Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 03, 2022, 10:06:17 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 60
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 48
Total: 48

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Ditemukan enzim yang dapat mengubah golongan darah

Dimulai oleh raisuien, Maret 10, 2010, 01:46:18 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

raisuien

Sebuah tim penelitian medis asal Universitas Harvard dan Kopenhagen, Denmark mengubah golongan darah manusia, tidak peduli apakah itu golongan darah A, B atau Ab semuanya bisa diubah menjadi golongan darah O. Menemukan dua jenis bakteri unik Elizabethkingia meningosepticum dengan Bakterioides dan mengambil enzim yang unik. Hasil eksprimen membuktikan, bahwa setelah satu jam 200 mililiter sel darah merah di luar cairan golongan darah O dimasukkan ke enzim ini, dimana hampir semua sel darah merah berubah menjadi golongan darah O.

Golongan darah O punya sebutan sebagai golongan darah serba bisa, golongan darah apapun bisa digunakan atau ditransfusi ke golongan darah O, sebab golongan darah A, B maupun AB, jika tercampur, bisa menghasilkan efek pembekuan darah/mengental atau rusak, tapi tidak demikian halnya dengan golongan darah O, karena golongan darah ditentukan oleh aglutinasi protein yang terdapat di atas permukaan eriotrosit (sel darah merah), sehingga dengan demikian, apa memungkinkan dengan menghilangkan protein aglutinasi ini, agar supaya golongan darah A, B dan AB dapat menjadi golongan darah serba bisa seperti golongan darah O, dimana sehubungan dengan hal ini, ilmuwan sudah mulai melakukan penelitian terkait pada 20 tahun silam.

Hasil penelitian yang diperoleh tim peneliti ini, dimana dalam laporan hasil penelitian mereka tersebut telah dipublikasikan di majalah teknologi organisme alam edisi April, mereka menggunakan dua jenis fermen yang tidak ditemukan sebelumnya di masa lalu, untuk mengubah golongan darah, cukup sedikit saja, dapat menghilangkan aglutinasi A, B yang terdapat dalam sel darah merah, dan mengubah golongan darah A, B, dan AB menjadi golongan darah O.

Terbetik berita, saat transfusi darah, sel darah merah di luar golongan darah O baru bisa ditransfusi terhadap golongan darah tertentu, sebab kalau tidak mungkin akan terjadi gejala sel darah merah dirusak atau mengental, akibatnya akan terjadi efek samping yang fatal, sehingga dengan demikian membuat cairan golongan darah O yang dapat disuplai kepada pasien bergolongan darah apapun secara relatif sangat berharga. Ada ahli terkait menuturkan, bahwa temuan ini memiliki makna istimewa, sebab proses transfusi darah di masa mendatang kemungkinan akan disederhanakan secara drastis.

Setelah teknologi pengubahan golongan darah melalui fermen ini kelak diterapkan secara actual, selain bisa secara efektif mengatasi masalah kekurangan darah, juga bisa meningkatkan keamanan transfusi darah, mencegah terjadinya kesalahan transfusi darah yang dapat berakibat fatal. Sebuah perusahan ZymeQuest di Boston, AS, juga tengah mempertimbangkan menggunakan teknologi tersebut dalam perdagangan.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Astrawinata G

Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Antigennya... Simple ain't it..?
Dan apa itu antigen..? Protein..
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

syx


Astrawinata G

yupe....maksuda saya, apa yang dirubah? spesifiknya....kalo antigen mah uda bisa dibilang wajib :) kenapa dia bisa merubah segala jenis antigen menjadi 0? apakah memang semua antigen itu punya sekuens gugus tertentu yang tepat sama dan bisa dirubah enzim dari bakteri tanpa melihat golongan darah apa, dan akhirnya membuatnya menjadi 0?
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Bukan membuat menjadi O.. Tepatnya merusak antigennya sehingga gak ada antigen deh.. Jadinya O lo...
Spesifiknya, tanya TS sana...

Iya om.. Untuk donor lah.. Kan yang donor universal tuh O.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

masalah yang saya pikirkan, berarti bakteri itu punya semua stok enzim khas untuk mencerna antigen dari orang yang goldar A, AB, dan B? tentunya kerja enzim harus spesifik kan? jadi bukan mencabik-cabik urutan protein gitu saja...
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Oi oi... Antigen cuman ada 2. A dan B.
Gak ada antigen AB.
Itu berarti mekanismenya... Cari sendiri.. Malas..
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

maaf bila saya seperti menekan Mas Huriah :( saya ga bermaksud nyuruh Mas jawab itu semua sendiri kok Mas :)
Best Regards,


Astrawinata G

riandono

Info yang sangat berguna.. makasih bung raisuien
terjawab sudah kejadian yang menimpa tante ku, dia berubah golongan darahnya dari B menjadi O.

Takagi Fujimaru

Wah, pengetahuan baru. Mantab nih... Kalo golongan darah tipe Rh maupun Mn gmn raisuien?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

nurman

jika enzim dapat mengubah golongan darah itu artinya dapat digunakan untuk membunuh orang yang memerlukan transfusi ... aish bakal rame lg dunia kedokteran neh ...

Astrawinata G

tentu pemakaiannya dibatasi dan izinnya harus panjang donk :) mungkin untuk situasi darurat saja dimana golongan darah yang diinginkan tidak ada
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Membunuh orang pake enzim itu? Repot2 amet...
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

Best Regards,


Astrawinata G