Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 13, 2022, 06:49:58 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 35
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

7 Mitos Salah yang Dipercaya oleh Dokter

Dimulai oleh nandaz, Juni 28, 2009, 06:06:52 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

nandaz

....dapat dari forum lain yang menarik untuk diketahui. Budaya populer dipenuhi oleh mitos dan legenda. Sebagian besar tidak berbahaya. Namun ketika dokter mulai percaya dengan mitos, mungkin ini sudah saatnya untuk waspada.Di British Medical journal bulan desember, peneliti telah memperhatikan beberapa kesalahpahaman, mulai dari kepercayaan bahwa seseorang harus minum 8 gelas air per hari sampai membaca di lampu redup akan merusak penglihatan.

"Kami merasa perlu mengangkat hal ini, karena kami tahu bahwa dokter mempercayai hal-hal seperti itu, dan bahkan memberikan informasi seperti demikian pada pasien". Demikian kata dr. Aaron Caroll, asisten profesor pediatrik (spesialis anak) pada Indiana School of Medicine. "Dan kepercayaan seperti ini sering disitasi oleh media populer".
Inilah mitos tersebut, sehingga dapat diinformasikan kepada dokter anda.

Mitos: Manusia hanya menggunakan 10 persen dari kapasitas otaknya.

Fakta: Dokter dan pelawak, seperti Jerry Seinfeld, sering mensitasi pernyataan ini. Ia sering secara sembrono dihubungkan dengan Albert Einstein. Namun scan MRI, scan PET, dan studi radiologi telah menunjukkan bahwa tidak ada area mengganggur (dormant) pada otak. Setelah melihat neuron individu pada sel, ternyata tidak ditemukan area yang inaktif. Studi metabolik mengenai bagaimana sel otak memproses kimiawi tubuh menunjukkan tidak adanya area yang tidak berfungsi. Menurut Caroll, mitos ini kemungkinan berasal dari para motivator kepribadian di tahun 1900an yang ingin meyakinkan audiensnya bahwa mereka belum mencapai potensi mereka secara penuh.

Mitos: Anda sebaiknya minum setidaknya delapan gelas perhari.


Fakta: "Tidak ada bukti medis yang menyatakan bahwa anda memerlukan air sebanyak itu". Demikian kata dr. Rachel Vreeman, peneliti pediatrik. Menurut Vreeman, mitos ini berasal dari tahun 1945, dimana Badan Nutrisi Amerika Serikat merekomendasikan bahwa seorang individu mengkonsumsi cairan sebanyak 8 gelas. Bersamaan dengan berjalannya waktu, kata 'cairan' berubah menjadi air. Namun air yang berada pada buah, sayuran, kopi, dan cairan lainnya seharusnya juga dihitung.

Mitos: Kuku jari dan rambut akan tumbuh setelah kematian.

Fakta: Sebagian besar dokter pada awalnya meyakini hal ini. Namun setelah mereka pikirkan lebih jauh, ini tidak mungkin. Yang terjadi adalah sebagai berikut. "Sewaktu kulit tubuh mengering, jaringan lunak, terutama kulit, mengalami pengkerutan'. Demikian kata Vreeman. " Kuku kelihatan lebih terlihat sewaktu kulit mengering. Hal yang sama juga terjadi dengan rambut, namun tidak terlalu jelas. Ketika kulit menyusut kedalam, rambut terlihat lebih kelihatan di permukaan kulit."

Mitos: Rambut yang dicukur tumbuh lebih cepat, lebih gelap, dan lebih besar.


