Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 05:25:37 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Anak susah makan....

Dimulai oleh Huriah M Putra, Maret 18, 2010, 08:05:44 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Huriah M Putra

Yaak...
Apa anak umur 8 tahun selalu mengalami 'susah makan'? Mengapa..?
Gimana penanganannya..? Apa suplemen yang dikatakan meningkatkan nafsu makan anak berefek?
GImana cara kerjanya..?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

syx

cabe katanya bisa merangsang nafsu makan...

nandaz

..suruh saja giat belajar dan melakukan kegiatan positif lain, maka nafsu makan seseorang pasti normal...mungkin anak itu sering main kali. ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

arydhamayanti

ikutan yaa... mungkin karena anak2 kecil suka makan makanan kecil yang manis-manis seperti permen atau coklat. lapar kalau gak salah disebabkan karena kurangnya kadar glukosa dalam darah. karena anak2 banyak mengkonsumsi gula, jadinya gak merasa lapar, dan jadinya gak nafsu makan.
[move]jadi begitu yaa... hmm...[/move]

sisca, chemistry

kasi makan makanan yg dia suka lo.. kwkwkwk~
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

syx

Kiat Hadapi Balita Susah Makan

KOMPAS.com - Balita susah makan atau makan sedikit tapi tidak dihabiskan merupakan masalah nutrisi yang sering dihadapi para ibu. Padahal, nutrisi yang tepat sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Rina Poerwadi dari Mom Can Cook, kelas memasak, mengatakan, setiap hari para ibu dihadapkan masalah anak yang sulit makan atau selalu ingin jajan di luar. "Anak-anak zaman sekarang mendapat banyak stimulasi dari luar, seperti dari restoran, televisi, iklan, atau film, sehingga tantangan para ibu menjadi lebih besar," katanya.

Rina menjelaskan, memasak dan menyiapkan makanan sendiri bisa dilakukan oleh para ibu untuk memastikan menu yang dikonsumsi anak bergizi. Para ibu bisa mencoba membuat sendiri makanan yang disukai anak di restoran. Misalnya burger atau pizza namun diisi dengan lebih banyak sayur.

"Triknya adalah meng-entertain anak dengan penampilan visual dan rasa makanan karena itu ibu juga harus kreatif dalam penyajian dan memilih variasi rasa," papar Rina. Ia menambahkan, anak yang sejak kecil terbiasa dengan makanan bervariasi pada umumnya tidak memiliki masalah dengan pola makan di usia dewasa.

Bila anak tidak suka makan sayur, ibu bisa menggunakan air rebusan sayur untuk diolah menjadi kuah sup atau memblender sayur. Demikian juga halnya dengan susu. "Banyak makanan enak yang bisa dibuat dari susu, misalnya puding, milkshake, atau kue-kue," paparnya.

Rina memberikan kiatnya agar porsi makanan anak dibuat dalam ukuran kecil. "Selain wadah yang menarik, sajikan makanan dalam porsi kecil, misalnya dipotong kecil," ujarnya.

Karena kapasitas lambung anak juga masih kecil, sebaiknya jadwal makan dilakukan lebih sering dengan porsi makan sedikit.

syx

Menyiasati Anak 'Picky Eater'

KOMPAS.com — Anak Anda sulit makan? Jangan dianggap sepele. Jika berat tubuhnya tidak bertambah sesuai batas rata-rata anak seusianya, orangtua tak perlu terlalu khawatir, namun tetap harus diperkenalkan dengan gizi seimbang. Namun, bila nafsu makan anak menurun, harus dicari tahu penyebabnya. Apakah karena ada masalah pada pencernaan, atau hal lainnya.

Problema makan pada anak bisa berakibat buruk pada tumbuh kembangnya. Sedikitnya makanan yang masuk ke dalam perutnya bisa menjadi indikasi bahwa anak berpeluang menderita kurang gizi. Indikator status kurang gizi dicerminkan oleh berat badan atau tinggi badan di bawah standar.

