Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 01, 2022, 05:20:09 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 76
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 52
Total: 52

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Agar Otak Tetap Sehat

Dimulai oleh raisuien, Agustus 14, 2009, 11:58:05 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

raisuien

Otak merupakan organ yang sangat penting, terutama dalam kemampuan kognitif. Layaknya otot yang membesar saat dilatih dan mengecil pada saat tidak mendapatkan beban, otak juga akan berkurang kemampuannya jika tidak mendapatkan latihan yang memadai. Salah satu dampak buruk pada orang yang jarang menggunakan kemampuan berpikir adalah penurunan secara drastis kemampuan berpikir saat usia sudah menapak tua akibat proses degenerasi. Untuk menghindari hal tersebut ada langkah-langkah yang dapat dilakukan:
1.Lakukan olahraga yang memadai. Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak, sehingga aliran nutrisi juga dapat terjaga. Dengan demikian, selalu ingat bahwa olahraga merupakan salah satu syarat untuk kesehatan otak.
2.Tetaplah berusaha untuk memiliki hubungan sosial dengan orang lain, baik berupa perkumpulan teman di kantor atau dalam lingkungan rumah.
3.Berpikirlah secara rasional dan positif terhadap masalah. Jika masalah selalu membuat depresi, hal itu juga dapat membawa akibat buruk bagi otak. Dengan demikian perlu dilakukan upaya untuk mengatasi stress.
4.Konsumsi makanan sehat. Hal itu penting, terutama makanan yang banyak mengandung anti-oksidan, folat, dan asam lemak omega-3.
5.Pertahankan kesehatan. Caranya dengan mempertahankan berat badan, menghindari peningkatan kolestrol, menjaga tekanan darah, dan kadar gula dalam batas normal.
6.Jika memang mengalami penyakit, terutama penyakit yang dapat mengganggu otak, misalnya tekanan darah tinggi, diabetes, atau peningkatan kolestrol, konsumsi obat yang dapat mengatasi penyakit tersebut.
7.Istirahat cukup juga berperan dalam membantu kesehatan otak. Setidaknya tidur antara 6-8 jam perhari untuk mengembalikan fungsi otak.
8.Senantiasa berusaha untuk melakukan stimulusterhadap otak. Misalnya saja dengan berpikir suatu hal, berusaha memecahkan suatu masalah, atau berpikir untuk menghadirkan sesuatu yang berkualitas. Hal itu akan memicu otak untuk terus bekerja. Otak yang bekerja akan lebih baik dibandingkan otak yang tidak mendapatkan stimulus.
9.Pada orang yang sudah berhenti dari pekerjaan atau sudah pensiun, jangan biarkan otak tidak bekerja dalam waktu lama. Lakukan kegiatan kecil untuk merangsang otak agar bekerja. Misalnya saja bermain catur, membaca koran atau majalah, menonton acara berita di TV, atau kegiatan lain untuk merangsang otak berpikir.

Selain melakukan 9 langkah di atas, maka untuk menjaga kesehatan otak perlu juga untuk menghindari 4 hal berikut:
1.Hindari minum alkohol, merokok, menggunakan narkoba atau zat aditif lain. Penderita yang sering merasa depresi terkadang merasa nyaman dengan menggunakan obat penenang. Meskipun dokter sudah tidak lagi meresepkan, untuk menghadirkan rasa nyaman, seringkali dia membeli sendiri obat tanpa resep dokter. Hal itu juga harus dihindari.
2.Merasa malas pergi ke dokter jika mengalami masalah mental, misalnya depresi atau masalah lainnya. Jika tidak mendapatkan penanganan yang memadai, kondisi kejiwaan pada akhirnya akan berpengaruh pada otak.
3.Waspadai terjadinya masalah dalam fungsi mengingat atau fungsi kognitif misalnya lupa dengan tanggal lahir pasangan, lupa menaruh kunci, tidak bisa menyelesaikan perhitungan matematika sederhana, dan gangguan lainnya. Meskipun demikian jangan lantas menjadi terlalu khawatir hingga menjadi cemas bila mengalami hal tersebut. Lakukan latihan untuk mengingat hal-hal kecil tersebut, dalam batas tertentu otak dapat dipaksa untuk mengingat. Latihan itu dapat membantu merangsang otak.
4.Mengurung diri di dalam rumah dan tidak bersosialisasi dengan orang lain juga dapat membawa akibat buruk bagi otak. Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain dapat merangsang otak bekerja.

asma

Kutip3.Waspadai terjadinya masalah dalam fungsi mengingat atau fungsi kognitif misalnya tidak bisa menyelesaikan perhitungan matematika sederhana, dan gangguan lainnya. Meskipun demikian jangan lantas menjadi terlalu khawatir hingga menjadi cemas bila mengalami hal tersebut. Lakukan latihan untuk mengingat hal-hal kecil tersebut, dalam batas tertentu otak dapat dipaksa untuk mengingat. Latihan itu dapat membantu merangsang otak.
ka raisuien,gmn sih cra y buat inget2 tn tntng pelajaran?
trs klo guru nerangn,sy kan udah ngerti,tp nanti klo d plajaarin lg engga ngerti2 lagi.gimana dong? :( :(
tolong dong tips2 y?Mohon bantuan y........... :) :) :)
[move]Many people will walk in and out of your life.But only true friends will leave footprints in your heart." ^-^" [/move]

raisuien

@asma
klo nginget pelajaran tergantung dari diri sendiri..
perhatiin ja jk guru sedang menjelaskan..
klo masih agak susah...
ubah cara belajar, misalnya belajar kelompok
atau bisa jg, dgn cara membuat catatan kecil tentang apa yg guru kamu jelaskan...
klo bisa kamu rekam apa yg guru jelaskan...

semoga bisa membantu ^^

klo ada yg saran yg lain mohon bantuannya... ^^
thanx.. ^^

sisca, chemistry

konsentrasi,,,,
jgn mikirin yg laen2,,,,
pxti bisa,,,
;D
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

hahaha point 7 katanya suruh tidur 8 jam tapi postingan sebelumnya jangan tidur lama-lama kalo gak pendek umur

sedangkan point ke 3 sama 4 yang terakhir gw banget tuh tapi bukan soal matematika ataupun contoh lainnya seperti diatas. cuma lupa tanggal orang lain dan gw ultah, trus lupa  taruh barang gw pada hari sebelumnya ato minimal 1 jam tapi pas mikir-mikir rekap ulang kejadian tau dimana tuh barang ... nah yang gini ikut apa gak ? ;D

@asma kalo gak coba buat video si guru ngajar ato minimal suaranya waktu ngajar + ato bayangin aja yang kamu pelajarin dengan cara kamu sendiri

raisuien

@ginji
kan 6-8 jem
klo terpaksa 8 jem... gpp kan...
^^
klo masih rekap trus taw masih gak parah2 amatlah...
temen aku ja ada yg ampe lupa taruh barang d mana...
padahal dia lagi megang..
^^

sisca, chemistry

hha,,,
mami aq aja sering lupa,,,,
lupa mo ngapain,,,,
hha,,
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

Kutip dari: raisuien pada Agustus 23, 2009, 10:54:55 PM
temen aku ja ada yg ampe lupa taruh barang d mana...
padahal dia lagi megang..
^^

hahaha kalimat ini gw juga pernah ;D

spirulinamanfaat

Caranya gimana ya ? Saya sepersekian detik juga bisa lupa, hehe