Fakta: Pada uji klinis tahun 1928 telah membandingkan pertumbuhan rambut di bagian kulit kepala yang dicukur dan yang tidak dicukur. Rambut yang digantikan oleh rambut yang dicukur ternyata tidak lebih gelap, lebih tebal, atau lebih cepat pertumbuhannya. Kajian yang lebih mutakhir telah mengkonfirmasikan hal ini. Inilah yang terjadi. Ketika rambut mulai tumbuh setelah dicukur, ia tumbuh dengan ujung tumpul, demikian penjelasan Caroll dan Vreeman. Seiring dengan berjalannya waktu, ujung tumpul tersebut menjadi semakin tumpul, sehingga rambut menjadi kelihatan lebih tebal. Rambut yang baru tumbuh bisa kelihatan lebih gelap juga, karena ia belum terkena paparan sinar matahari.

Mitos: Membaca di lampu redup merusak penglihatan


Fakta: Peneliti tidak menemukan bukti bahwa membaca di lampu redup menyebabkan kerusakan mata permanen. Ia dapat menyebabkan tegangan mata dan sementara mengurangi ketajaman penglihatan, yang segera akan pulih.

Mitos: Makan Kalkun membuat mengantuk

Fakta: Bahkan Carroll dan Vreeman meyakini hal ini, sampai mereka melakukan riset. Yang dipelajari, ternyata terdapat zat triptofan di kalkun yang menyebabkan ngantuk. Namun kalkun tidak mengandung zat itu lebih banyak daripada ayam atau sapi. Mitos ini didorong oleh fakta bahwa kalkun sering dimakan secara 'kolosal' bersama hidangan lain sewaktu liburan, sering kali dengan minuman keras. Dua hal itu bisa menyebabkan rasa kantuk.

Mitos: Ponsel dilarang digunakan di rumah sakit

Fakta: Tidak ditemukan adanya kasus kematian berhubungan dengan hal ini. Kasus interferensi dengan instrumen rumah sakit biasanya tidak serius, demikian temuan peneliti. Dalam satu kasus, handphone ditemukan telah menginterferensi 4 persen dari instrumen, namun hanya ketika telfon berada dalam jarak 1 meter dari instrumen. Kajian yang lebih baru, tahun ini, menemukan tidak adanya interferensi pada 300 tests di 75 ruang perawatan. "Ketika kami mendiskusikan kajian ini, dokter kelihatan tidak percaya bahwa handphone tidak menggagu instrumen.' Demikian kata Vreeman. "Namun setelah kami memaparkan bukti medis, mereka akhirnya percaya bahwa kepercayaan seperti itu tidak tepat."

Diterjemahkan dari:[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Siapa_saya


sisca, chemistry

ouwhh....
q bru tau tuw....
jdi,,, kita bleh dunkz bca d t4 yg agk glap..?
ortu aq slalu marah klo aq mmbca wktu mti lmpu,, pdhl ad sdikit penerangan lo,..
hihihi..

nah, soal otak kita hny bkrja 10%,,, itu la yg slalu diktakan para guru...
b'arti mreka itu b'mksd bwt memotivasi kta bwt b'usha lbh dunkz???
it artiny,, kita memang ada yg pintar dan ad jg yg kurang mampu???
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Siapa_saya

nah, soal otak kita hny bkrja 10%,,, itu la yg slalu diktakan para guru...
b'arti mreka itu b'mksd bwt memotivasi kta bwt b'usha lbh dunkz???
it artiny,, kita memang ada yg pintar dan ad jg yg kurang mampu???

guru saya ga pernah bilang gitu

sisca, chemistry

ahhh... msak cieh???
gru q sllu aja blng gtu... n ujung2ny mreka bilang, "maka dari itu mari kita tingkatkan krja otak kita ini dgn belajar lbh bersungguh2,, jgn pernah menyerah..."

gitu yg aq ingt... hhe..
krna sering bgt diblng ampe aq pun ingt kata2ny...

emangny kmu kuliah di mana???
jurusan..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

nandaz

..begitulah, termasuk apa yang dikatakan ama om albert juga tidak sungguh2....pernahkah kalian  justru merasa yang lain terlupa saat menghafal sesuatu...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

sisca, chemistry

btul jg tuch...
bru sdar aq...

hhe....
muantap deh...
^^
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Siapa_saya