Bisa disiasati
Jika kebiasaan anak memilih makanan bukan karena masalah penyakit, yang paling mudah adalah dengan mengevaluasi menu yang dibuat untuk anak, jangan memasak yang itu-itu saja, variasikan menu makanan untuk anak, cari resep-resep dari buku-buku, koran, majalah, dan internet. Orangtua harus turun tangan mencoba sendiri resep-resep tersebut.

Orangtua seharusnya menyediakan makanan yang mengandung energi, karbohidrat, lemak, dan protein, serta vitamin. Tanpa vitamin, maknaan yang diasup tidak akan optimal diubah menjadi energi. Seluruh faktor ini diperlukan untuk pembentukan otot, tulang, sel-sel organ, serta membantu penghantaran informasi di otak.

Kalsium dan protein merupakan zat gizi kunci untuk pertumbuhan fisik anak karena sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan otot. Protein juga dibutuhkan untuk perkembangan fungsi otak sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif anak.

Picky eater sendiri sebetulnya bisa disiasati. Kuncinya ada pada orangtua dan pengasuh anak. Misalnya, sejak anak berusia 6 bulan, orangtua atau pengasuh anak mulai memberikan makanan padat. Nah, masa perkenalan ini harus terus-menerus dicoba dan dilakukan. Jangan misalnya baru sekali anak menolak makan sayur, terus tidak dicoba lagi. Bisa jadi, pada upaya yang kelima, baru anak mau makan sayur. Orangtua juga harus kreatif mencari pengganti dari jenis makanan yang tidak disukai anak. Pola makan seimbang mengharuskan adanya karbohidrat, protein, lemak, ditambah sayuran dan buah. Kalau anak tidak mau makan nasi, bisa diganti dengan roti, kentang, atau pasta. Itu untuk karbohidratnya.

Atau kalau anak enggak suka ikan, bisa diganti daging dan sebagainya. Siasati juga penyajian makanan untuk si kecil. Misalnya, membuat sendiri bakso, kemudian di dalamnya dimasukkan wortel atau brokoli yang sudah dihancurkan dengan blender.

Perhatikan pula jam makan anak, jangan memberikan susu atau selingan makanan yang manis-manis mendekati waktu makan. Buat jadwal yang teratur dari pagi menjelang tidur, dengan antara 2-3 jam. Jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Mungkin dia sudah merasa kenyang.

Jangan lupa, jadikan waktu makan sebagai hal yang menyenangkan serta selalu memberikan contoh pola makan yang baik.

Astrawinata G

Kutip dari: syx pada Juni 09, 2010, 05:32:08 PM
Kiat Hadapi Balita Susah Makan

Bila anak tidak suka makan sayur, ibu bisa menggunakan air rebusan sayur untuk diolah menjadi kuah sup atau memblender sayur.

yang ini tujuannya untuk mengambil vitamin larut airnya ya Om Mod? kalau dipakai untuk memasak lagi, bukannya vitamin akan terurai karena memasak? ???
Best Regards,


Astrawinata G

truf777

hipnotis supaya mau makan :D
maksudnya hipnoterapi :D
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Mat Dillom

Ane dulu waktu kecil kalau susah makan, ibu ane selalu ngajak bermain dengan makanan sambil sekali-kali memasukan makanan ke mulut ane. hasilnya, ane jadi gemuk waktu kecil, katanya :D.

Anak susah makan harusnya tidak terjadi kalau ibu/ayah pintar mensuasanakan saat makan. Maksudnya bukan hanya nyuruh atau menyediakan makanan. Tapi mengkondisikan suasana yang kondusif untuk makan.

syx

ada kaitan dengan lidah anak yang sensitif rasa pahit... dibahas tersendiri di topik lidah (biologi). ini juga penting dalam bagaimana musti bikin sediaan pediatrik yang disukai anak.