Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 05, 2020, 05:57:02 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 47
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 43
Total: 43

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ​Apa Perbedaan Kanker Lambung dan Penyakit Lambung?  (Dibaca 272 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline modencancercanter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 25
  • ForSa!
​Apa Perbedaan Kanker Lambung dan Penyakit Lambung?
« pada: Mei 21, 2019, 07:21:44 AM »
​Apa Perbedaan Kanker Lambung dan Penyakit Lambung?


         Meskipun kanker lambung dan penyakit lambung hanya berbeda 1 kata, namun kedua penyakit ini memiliki makna yang sangat berbeda. Tingkat keganasan dan dampak yang ditimbulkan kanker lambung jauh lebih serius dibanding penyakit lambung biasa. Namun karena gejala kanker lambung stadium awal dan penyakit lambung memiliki banyak kesamaan, banyak kasus kanker lambung yang saat terdiagnosa sudah melewatkan waktu terbaik untuk pengobatan. Lalu, bagaimana membedakan gejala kanker lambung dan penyakit lambung?


Perbedaan kanker lambung dan penyakit lambung 1: Faktor pemicu gejala yang berbeda


Sebagai contoh, kanker lambung dan penyakit lambung biasanya mengalami gejala nyeri. Tapi pada penyakit lambung umum, nyeri biasanya terjadi karena adanya faktor pemicu yang jelas. Misalnya pola makan yang tidak terkontrol, minum alkohol, makanan yang dapat merangsang lambung, suasana hati buruk, cuaca dingin dan lain-lain dapat merangsang penyakit lambung yang menyebabkan gejala nyeri. Sedangkan gejala awal kanker lambung biasanya tidak memiliki faktor pemicu yang jelas, di mana kanker telah berkembang hingga tingkat tertentu. Jika penyakit lambung umum terjadi secara tidak teratur, disarankan untuk melakukan skrining kanker lambung.


Perbedaan kanker lambung dan penyakit lambung 2: Hasil pengobatan gejala yang berbeda


Setelah menjalani pengobatan, biasanya gejala penyakit lambung umum akan secara jelas berkurang ataupun hilang. Namun gejala awal kanker lambung tidak membaik atau bahkan tidak ada efek sama sekali setelah menjalani pengobatan anti inflamasi dan pengobatan konvensional lainnya. Jika pada penyakit lambung umum tidak ada hasil yang signifikan setelah pengobatan, disarankan untuk melakukan skrining kanker lambung.


Perbedaan kanker lambung dan penyakit lambung 3: Kecepatan perkembangan penyakit yang berbeda


Perkembangan penyakit lambung biasa sangat lambat, sering kambuh tetapi umumnya tidak dalam waktu yang lama, dan membaik dengan cepat jika dilakukan penyesuaian. Sedangkan gejala awal kanker lambung umumnya terus berkembang dengan cepat jika tidak dilakukan pengobatan kanker khusus. Beberapa pasien dengan cepat mengalami gejala seperti pendarahan pada saluran pencernaan, anemia dan lain-lain. Jika laju perkembangan penyakit lambung umum tidak normal, disarankan untuk melakukan skrining kanker lambung.


Perbedaan kanker lambung dan penyakit lambung 4: Keragaman gejala yang berbeda


Gejala penyakit lambung umum biasanya tetap dan tidak bertambah tiba-tiba. Tapi perkembangan kanker lambung sampai pada tahap tertentu akan menimbulkan lebih banyak gejala, seperti: sakit perut bagian atas, hilang nafsu makan, menjadi kurus dan lemah, mual, muntah, diare, obstruksi usus, hematemesis, melena, anemia, demam, dan lain-lain. Jika Anda selama bertahun-tahun mengalami gejala tambahan pada penyakit lambung dalam jangka waktu tertentu, disarankan untuk memperhatikan kemungkinan pemeriksaan kanker lambung.


Meskipun ada beberapa perbedaan kecil antara gejala kanker lambung dan penyakit lambung umum, lebih dari 70% kanker lambung stadium awal tidak memiliki gejala yang jelas dan mudah diabaikan. Jika Anda menderita kanker lambung, jangan terlalu khawatir. Pada kanker lambung stadium awal, tingkat kesembuhannya bisa mencapai lebih dari 90%. Namun, jika tidak diobati tepat waktu, kanker lambung akan berkembang menjadi stadium lanjut dan tingkat kelangsungan hidup akan menurun drastis. Karena itu, jika ada kelainan lambung atau riwayat penyakit lambung untuk waktu yang lama, Anda harus melakukan pemeriksaan rutin dan sedini mungkin untuk memastikan apakah itu kanker lambung.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
5902 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2010, 06:52:42 AM
oleh Huriah M Putra
0 Jawaban
2613 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2012, 08:26:54 AM
oleh fajri
0 Jawaban
257 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 20, 2019, 07:13:23 AM
oleh modencancercanter
0 Jawaban
334 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2019, 06:49:06 AM
oleh modencancercanter
0 Jawaban
10582 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 11, 2019, 01:46:45 PM
oleh nanabasuki