@sisca, sementara saya belum kuliah, saya rasa kemampuan otak saya tidak cukup untuk kuliah, saya hanya tungu toko orang dan terkadang online (saat toko sepi)

sisca, chemistry

ouwh...
aq jg jaga toko ortu aq...
hhe...

iya,,,
lbh bgus begini,,,
b'bagi wawasan ama org lain...
seru bgtz....
hhe..
^^
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

loser1942

ttg otak kita hanya bekerja 10% itu ada penelitian bilang bener tuh dulu, jadinya yg bener mana nih?




sisca, chemistry

kurang tau tuch....
coba di search lagi...
spa tau ada jwbn yg tpat...

ya khan???
hhe...
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

marshall

makasih om nandaz, buat infonya.

untuk uang no 1, bahkan ada yg mengatakan hanya 1%. di publikasi media lagi..;D

JAKARTA, [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] - Sebagian besar penduduk dunia ternyata hanya memanfaatkan 3 kemampuan otaknya kurang dari 1 persen. Kemampuan itu adalah mengingat, belajar dan berkreativitas.

"Untuk sampai 1 persen orang mesti bisa mengingat 13 deret angka," kata Tony Buzan, pencipta Mind Map, Teknik Pengembangan Potansi Otak dalam acara Educator Sharing Network (ESN) yang diselenggarakan Sampoerna Foundation Teacher Institute di Jakarta, Sabtu (18/4).

Guna membuktikan pernyataannya itu, ia mengajak para peserta yang terdiri dari para guru untuk mengingat 13 deret angka. "Bagaimana? Sulit? Itulah mengapa saya tadi katakan kita masih menggunakan otak kita kurang dari 1 persen," kata pria berkebangsaan Inggris ini.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa proses perkembangan kreativitas otak manusia semakin meningkat seiring dengan pertambahan umur. Namun yang terjadi, sebaliknya.

"Pada usia balita anak belajar kreativitas 95 persen, SD 75 persen, SMP-SMA 50 persen, Mahasiswa 25 persen, dan seterusnya sampai nol. Ini normal tetapi tidak natural," ungkap Tony.

Untuk itu, lanjutnya, peran guru sangat penting untuk menyelamatkan daya kreatif anak didiknya supaya terus berkembang. "Guru mempunyai tanggung jawab dan posisi strategis untuk membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan berkreasi yang merupakan tambang emas dalam diri anak didiknya," kata Tony.

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa di dalam diri anak didiknya terdapat banyak kecerdasan. "Guru harus membantu merawat macam-macam kecerdasan anak didik seperti kecerdasan sosial, daya kreatif, etika, dan juga kecerdasan spiritual," ungkapnya.

Caranya, lanjut Tony, yakni dengan metode mind map. Dengan itu kita dapat mengetahui cara kerja otak kita dalam berpikir dan belajar, berguna untuk membuat catatan, meringkas dan berpikir kreatif. "Mind map adalah bahasa otak kita," pungkas Tony.


ya, mudah2an yg memang ahli dibidang ini bisa meluruskan secepatnya..:D
".............

Siapa_saya

Wah, kalo 100% berarti 1300 digit donk!

sisca, chemistry

emang sesusah itu mengingat angka???
kita aja bisa mengingat 1 buah nmor hp... yg paling tidak ada 12 atau 11 digit...
intinya kan, keinginan kita utk mengingat sesuatu bakalan membuat kita lbh mudah mengingat itu...

tapi kalo emang dipaksa buat diingat dijamin pasti gak bakalan masuk ke otak...
betul tidak???

wkwkwk....
^^
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

nandaz

metode mind map memang bagus, di jepang ada juga para gurunya menguji kemampuan otak siswa SD dalam mengingat dengan cara menulis angka dan huruf sebanyak 9 buah dan menghapusnya setelah 15 detik kemudian, setelah itu siswa ditunjuk satu2 untuk ditanya nomor 5 apa, nomor 3 apa, dan kata ini ada di nomor berapa.....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl