sesuatu yang belum ada bukanlah berarti tidak ada,
sainslah yang mampu membuatnya.

adisae

sinyalnya pake apa si? ??? kok kecepatan rambatnya sama ama kecepatan suara? ??? ???

insan sains

Ups... maaf. Baca-nya keburu-buru. Ternyata yang ditanyakan soal infrared.

Prinsip kerja infrared dalam pengukuran jarak berbeda dengan sensor ultrasonik yang menggunakan waktu pantul gelombang bunyi karena waktu pantul cahaya jelas terlalu singkat untuk dapat diukur. Kita tahu kecepatan cahaya itu 300.000.000 m/s. Artinya dalam 1 microsecond cahaya merambat sejauh 300 meter.

Setahu saya pengukuran jarak menggunakan cahaya ada banyak metode yang digunakan :
- time of flight measurement
- phase shift methode
- interferometer
- triangulation. Sudut pantulan sinar infrared akan berubah sesuai jarak sensor dengan objek. Dan ini yang paling banyak digunakan pada sensor-sensor elektronik saat ini.



Makanya untuk memperoleh tingkat akurasi yang tinggi, pada bagian receivernya dipasang chip sensor CCD (charge-coupled device) yang digunakan untuk mendeteksi pergeseran fasa (pantulan sinar infrared).
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

insan sains

Kutip dari: Ayzul pada November 16, 2010, 12:42:19 AM
atau emang cepat rambat suara itu uda konstan 340m/s aja.,,????

Ini pelajaran Fisika dasar. Kalau mau dirunut rumus matematisnya, kurang lebih begini :

Kecepatan suara di udara kering pada ketinggian yang rata dgn permukaan air laut, dan memiliki tekanan udara 1 atm adalah sebesar :
Ct = 19,86 x sqrt(T + 273,16)

dimana T adalah temperatur. Jadi jika temperatur sebesar 27 derajat celcius. Maka Ct akan senilai 344,08 m/s

Link untuk teori tentang kecepatan cahaya di udara ini bisa dilihat di sini : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

proboaji

frekuensinya 40khz ya,,nah untuk pembangkit frekuensi yang menggunakan IC LM567 (tone decoder) apa bisa menghasilkan sampai 40 khz??? kalau bisa, rangkaiannya bagaimana ya?? soalnya saya cari2 di segala penjuru internet masih belum dapat jawaban yg memuaskan. Semoga saya mendapatkannya disini.. Mohon bantuannya..


tukang.patri

Pake sensor remote TV / VCD, golongan TSOPxxxx, nah si sensornya punya bandwith frekuensi di 38kHz, ada juga yang 40kHz, tergantung type, kita tinggal bikin osilator dengan frekuensi itu. Makin MATCH ke frekeunsi kerja, makin jauh jarak pantulnya, makin TIDAK COCOK, makin dekat, coba dieksperimen, dari 20kHz sampai ke 38kHz atau 40kHz, bikin gelombang kotak dengan frek. tersebut,
Hak Cipta Hanya Milik Alloh

Too Payz

Kutipmakasih pencerahannya
Udah bisa deteksi jaraknya ?
Gimana tuh ?
Penasaran juga ?

Klo yang kutahu si dengan menggunakan intensitas cahaya aja.
Bisa dengan DAC atau PWM, bisa menggunakan prinsip pantulan atau pancaran langsung.
Tapi masih lom jelaasss...

;D   ;D

cocack


paddi9

Setau saya tidak boleh ada hambatan kalo sensor InfraRed