Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 05, 2022, 07:06:05 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,637
  • Total Topik: 10,394
  • Online today: 56
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Programable Logic Contoller (PLC)

Dimulai oleh cartiman, Maret 20, 2009, 10:23:10 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

cartiman

Programable Logic Controller (PLC) banyak di gunakan di indutri-industri yang memproduksi barang secara otomatis, mulai dari industri kecil sampai indutri besar. Dengan adanya PLC di industri dapat memperingan pekerjaan manusia, karena PLC dapat mengerjakan pekerjaan yang belum tentu manusia dapat mengerjakannya. Yang tentunya pekerjaan yang akan di kerjakan oleh PLC di program terlebih dahulu mengikuti alur/cara kerja yang telah di tentukan.

Agar PLC bekerja mengikuti alur yang kita tentukan maka dibutuhkan Program Ladder.

orker

nambahin bos...

plc itu inti nya sensor (input) sama kontrol (output)...

kalo memproduksi barang secara otomatis bener pake plc, tapi lebih ke robotik, pake pneumatik dengan timing yang tepat bisa di lakukan tanpa pake plc, pake kontaktor2 doang juga bisa...

cartiman

#2
Benar Apa yang di katakan oleh Orker, untuk proses otomatis bisa menggunakan relay, kontaktor, timer , dan temen-temennya, Tapi itu untuk alur proses kerja yang sederhana.

kalau untuk alur proses yang Komplek / rumit sebaiknya mengunakan PLC, kalau lebih Komplek lagi yah sebaiknya menggunakan CNC atau Robot, atau PLC dan Robot dan seterusnya tergantung Alur Proses kerjanya.

Kebanyakan Untuk mesin yang digunakan untuk proses produksi di industri adalah PLC, CNC, dan Robot. Karena PLC, CNC dan robot dapat dengan cepat di rubah alur prosesnya.

cartiman

#3
Tambahan dikit untuk perancangan sistem otomasi :
Untuk Alur Proses kerja yang Rumit/Komplek dan Gampang di ubah alur prosesnya dengan harga murah, sebaiknya menggunakan PLC

juppon

mo nambahin juga, gue selama ini bisa ngatasin otomatisasi di mesin progessive dies cuman pake kontaktor,relay,timer n bla bla.. mnurut gue isinya PLC sebetulnya ya sperti kontaktor,relay dll yang dimampatkan dan bisa diprogram ulang, ga seperti rangkaian manual yang klo udah jadi rangkaiannya cmn untuk satu aplikasi aja..

tpi kalo mo nambahin photo sensor bisa juga ga? apa photo sensor cmn bisa dipasang di PLC? kira 2 ada ga yah photo sensor yang pake tegangan 220 ? ato sensor2 lain kiranya bisa dipasang di rangkaian manual
mohon pencerahannya juga..
There's no power without knowledge (Mortal Kombat)