Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 01, 2021, 04:39:54 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 31
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Bentuk Sediaan Obat  (Dibaca 13966 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Bentuk Sediaan Obat
« pada: Februari 26, 2010, 12:33:28 PM »
Ooo.. Pulveres toh..
Trus apa aja ya bentuk2 sediaan obat..? Lupa~
OOT OOT OOT..!!!

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #1 pada: Februari 26, 2010, 12:38:15 PM »
padat : pulveres, tablet, capsul, suppositoria,
setengah padat : salep, krim, pasta, jelly
cair : larutan, sirop, elixir, obat tetes, injeksi, suspensi, emulsi, inhalasi, enema, gargarisma, vaginal douche, infusa

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #2 pada: Februari 27, 2010, 04:07:17 AM »
yang inhalasi juga dalam bentuk cair ya Mas? bukan gas? yang padat juga ada yang pil :) yang setengah padat ada lagi lotio dan potio (kalo ga salah :))
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #3 pada: Februari 27, 2010, 04:33:07 AM »
inhaler dia dalam bentuk cair kan aslinya.. Cuman diapain gitu sampe keluarnya seperti gas gitu...

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #4 pada: Februari 27, 2010, 05:14:18 AM »
ooh..diuapkan dulu ya berarti? pake prinsip tekanan aerosol gitu? :)

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #5 pada: Februari 27, 2010, 05:21:06 AM »
Yaah.. Itu namanya. Aerosol.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #6 pada: Februari 27, 2010, 05:43:32 AM »
hohoho.....berarti emang cair :) ingat ingat ingat...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #7 pada: Februari 27, 2010, 06:44:14 AM »
Catat catat catat...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #8 pada: Maret 01, 2010, 10:36:19 PM »
padat : pulveres, tablet, capsul, suppositoria,
setengah padat : salep, krim, pasta, jelly
cair : larutan, sirop, elixir, obat tetes, injeksi, suspensi, emulsi, inhalasi, enema, gargarisma, vaginal douche, infusa
ada yang menggolongan supositoria dan ovula dalam sediaan semipadat. pulveres ato pulvis adalah istilah untuk serbuk halus. masi ada granul dan pelet.
inhalasi tidak selalu cair, ada yang serbuk alus juga.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #9 pada: Maret 02, 2010, 06:02:43 AM »
Ada yang serbuk juga... Kalo gitu prinsipnya apa..? Kalo yang cair kan aerosol...
Pelet dan granul itu gimana..? Kalo susuk?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #10 pada: Maret 02, 2010, 07:04:14 AM »
saya ga terlalu mendalami sediaan aerosol karena emang blom ada pengembangan produk ke sana. aerosol itu prinsipnya menggunakan tekanan tinggi dalam wadah dengan sistem katup khusus yang jika ditekan dapat mengeluarkan dispersi partikel halus berupa cairan ato bahan padat dalam medium gas. jadi di sini ada fungsi wadah, saluran katup, dan propelan sebagai pendorong.
aerosol bukan cuma untuk inhalasi... ada yang untuk sediaan dermatologi (pemakaian topikal pada kulit), penggunaan per oral, vaginal, bahkan rektal.

granul itu merupakan agregat dari butiran halus. beda dengan serbuk halus biasa, granul farmasi biasanya punya sifat aliran yang bagus. makanya bisa jadi produk antara sebelum dicetak jadi tablet ato diisikan ke cangkang kapsul, ato bisa langsung untuk didispersikan ke air. kalo serbuk kan alus banget, kalo granul ini terasa seperti pasir renyah.

pelet itu sama dengan granul, yaitu proses perbesaran ukuran tapi bedanya di sini ada massa inti dan pelapisnya. biasanya untuk sediaan lepas terkendali. contohnya omeprazol kapsul itu isinya pelet. dalam produk tersebut omeprazol dilapisi polimer yang tahan asam sehingga mencegah kerusakan omeprazol oleh asam lambung. polimer baru pecah di pH yang lebih tinggi.

susuk biasanya berupa sediaan padat yang ditanam di bawah atau pada jaringan kulit dengan harapan pelepasan obat sedikit demi sedikit dalam jangka waktu lama. biasa digunakan dalam obat kb.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #11 pada: Maret 02, 2010, 10:54:55 AM »
ini soal dalam mata kuliah pengantar farmasi ya?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #12 pada: Maret 02, 2010, 01:54:00 PM »
bukan pengantar sih, tapi emang bahan kuliahnya :P

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Bentuk Sediaan Obat
« Jawab #13 pada: Maret 04, 2010, 02:30:08 AM »
bukan pengantar sih, tapi emang bahan kuliahnya :P
oh gt, kupikir dia punya mata kuliah yg namanya "pengantar ilmu farmasi"... ::)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
96 Jawaban
56523 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2012, 10:56:42 AM
oleh mhyworld
3 Jawaban
4760 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 06, 2009, 06:01:57 PM
oleh Sky
5 Jawaban
6096 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2010, 02:25:32 AM
oleh Bernando
0 Jawaban
2225 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2011, 11:34:29 AM
oleh rawWARus
9 Jawaban
6724 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 07, 2015, 11:20:51 PM
oleh MuhammadRyan