Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 01, 2022, 06:35:50 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 76
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 48
Total: 48

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bolehkah Minum Obat dengan Susu?

Dimulai oleh raisuien, Februari 11, 2010, 08:10:00 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Huriah M Putra

kalo maag yang itu, intinya makan teratur aja... Makan apa aja juga sama.. Jadi orang yang diet tuh selalu pake buah untuk mengganjal perut istilahnya...

.......dan antasida tidak lebih baik dari plasebo ntuk mengobati dispepsia.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

andreanvee

kalau obat dari dokter khan ada petunjuknya..
"di minum" 3 X sehari sesudah makan atau 3X sehari sebelum makan. terus konsultasikan dengan dokter apa boleh dibarengi dengan susu. tergantung obatnya juga.

btw, kok obat banyak disebut sebagai "di minum" ya? padahal kan sebagian berbentuk tablet. gleg..

Idad

oia, tapi minum obat dengan susu itu efeknya seperti apa aja y?

Apakah bisa alergi, atau bisa juga kematian?


Huriah M Putra

@Andre: Karena pake air..? Kalo dimakan brarti dikunyah 20x baru ditelen.. Emank mau..?

@Idad: Efeknya paling banter hanya mengganggu absorbsi obat tersebut di usus. Akibatnya ya obat tersebut kurang berefek.
Contoh paling terkenal itu kalo minum tetrasiklin sama susu. Tetrasiklin akan membentuk khelasi akibat kandungan kalsium di susu. Akibatnya gak terabsorbsi si tetrasiklin.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

kalo minum, kan harfiahnya masuk mulut langsung telan. kalau hisap, masuk mulut terus diemut dulu. kalo minum, masuk mulut langsung telan :) jadi lebih tepat memang pake minum, walaupun obatnya padat, apalagi memang pakai biji :)

khelasinya juga karna magnesium :) pokoknya yang ion 2 positif :)
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Iyee.. Ada banyak ion yang 2+.. Wa cuman ambil satu doank kok.. Malas nulis semua...
Jadi gak boleh dimakan sama antasida juga..
Sama semua yang berion 2+ deh..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Idad

Kutip dari: Huriah M Putra pada Februari 26, 2010, 09:57:50 AM
@Andre: Karena pake air..? Kalo dimakan brarti dikunyah 20x baru ditelen.. Emank mau..?

@Idad: Efeknya paling banter hanya mengganggu absorbsi obat tersebut di usus. Akibatnya ya obat tersebut kurang berefek.
Contoh paling terkenal itu kalo minum tetrasiklin sama susu. Tetrasiklin akan membentuk khelasi akibat kandungan kalsium di susu. Akibatnya gak terabsorbsi si tetrasiklin.
owh, bgtu y.. , bru tau..,
ok, d, sip2, tq..,