Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 18, 2021, 12:55:28 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 34
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Prinsip Kerja Meteran Air  (Dibaca 44535 kali)

0 Anggota dan 4 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline goe_GIE

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
Prinsip Kerja Meteran Air
« pada: November 22, 2008, 08:54:03 AM »
rekan -rekan forum sains mohon informasi tentang meteran air mohon diberikan juga referensi penunjangnya seperti ebook atopun karya ilmiah mengenai hal tersebut.. sebab prinsip tersebut mirip sekali dengan Tugas Akhir saya terima kasih...

Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #1 pada: November 24, 2008, 10:50:33 AM »
meteran air atau di tempat saya kerja namanya Flowmeter..., prinsip kerjanya: terdapat 2  buah media/plat yang saling berhimpitan. salah satu plat memiliki poros yang di hubungkan dengan gear yang telah diatur sedemikian rupa, sehingga angka yang keluar menjadi akurat sesuai dengan volume yang melewati flow meter.

nanti saya coba lihat manual book nya.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #2 pada: November 24, 2008, 10:48:21 PM »
kira-kira meteran air dari PAM dikalibrasi ato tidak?

Offline goe_GIE

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #3 pada: November 27, 2008, 09:25:38 AM »
mas bisa dikirim tdk manualnya nanti biaya saya ganti bila hardcopy. kl soft copy di lampirkan disini saja biar rekan2 forum bs memperoleh pengetahuan

Offline boy.horor

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 2
  • Iam Horor
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #4 pada: November 30, 2008, 02:15:33 PM »
kira-kira meteran air dari PAM dikalibrasi ato tidak?

kalo meteran air dari PDAM yang dipasang dirumah2, tidak dikalibrasi  :kribo:

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #5 pada: Desember 01, 2008, 03:13:17 AM »
Bongkar dulu yang punya tetangga ahhhhh....  ;D
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #6 pada: Desember 02, 2008, 03:39:06 AM »
setaip meteran pasti sudah di kalibrasi..., hanya saja, semakin lama di gunakan, keakuratan nya semakin berkurang, karena faktor gesekan(aus),

hard copy nya kebetulan hanya instruction manual nya aja.., klo penjelasan detil sih ga ada.., tapi yang jelas, prinsip nya sangat sederhana, bahkan kalo di meteran air PDAM hanya berupa seperti kincir..., yang di posisikan horizontal.., poros kincir di hubungkan dengan gear yang di atur sedemikian rupa sehingga banyaknya air yang keluar akan terbaca dengan akurat.., toleransi 0,5-1 %.
 jarak antara dinding meteran dengan ujung kincir hanya 0,5 - 1 mm. sehingga jika ada kotoran yang masuk, pasti akan nyangkut tu kincir nya, sehingga air yang mengalir menjadi kecil, bahkan tidak sama sekali.

jadi bagi yang pake air PDAM, jika air cuma netes saat  kran air di buka, bisa jadi tu ada yang nyangkut di meteran...., kalo ga di segel ya tinggal buka aja..., ;D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #7 pada: Desember 02, 2008, 04:34:05 AM »
@jupiter :
Jadi kayak mesin counter lagi yah?
ketika ada debit air, maka kincir tersebut menggerakkan gear yang difungsikan sebagai mesin hitung. Wah.. kalo begitu bisa diakalin dong supaya tagihannya bisa murah...  ;D

*Hahaha... otak jahat..!*

Penjelasan yang cukup menarik dari Jupiter. Ayo.. ayo.. ada lagi yang lebih faham seluk beluk meteran air PDAM?

Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #8 pada: Desember 03, 2008, 10:07:36 AM »
Kutip
Jadi kayak mesin counter lagi yah?
ketika ada debit air, maka kincir tersebut menggerakkan gear yang difungsikan sebagai mesin hitung. Wah.. kalo begitu bisa diakalin dong supaya tagihannya bisa murah...

bisa di katakan seperti counter, hanya saja counter memiliki stak.
 ;D bisa aja..., tanpa berniat mengajari..., tinggal di buka aja, trus potong tu bagian ujung kincir pake cutter lebih kurang 3mm, dengan demikian jumlah air akan lebih banyak keluarnya di banding angka yang tertera pada meteran. meteran air tetap berputar, hanya saja tidak lagi akurat, sehingga bayar air lebih murah.., ;)

tapi saran saya jangan di lakukan, karena itu termasuk pencurian air. bagi umat muslim sangat tidak baik, apalagi jika di gunakan buat wudhu, kan ga di terima tu shalatnya. hehehe...

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #9 pada: Desember 03, 2008, 10:57:10 AM »
hahaha.. Jupiter ngebocorin juga...

Woi sodara2... bukan saya yang ngasih tahu ya.... hihihihi...  ;D  ;D

peace... peace...

Tapi setidaknya mendorong PDAM untuk mendevelop kembali meteran airnya supaya sedikit lebih canggih.  :D [pembelaan]

Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #10 pada: Desember 03, 2008, 11:07:09 AM »
hehehe...., just want to share... ;D, but dont do that..,

setiap meteran kan ada segel nya..., jika mau buka, harus buka segel dulu, dan itu bakal ketauan kalo ada pemeriksaan dari PDAM..., tapi kalo ngotot pengen buka tu meteran..., siap2 deh kena sanksi dari PDAM ..., hehehehe... ;D

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #11 pada: Desember 06, 2008, 07:12:31 AM »
Btw... kalo begitu, konsepnya berarti sama dengan meteran SPBU. Bener gak?

Eh... ada yang punya gambar-gambarnya gak? Supaya lebih kebayang

Offline jupiter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 28
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • be grow as we go
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #12 pada: Desember 09, 2008, 11:03:05 AM »
bisa dikatakan demikian... hanya saja kontruksinya yang berbeda. nanti saya coba foto....

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #13 pada: Maret 12, 2009, 07:09:08 AM »
bisa dikatakan demikian... hanya saja kontruksinya yang berbeda. nanti saya coba foto....
mantap, penjelasannya. ane suka hal2 yang sedikit jahat heheheh

Offline narutocan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 0
Re: Prinsip Kerja Meteran Air
« Jawab #14 pada: Maret 12, 2009, 08:28:52 AM »
wuhh,,, slalu ada aja jlan tuk curangg,,,hehehehe

PDAM jd hati2 donk,,,

bgus jg pnjelasaannya,, q jd sdikit lbih tau  :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
28060 Dilihat
Tulisan terakhir November 22, 2009, 03:03:46 AM
oleh pk3dot
2 Jawaban
9297 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 16, 2010, 09:32:48 AM
oleh 0y1k
6 Jawaban
172842 Dilihat
Tulisan terakhir November 19, 2013, 02:30:07 AM
oleh mogan
0 Jawaban
105165 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2016, 12:29:55 PM
oleh Risalchemistry
1 Jawaban
7572 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2018, 07:19:42 AM
oleh EliEling