Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 01, 2022, 05:50:29 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 76
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bolehkah Minum Obat dengan Susu?

Dimulai oleh raisuien, Februari 11, 2010, 08:10:00 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

raisuien

Kita sering mendengar bahwa obat tidak boleh diminum dengan susu. Ini disebabkan karena kalsium yang dikandung dalam susu bisa membentuk ikatan dengan zat-zat dalam beberapa obat dan meghalangi penyerapan oleh lambung. Contohnya adalah tetrasiklin, zat yang biasa ada dalam antibiotik untuk obat flu.

Namun, ada beberapa obat yang justru lebih baik diminum bersama susu. Misalnya NSAID, Non Steroidal Anti Inflammatory Drug. Yang terkenal adalah aspirin dan ibuprofen. Obat-obatan yang tergolong dalam NSAID bersifat lypophylic, mudah larut dalam lemak sehingga biasanya obat-obat seperti ini dianjurkan untuk diminum dalam waktu 30 menit sesudah makan.

Alasan lainnya ialah karena NSAID menyebabkan iritasi lambung. NSAID merupakan obat pembunuh rasa sakit atau painkiller yang bekerja dengan cara menghambat terbentuknya prostaglandin. Prostaglandin sendiri adalah zat yang selalu ada dalam sel tubuh dan bekerja sebagai zat yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit, namun juga punya tugas lain, yaitu membantu terbentuknya selaput mukosa lambung. Dengan terhambatnya prostaglandin oleh aspirin, rasa sakit dan infeksi pun hilang, namun pada saat yang bersamaan, lambung menjadi rentan terhadap iritasi karena selaput mukosanya berkurang. Oleh karena itu, obat-obat NSAID biasa diresepkan untuk diminum sesudah makan, supaya makanan yang masuk terlebih dahulu bisa melindungi dinding lambung. Bila kita tidak sempat makan, susu boleh diminum sebagai penggantinya. Di Jepang, bahkan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa obat sakit kepala boleh diminum dengan obat sakit maag. Namun ini tidak selalu benar, karena obat sakit kepala yang kita minum belum tentu termasuk dalam golongan NSAID dan belum tentu semua obat sakit maag membantu pembentukan selaput dinding lambung.

Bagaimana dengan jus, kopi atau teh?

Sama dengan susu, jus, kopi dan teh masing-masing mengandung zat-zat seperti vitamin C, kafein dan tannin yang mungkin saja bereaksi dengan obat yang kita minum. Sementara itu, air putih netral, tidak mengandung apa-apa yang bisa bereaksi dengan obat.

Air putih akan melarutkan obat dalam lambung sehingga lebih mudah diserap. Lebih baik lagi kalau airnya hangat, proses pelarutan akan lebih cepat. Obat yang ditelan begitu saja tanpa air putih bisa menempel di suatu tempat tertentu di lambung dan menyebabkan iritasi lambung juga. Oleh karena itu, lebih baik obat diminum bersama air putih. Minuman lain seperti kopi, sebaiknya diminum satu jam setelahnya, ketika sudah tidak ada lagi sisa obat di lambung.

Huriah M Putra

Payah amet..
Udah, gampangnya.. Minum dengan air putih. Gak usah banyak mikir2..
Kalo nelen obat bulat2.. Apa gak punya air tuh orang? Coba sensasi baru ya..?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

raisuien

sapa taw ada yg iseng..... ~~"
kan kadang2 orang aneh2....
klo gag kasih taw yg bener... bisa2 minum obat pake coke.... ~~"

Huriah M Putra

Hhahahaha... Dulu wa juga suka minum obat pake teh..
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

raisuien


Huriah M Putra

Gak... Mungkin efek obat menurun tapi wa gak ngerasa juga..
Masalahnya kan cuman di absorbsi. Absorbsi berkurang, efek obat berkurang..
Gak akan lah sampe muntah2...
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Bernando

bung huriah sembuh bukan karena obatnya kali....hehehehe:D
Be the sustainable learner, because life is learning...

