Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 01:51:49 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 54
Total: 54

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bentuk Sediaan Obat

Dimulai oleh Huriah M Putra, Februari 25, 2010, 09:33:28 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Huriah M Putra

Ooo.. Pulveres toh..
Trus apa aja ya bentuk2 sediaan obat..? Lupa~
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

raisuien

padat : pulveres, tablet, capsul, suppositoria,
setengah padat : salep, krim, pasta, jelly
cair : larutan, sirop, elixir, obat tetes, injeksi, suspensi, emulsi, inhalasi, enema, gargarisma, vaginal douche, infusa

Astrawinata G

yang inhalasi juga dalam bentuk cair ya Mas? bukan gas? yang padat juga ada yang pil :) yang setengah padat ada lagi lotio dan potio (kalo ga salah :))
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

inhaler dia dalam bentuk cair kan aslinya.. Cuman diapain gitu sampe keluarnya seperti gas gitu...
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

ooh..diuapkan dulu ya berarti? pake prinsip tekanan aerosol gitu? :)
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Yaah.. Itu namanya. Aerosol.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

hohoho.....berarti emang cair :) ingat ingat ingat...
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

syx

Kutip dari: raisuien pada Februari 25, 2010, 09:38:15 PM
padat : pulveres, tablet, capsul, suppositoria,
setengah padat : salep, krim, pasta, jelly
cair : larutan, sirop, elixir, obat tetes, injeksi, suspensi, emulsi, inhalasi, enema, gargarisma, vaginal douche, infusa
ada yang menggolongan supositoria dan ovula dalam sediaan semipadat. pulveres ato pulvis adalah istilah untuk serbuk halus. masi ada granul dan pelet.
inhalasi tidak selalu cair, ada yang serbuk alus juga.

Huriah M Putra

Ada yang serbuk juga... Kalo gitu prinsipnya apa..? Kalo yang cair kan aerosol...
Pelet dan granul itu gimana..? Kalo susuk?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

syx

saya ga terlalu mendalami sediaan aerosol karena emang blom ada pengembangan produk ke sana. aerosol itu prinsipnya menggunakan tekanan tinggi dalam wadah dengan sistem katup khusus yang jika ditekan dapat mengeluarkan dispersi partikel halus berupa cairan ato bahan padat dalam medium gas. jadi di sini ada fungsi wadah, saluran katup, dan propelan sebagai pendorong.
aerosol bukan cuma untuk inhalasi... ada yang untuk sediaan dermatologi (pemakaian topikal pada kulit), penggunaan per oral, vaginal, bahkan rektal.

granul itu merupakan agregat dari butiran halus. beda dengan serbuk halus biasa, granul farmasi biasanya punya sifat aliran yang bagus. makanya bisa jadi produk antara sebelum dicetak jadi tablet ato diisikan ke cangkang kapsul, ato bisa langsung untuk didispersikan ke air. kalo serbuk kan alus banget, kalo granul ini terasa seperti pasir renyah.

pelet itu sama dengan granul, yaitu proses perbesaran ukuran tapi bedanya di sini ada massa inti dan pelapisnya. biasanya untuk sediaan lepas terkendali. contohnya omeprazol kapsul itu isinya pelet. dalam produk tersebut omeprazol dilapisi polimer yang tahan asam sehingga mencegah kerusakan omeprazol oleh asam lambung. polimer baru pecah di pH yang lebih tinggi.

susuk biasanya berupa sediaan padat yang ditanam di bawah atau pada jaringan kulit dengan harapan pelepasan obat sedikit demi sedikit dalam jangka waktu lama. biasa digunakan dalam obat kb.

nandaz

ini soal dalam mata kuliah pengantar farmasi ya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Astrawinata G

bukan pengantar sih, tapi emang bahan kuliahnya :P
Best Regards,


Astrawinata G

nandaz

Kutip dari: Astrawinata G pada Maret 01, 2010, 10:54:00 PM
bukan pengantar sih, tapi emang bahan kuliahnya :P
oh gt, kupikir dia punya mata kuliah yg namanya "pengantar ilmu farmasi"... ::)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl