Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 15, 2022, 01:05:07 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 15
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Berapa Jam Sebaiknya Anda Tidur Setiap Malam?

Dimulai oleh raisuien, Agustus 19, 2009, 11:20:53 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

raisuien

Ternyata, berbahaya tidur delapan jam dalam semalam.

Orang dewasa yang tidur delapan jam atau lebih dalam semalam, meninggal dalam usia yang lebih muda daripada mereka yang tidur hanya enam atau tujuh jam dalam semalam.

Sebuah penelitian selama enam tahun yang melibatkan 1,1 juta orang diterbitkan oleh Profesor Daniel Kripke dari Universitas California pada tahun 2004. Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa sejumlah besar orang yang tidur delapan jam atau lebih (atau kurang dari empat jam) dalam semalam, meninggal selama masa penelitian enam tahun itu.

Rata-rata orang Inggris tidur antara enam dan tujuh jam semalam, satu setengah jam lebih sedikit setiap malamnya daripada kakek-nenek kita. Pada tahun 1900, waktu tidur malam yang normal adalah sembilan jam.

Terdapat sebuah bukti yang menyatakan bahwa kekurangan waktu tidur menyebabkan hilangnya IQ dan ingatan, dan kemampuan bernalar untuk sementara.

Leonardo da Vinci menghabiskan hampir separuh hidupnya dengan tidur. Sebagaimana Einstein, dia tidur siang sebentar beberapa kali, dalam kasusnya lima belas menit setiap empat jam. Leksikograf Dr. Johnson jarang bangun sebelum tengah hari. Filsuf Prancis Pascal juga menghabiskan banyak harinya dengan tidur-tiduran di tempat tidur.

Di sisi lain, gajah yang terkenal panjang umur tidur hanya dua jam sehari. Koala tidur selama dua puluh jam sehari, tetapi hidupnya hanya sepuluh tahun. Semut, sebagaimana disebutkan sebelumnya, tidur hanya beberapa menit sehari.

Rata-rata orang memerlukan waktu tujuh menit untuk jatuh tertidur. Orang tidur yang sehat dan normal terbangun antara lima belas dan tiga puluh lima kali setiap malam.

Belakangan ini terdapat delapan puluh empat jenis gangguan tidur yang diketahui, termasuk insomnia, mendengkur berlebihan, narkolepsi (tertidur saat hari masih terang), apnoea (berhenti bernafas saat tertidur), dan sindrom gelisah. Di Inggris terdapat dua puluh lima klinik tidur, semuanya "kelimpahan" pasien.

Dua puluh persen penyebab kecelakaan kendaraan bermotor di Inggris adalah pengemudi yang jatuh tertidur. Cara terbaik untuk menghentikan kejadian ini adalah dengan menyelipkan sejumput rambut Anda di penghalau silau mobil Anda.

Cara terbaik kedua adalah dengan makan apel. Apel merangsang pencernaan dan memberikan energi yang dilepaskan secara perlahan-lahan, yang lebih efektif daripada minum kopi yang efeknya hanya jangka pendek.

alf

sebaiknya tidur itu memang seperlunya saja....

sisca, chemistry

ouwh,,,,
jdi tdur ntuw gag bleh ampe 8-9 jam....?
ocre2...

klo minum kopi kyknya ada efek sampingnya kan...
jd gag bleh dikonsumsi byk2....
iya ya...?

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

yup, minum kopi jg dapat merangsang asam lambung untuk bekerja lebih banyak...
jd minum kopi jg bisa mengakibatkan maag...

sisca, chemistry

o,,,
pdhl dlm kopi kyknya gag ada asam klorida kan....

o,a koq kopi katanya bisa buat gag ngantuk...?
prasaan wktu aq minum kopi maksudnya biar bisa b'gadang,,,
malah ttp ketiduran,,,

tpi wktu makan obat yg katanya bisa menyebabkan kantuk,,, malah gag bisa bobo....
???
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

hahahaha....
kayaknya tergantung orangnya...
klo aku minum kopi pahit banget.. bisa gak tidur semalaman
klo minum kopi yg biasa tidur jg sih...
kayaknya tergantung orangnya dah kebal pa lum...

klo kopi gak salah gara2 kandungan kafein yg merangsang keluarnya asam lambung..
minum kopi boleh ja asal udah ada makanan di lambung..
klo perut kosong, mending jangan...

sisca, chemistry

ouwh,,,
ru tau,,,
tpi sisca minum kopi phit pun gag bisa,,,
masi ttp ngantuk,,,
ckckckckckck,,,
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

@sisca :coba olahraga minimal 10 jam beruntun tanpa istirahat dan lihat hasilnya
@raisuien: jadi kita tinggal milih mo panjang umur apa panjang pikiran ?

raisuien

@ginji
bisa mati tu orang OR 10 jem tanpa istirahat...

maksudnya panjang umur apa panjang pikiran? ???
klo bisa dua-duanya... ^^

Ginji

khan si albert (albert emang gw temennya) otaknya dikatakan terpandai seabad ini tidur bagaikan putri tidur
tapi dibandingin malah sama gajah yang katanya panjang umur tidur cuma 2 jam

tapi khan khasiatnya dong habis OR ;D

sisca, chemistry

cpd,,,
olahraga 10 jam,,,,?
bisa dead awak,,,,
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

khan kasiatnya ...
cobalah anda akan tidur pulas
bersama BAPAK

raisuien



sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]