Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: syx pada Februari 23, 2010, 07:03:45 AM

Judul: Enzybiotics
Ditulis oleh: syx pada Februari 23, 2010, 07:03:45 AM
seiring dengan peningkatan kemampuan resistensi bakteri terhadap antibiotika yang ada sekarang dikembangkan enzim yang semula diambil dari bakteriofag untuk menghancurkan dinding sel bakteri. judul lain dari golongan senyawa obat baru ini adalah lytic enzyme dan peptidoglycan hydrolase. sebutan terakhir diberikan berdasarkan cara kerja enzybiotic, yaitu melalui pemutusan enzimatik ikatan kovalen peptidoglikan sehingga menyebabkan lisis hipotonik dinding sel bakteri. peptidoglycan hydrolase bisa diperoleh dari berbagai sumber, misalnya bakterifag (lysins), bakteri (bacteriocins, autolysins), hingga lysozyme dari putih telur ayam dan manusia.
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Februari 23, 2010, 07:34:44 AM
Metode baru untuk antibiotik baru..?
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Februari 23, 2010, 08:49:08 AM
gimana kira2 farmakodinamik dan kinetiknya ya? ???
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Februari 23, 2010, 12:05:46 PM
Mirip2 beta-lactam..? Melisiskan dinding sel bakteri..
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Februari 23, 2010, 01:15:49 PM
masalahnya kita mengemas enzim dalam kapsul....bisa aja dicerna ikatan proteinnya ama enzim kita sendiri
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Februari 23, 2010, 02:07:04 PM
IV? IM? Pro-enzim?
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: syx pada Februari 23, 2010, 09:55:32 PM
blom selesai baca bukunya... jadi blom bisa jawab pertanyaan seputar barang baru ini.
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Februari 24, 2010, 01:12:41 PM
tapi...walaupun pro enzim or bentuk lain yang peroral, tetep aja yang bisa diserap itu kan asam amino. berarti dipecah kecil2 dulu....mungkin pemberian parenteral or langsung di pusat luka yang lebih menjanjikan :)
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Februari 24, 2010, 02:15:09 PM
Obatin luka pake antiseptik biasa aja...
Peroksida, larutan yodium...
Masa langsung pake obat2 heboh2 gini...
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Februari 25, 2010, 06:37:14 AM
iya juga sih :( jadi agak berlebihan jadinya......mungkin bisa untuk kasus selulitis dan erisipelas yang pasiennya ga mau di debridement pake operasi, dan uda kebal dengan antibiotik...langsung injek aja enzimnya :D
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Februari 25, 2010, 09:21:45 AM
Amputasi...?
Antibiotik generasi ke sekian..?
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Februari 25, 2010, 11:57:02 AM
amputasi terlalu radikal, kecuali untuk fasciitis nekrotikans....antibiotik generasi ke sekian mungkin bisa diterapkan, tapi mungkin ada bagusnya kalo suatu antibiotik bisa langsung diinjeksikan ke sarang bakterinya daripada harus di cerna dan  diolah tubuh trus dibawa keliling tubuh dulu....

btw w kok jadi kayak pembela enzim nih? :p
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Februari 25, 2010, 12:50:08 PM
Emank untuk selulitis sama erisipelas masih pake per oral..?
Judul: Re: Enzybiotics
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Februari 25, 2010, 01:05:34 PM
yupe...per oral atau IV :)