Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: nate river pada Agustus 12, 2011, 12:55:44 AM

Judul: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: nate river pada Agustus 12, 2011, 12:55:44 AM
Ndak tau apakah ini masuk kesehatan,kimia,ataukah biologi langsung to the point ajah...  ;D

Saya sering melihat di tv di adegan cewek lagi ngetes apakah ia hamil atau ndak,dia pake alat tes kehamilan...

saya jdi penasaran,gimana ya cara kerjanya?? Apa emank kandungan kimia urin cewek yang hamil dan yang tidak tuh beda??

hahahahaha

nanya scr langsung ma temen dikira tjd hal yg tdk mengenakkan,,padahal kan cuman pengen tau aja (hih! -sebal-) ;D

daripada belibet mangkannya,q coba nanya ke sini  ::)
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: syx pada Agustus 12, 2011, 03:42:43 AM
yang jadi pembeda adalah hormonnya. jadi di test strip itu ada indikator untuk memeriksa hormon yang diberi judul human chorionic gonadotropin (hCG). hormon ini disekresi selama masa perkembangan plasenta setelah fertilisasi. peningkatan kadar sangat pesat pada minggu-minggu pertama kehamilan hingga bisa dideteksi pada urin.
kenapa urin pagi? karena urin pagi (segera setelah bangun tidur) biasanya adalah urin paling pekat. liat sendiri kan biasanya warnanya lebih gelap dibanding urin pada jam lain. jadi diharapkan kadar hCG bisa cukup tinggi untuk bisa dideteksi.
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: ? pada Agustus 12, 2011, 04:24:12 AM
harap dikoreksi jika salah, tetapi ada 2 alat tes.
alat tes hamil dan tidak hamil.
alat tes subur dan tidak subur.

mereknya tidak saya sebutkan disini.
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: syx pada Agustus 12, 2011, 04:47:55 AM
yup... emang ada tes untuk masa kesuburan. pada prinsipnya sama, yaitu pemeriksaan kadar hormon tertentu sebagai indikator. kalo untuk fertilitas kalo ga salah peningkatan LH.
kalo masalah penentuan masa subur sih banyak cara, termasuk pengukuran suhu basal dan viskositas cairan vagina.
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: nate river pada Agustus 12, 2011, 08:20:50 PM
oh begitu rupanya....  :)
kirain lebih asin atau gimana,,saya lupa kalo kehamilan dipengaruhi oleh hormon...hahahaha   ;D
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: syx pada Agustus 12, 2011, 11:56:46 PM
kebalik, non,... kehamilan mempengaruhi hormon.
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: nate river pada Agustus 13, 2011, 07:14:38 AM
eh iya....maksudku kehamilan ada pengaruh juga ke hormon....hahaha  ;D
kalo kehamilan dipengaruhi hormon bisa gawat....
ntar suatu saat terjadi ketidakseimbangan hormon,terus tiba2 hamil....hiiiiiiii bisa tjd ledakan penduduk!!!!  ;D  ;D
maaph...maaph.....(habis lemes,dan laper...jd ndak konsen  :D)
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: Icha pada Agustus 13, 2011, 11:39:59 AM
eh tapi ada juga wanita yg hamil terus keluar darah kayak menstruasi gitu,tapi katanya ga keguguran (bingung ya?saya juga bingung),itu kenapa ya?itu karena hormon ato kenapa?
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: syx pada Agustus 15, 2011, 10:33:08 PM
masa sih? kalo spot masi wajar... tapi kalo banyak musti segera ke dokter obgyn untuk cari tau sebabnya. bahaya banget kalo banyak.
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: Icha pada Agustus 16, 2011, 02:28:38 AM
iya,eh mas spot itu apaan?
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: syx pada Agustus 16, 2011, 03:21:03 AM
bercak... jadi cuma terlihat bercak aja, mungkin mirip dengan kondisi hampir di akhir masa mens. biasanya bisa terdeteksi bercak warna seperti darah kering di celana dalam (anda pasti lebih tau). bisa dikatakan spotting itu adalah bleeding ato pendarahan ringan.
Judul: Re: Bedanya urin wanita hamil dan yang tidak
Ditulis oleh: Icha pada Agustus 18, 2011, 11:35:59 PM
oo.iy iy itu yaa  ;D