Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 21, 2021, 09:18:54 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10389
  • Online Today: 180
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Arti warna kuning pada air kencing  (Dibaca 31122 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Arti warna kuning pada air kencing
« pada: November 22, 2011, 11:45:09 AM »
Tahukah anda bahwa semakin kuning warna air kencing anda, itu menandakan anda kekurangan cairan alias dehidrasi? Jika air seni anda kuning, banyak banyak minum air, supaya tubuh anda netral kembali, efek samping dari dehidrasi saya lupa, tapi apapun yang berlebihan ataupun kekurangan pasti akibatnya jelek.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #1 pada: November 22, 2011, 02:11:52 PM »
yang saya tau kelebihan air tidak apa2 krn bisa disalurkan kelebihannya ke kencing, yg berbahaya jika kekurangan

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #2 pada: November 22, 2011, 10:24:18 PM »
kirain mo bahas macam-macam warna urin...

warna urin yang normal warnanya kuning, berasal dari bilirubin. pucat ato kuatnya warna kuning pada urin normal tergantung pada konsumsi air. perubahan warna dari yang normal itu bisa terjadi karena pengaruh makanan, obat, atau kondisi kesehatan.
warna kuning terang hingga oranye bisa terjadi kalo kita mengonsumsi vitamin B2 (riboflavin) dan/ato carotene, sesuai dengan warnanya.
warna oranye seringkali muncul abis penggunaan phenazopyridine untuk infeksi saluran kencing, rifampin, dan warfarin.
warna hijau atau biru bisa terjadi karena pengaruh pewarna makanan atau obat seperti amitriptyline, indomethacin, dan doxorubicin.
warna coklat gelap bisa merupakan ciri gangguan hati, misalnya hepatitis viral akut atau sirosis.
warna pink, merah, ato kecoklatan bisa karena makanan seperti beets, blackberries (bukan sejenis ponsel) ato pewarna makanan tertentu. adanya pendarahan akibat infeksi ato trauma pada saluran kencing juga bisa menyebabkan perubahan ke warna ini.
urin yang keruh... meski warnanya normal, apalagi dengan bau yang bisa bikin orang lain lari menjauh, merupakan tanda adanya infeksi saluran kemih. kekeruhan itu terjadi karena adanya bakteri, mukus, sel darah merah atau putih, sel epitel, lemak, atau garam fosfat.

sebagai tambahan, konsumsi makanan, obat, ato kondisi penyakit tertentu juga bisa pengaruhi bau urine, dengan atau tanpa mempengaruhi warna. kalo ini udah tau pasti kan?
« Edit Terakhir: November 22, 2011, 10:26:53 PM oleh syx »

Offline Novieainie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 6
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #3 pada: Desember 07, 2011, 02:42:24 AM »
urine si "sampah" tapi  banyak ngasih informasi tentang kesehatan tubuh,,, ;D

bisa dibilang jadi jendela kesehatan tubuh gak ya??

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #4 pada: Desember 07, 2011, 06:39:32 AM »
ternyata warna urine bisa seperti pelangi ya. xixixi ;D
i adore your intelligence

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #5 pada: Desember 07, 2011, 09:52:02 AM »
ga bisa... cuma satu warna aja dalam satu waktu. tidak mungkin pas pipis, urin yang 5 ml pertama keluar berwarna merah, terus 5 ml berikutnya jingga, seterusnya kuning, hijau, biru...

Offline danzJr

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #6 pada: Desember 07, 2011, 10:27:33 AM »
kalau warna urin putih gimana?
sesuatu itu dimulai dari mimpi, diusahakan dan menjadi kenyataan

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #7 pada: Desember 07, 2011, 10:30:41 PM »
maksudnya berwarna seperti susu atau berkabut? ini jawabannya:
urin yang keruh... meski warnanya normal, apalagi dengan bau yang bisa bikin orang lain lari menjauh, merupakan tanda adanya infeksi saluran kemih. kekeruhan itu terjadi karena adanya bakteri, mukus, sel darah merah atau putih, sel epitel, lemak, atau garam fosfat.
lebih rinci, kondisi yang bisa menyebabkan urin seperti susu atau putih keruh adalah:
- phosphaturia, yaitu adanya endapan garam fosfat dalam urin (bisa berupa garam Ca, Mg, atau basa lainnya). lebih jauh silakan baca di http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2393662/pdf/bullnyacadmed00917-0039.pdf
- pyuria, yaitu adanya nanah atau darah putih berlebih pada urin. biasanya karena infeksi saluran kemih.
- chyluria, masuknya cairan limfe ke dalam urin. lebih jauh silakan baca contoh kasus di http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2407316/pdf/brmedj08728-0001.pdf
- semenuria atau spermaturia

... mungkin ada tambahan?


Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #8 pada: Desember 08, 2011, 01:51:28 AM »
maksud saya seperti pelangi (warna-warni), bukannya dalam satu hari bisa mengeluarkan urine dengan berbagai warna ::)

Offline Novieainie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 43
  • IQ: 6
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #9 pada: Desember 08, 2011, 05:35:07 AM »
Kutip
kondisi yang bisa menyebabkan urin seperti susu atau putih keruh

- adanya bakteri
- adanya jamur
- proteinuria??

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #10 pada: Desember 08, 2011, 05:57:10 AM »
info yang saya dapat proteinuria tidak menyebabkan perubahan warna pada urin, tapi protein bisa menyebabkan urin berbuih banyak (foamy).



jadi mirip-mirip...


Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #11 pada: Desember 08, 2011, 12:25:58 PM »
Baru tau urine ada yg warna biru hmm, disambungin ke minuman soda xD

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #12 pada: Desember 17, 2011, 10:59:00 AM »
Aaah jadi teringat urin warna warni di lab dulu..
OOT OOT OOT..!!!

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #13 pada: Desember 18, 2011, 01:48:29 AM »
@MonDay, pepsi ya. hehehehe ::)

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re:Arti warna kuning pada air kencing
« Jawab #14 pada: Desember 18, 2011, 12:38:51 PM »
ngebayangin ketika kita kencing terutama yg cowok ni ketika bikin air mancur terus ada sinar matahari menyinari terciptalah warna-warni pelangi hahaha

yg serius ni
sebenernya bilirubin tu fungsinya apa? apa hanya sebagai pewarna air kencing?

@MonDay, pepsi ya. hehehehe ::)

sebut merek baeknya disensor ><'"
« Edit Terakhir: Desember 18, 2011, 12:40:39 PM oleh MonDay »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
13308 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 21, 2011, 09:26:48 AM
oleh peregrin
1 Jawaban
3932 Dilihat
Tulisan terakhir April 04, 2009, 04:09:25 PM
oleh soni sascori
61 Jawaban
26567 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 30, 2010, 06:39:17 AM
oleh semut-ireng
1 Jawaban
10958 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2011, 03:01:39 PM
oleh 12
9 Jawaban
23141 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2016, 06:06:42 AM
oleh ytridyrevsielixetuls