Huriah M Putra

hahahaha.... Jadi dengan transfer tenaga dalam..?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Bernando

Be the sustainable learner, because life is learning...

nandaz

Kutip dari: raisuien pada Februari 11, 2010, 08:10:00 PM
Di Jepang, bahkan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa obat sakit kepala boleh diminum dengan obat sakit maag. Namun ini tidak selalu benar, karena obat sakit kepala yang kita minum belum tentu termasuk dalam golongan NSAID dan belum tentu semua obat sakit maag membantu pembentukan selaput dinding lambung.


...ternyata aneh sekali dijepang, padahal pada umumnya obat sakit maag diminum sebelum makan, pasalnya agar asam lambung  dapat dinetralkan dahulu, baru makan...tetapi makan dahulu jadi mempersulit kinerja reaksi apa mungkin karena enzim pada lambung aktif ya? enzim itu apa amilase, lipase ama pepsin (tapi kayaknya bakal sulit untuk makan karena orang yang sakit maag justru pola makannya yang bermasalah)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

syx

pepsin...
orang yang sakit maag justru pola makannya bermasalah itu maksudnya:
- karena pola makan yang salah maka sakit maag, atau
- karena sakit maag maka pola makannya salah?

saya dari kecil punya pola makan yang lebih sering tidak teratur... makan kalo lapar, tidak ada jam makan tertentu. justru karena itu saya ga ada masalah sakit maag. sakit maag lebih banyak karena pola makan yang teratur hingga tubuh menyesuaikan jamnya. akibatnya saat tidak ada makanan, sekresi enzim dan asam lambung tetap meningkat pada jam makan.
semenjak bekerja pola makan lebih teratur karena kan ada waktu istirahat yang selalu tetap.

Idad

Kutip dari: syx pada Februari 16, 2010, 07:07:20 AM
sakit maag lebih banyak karena pola makan yang teratur hingga tubuh menyesuaikan jamnya. akibatnya saat tidak ada makanan, sekresi enzim dan asam lambung tetap meningkat pada jam makan.
semenjak bekerja pola makan lebih teratur karena kan ada waktu istirahat yang selalu tetap.
Hm.., bru tau.., :; iya y, sebetulnya lebih cocok dengan penjelasan ini..,

Kutip dari: nandaz pada Februari 15, 2010, 08:56:17 PM
Kutip dari: raisuien pada Februari 11, 2010, 08:10:00 PM
Di Jepang, bahkan sudah menjadi pengetahuan umum bahwa obat sakit kepala boleh diminum dengan obat sakit maag. Namun ini tidak selalu benar, karena obat sakit kepala yang kita minum belum tentu termasuk dalam golongan NSAID dan belum tentu semua obat sakit maag membantu pembentukan selaput dinding lambung.


enzim itu apa amilase, lipase ama pepsin (tapi kayaknya bakal sulit untuk makan karena orang yang sakit maag justru pola makannya yang bermasalah)
Hm... , bukannya amilase hanya ada di mulut dan usus halus?

Huriah M Putra

Penyebab terbanyak dispepsia fungsional (atau sering disebut sakit maag) adalah STRESS.
Penyebab terbanyak peptic ulcer (atau sering disebut sakit maag juga) adalah H. pylori

Nah... sakit maag itu yang mana?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

syx

keduanya sakit maag... kan keduanya lokasinya sama-sama di lambung. :D

tapi sepertinya lebih ke arah peptic ulcer ato tukak lambung ato luka pada lambung. tu kan penyebabnya banyak... pemicunya bisa karena infeksi, gangguan sistem sekresi (mukosa, asam lambung, ato pun enzim percernaan - pepsin), ato karena benda tajam (makan jarum, silet, pisau).
kalo saya dyspepsia kalo kebanyakan makan daging aja... ga enak banget di perut, sendawa terus.

nandaz

...begitu ya, M. syx...berarti bagi orang yang merasa lapar dan langsung makan jadi ngga akan bisa terkena maag...bagaimana makannya selain makanan pokok(nasi)?, kalo diganjal dengan mi juga akan menimbulkan maag?

@idad
kelihatannya kmu bener, amilase ada di usus dan mulut yang disebut dengan ptialin...tetapi dad, kalo orang yang makannya buru2 maka polisakarida ngga sempet tercerna menjadi disakarida maka dilambung sempat dicerna dengan enzim disakarase yang mirip dengan amilase..kalo salah tolong diralat dahulu soalnya aku cuman ngingat aja...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl