Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Februari 29, 2024, 09:23:51 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 27,572
  • Latest: glfiefs
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 77
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 102
Total: 102

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Euthanasia

Dimulai oleh Huriah M Putra, Januari 30, 2010, 01:52:36 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

r.a.n

@ Huria...
Nggak apa-apa mas  ;D ;D. Saya juga kalo ngantuk suka nanya yang aneh..he..he..he..

Setahu saya EEG itu hanya menilai aktivitas cerebrum jadi buat nilai batang otak susah...
Seingat saya sih elektrodanya nggak nyampe situ...

@Astra
Detaknya tidak teraba...Nadi atau arteri itu sulit diraba karena biasanya letaknya lebih dalam..kita bisa mengetahui..adanya arteri dari denyut nadinya...

@Sisca
Kalo keren tambahin satu donk IQnya.. ;D ;D ;D
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


Okeh kalo kegawatdaruratannya udah ditangani..nadi oke..napas bagus tensi nggak masalah...Baru kita cari tau ini orang komanya kenapa ???

Prinsipnnya ini sebabnya ekstrakranial atau intrakranial...Pake pendekatan House juga boleh MIDNIGT..Metabolic Infeksi Degeneratif Neoplasi Immunology Genetic atau Trauma..yah tambahan cari juga kelainan kearah cerebrovaskuler..

Metabolic bisa ensefalopati akibat uremikum, hepatikum diabetikum, Untuk infeksi bisa ensefalopati DBD atau yang intrakranial..seperti meningitis atau ensefalitis...kalo degeneratif...rada sulit..soalnya namanya aja degeneratif..yah pasti gejalanya pelan-pelan..Neoplasma..bisa mulai dari astrositoma..sampe..neurofibroma juga bisa...Immunology...apa yah...karena..si otak ada Blood Brain Barrier..rada sulit kompleks antigen antibodi sampe kesana...Kalo Genetic..hmmm..apa yah..Huttington..gejalanya mah korea...apa yah..aduh jarang nemu kalau trauma bisa...klasifikasinya mulai dari simple head injury sampe ke cedera kepala berat...

Nah ini harus bisa di DD dari anamnesis...trus..coba lanjut ke PF..nanti DD nya makin sempit..baru deh..kita minta pemeriksaan penunjang...Tapi lab standard biasanya sih kita minta biasanya DPL..alias darah perifer lengkap..SGOT/PT, GDS, Ur/Cr.. sama elektrotit...

Pernah ada kejadian dramatis yang dialami teman saya..ada kakek-kakek datang ke IGD denganpenurunan kesadaran..dari anamnesis dan pemriksaan fisik dan penunjang diduga akibat hipoglikemia..trus disuntik dekstrose. Dalam hitungan menit..langsung bangun..Wuihh..temen saya udah dianggap dewa ama keluarga pasien..diucapin beribu terima kasih....Emang kalo kita
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
bisa bangunin orang dari koma..ada kepuasan tersendiri..Apalagi kalo udah pernah naganin orang syok..wuih..keluar dari ruangan resusitasi..itu seneng banget... :angel: :angel:
[move]"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???" [/move]

Huriah M Putra

Yah... Di ruang resusitasi, antara jadi dewa atau jadi makian keluarga pasien...
Hipoglikemia brarti dia udah lama gak makan?

Hhmm... MIDNIGHT? Bru pernah dengar.. Biasanya kalo DD itu VINDICATE.

Hhhmmm... Kayaknya memang belajar banyak hal yah di koass.. gak sabar buat koass.... ^^
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

@Mas ran : boleh koreksi dikiiiit ga Mas? :) Huntington Mas, bukan Huttington. trus chorea, bukan korea(jadi kayak im ji hye :p) trus mungkin kakek2 itu lupa makan :P atau bisa aja penderita DM yang kena somogyi efect :)
sori ya Mas, bukan mau melangkahi ~_~ minta ampun dulu :P

@Mas Huri: VINDICATE itu apa kepanjangannya?
Best Regards,


Astrawinata G

r.a.n

@ Mas Astra..
Makasih mas...udah diralat...maklum nulisnya rada buru-buru ;D iyah bener itu akibat  efek samping habis minum obat DM deh..Tapi saya juga rada lupa..Soalnya cerita tahun lalu waktu stase di Peyakit Dalam.

@Huria..
VINDICATE..baru denger ..boleh tuh mas Huria..Singkatannya ???

Tapi bener, kalo udah di ruang resusitasi mental orang diuji. Sempet saya udah panik..aduh ini orang udah masuk kristaloid kolf ke III nggak stabil-stabil...Tapi residen anastesinya tenang banget...dan akhirnya masuk koloid satu kolf..kesadarannya naik..Saya angkat topi banget ama itu residen...Dingin..banget...nggak kelihatan paniknya..
[move]"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???" [/move]

sisca, chemistry

kyknya seru nih uda masuk koas... pengen.. ahhahaha~
OOT... wkkwkwkw~

ruang resusitasi itu tempat apa mas..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Astrawinata G

@Mas ran: kristaloidkolf itu apa Mas? :)

@sisca: niat jadi dokter juga?:D
Best Regards,


Astrawinata G

sisca, chemistry

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

sorry OOT lage... XDD

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

r.a.n

@ Sisca
Ruang resusitasi itu ruangan tempat orang tanda-tanda vitalnya nggak bagus...MUlai dari kesadaran tensi nadi suhu dan pernapasan...Nah itu butuh pemantauan lebih ketat. Nah Kaptennya itu orang yang sedang mengambil spesialis anastesi..atau biasa kita bilang residen anastesi. NAh Jendralnya itu Konsulen anastesi...Tapi biasanya jendralnya nggak turun tangan...biasanya yang turun tangan adalah chiefnya..yaitu residen tahap akhir...

@ Mas Astra..
Cairan resusitasi infusan itu kebagi dua ada cairan resusitasi sama cairan maintenance..atau bahasa Indonya cairan rumatan..nah cairan resusitasi itu terbagi dua yaitu cairan kristaloid dan cairan koloid...Cairan kristaloid itu setahu saya ..cuma tiga yang sering ketemu..yaitu NaCl 0,9%, RL, RA. nah itu biasa buat resusitasi...Nah kalau koloid itu cairan resusitasi juga tapi berat molekulnya besar..seingat saya sih terbagi dua ada yang sintetik ada yang non sintetik...Aduh kalo cairan koloid..itu biasanya dipake..kalo emang cairang kristaloid udah nggak mempan..intinya adalah mencukupi cairan intravaskuler....Untuk pembahasan mengenai koloid nanti saya cari referensi lagi deh....
[move]"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???" [/move]

sisca, chemistry

garam jadi cairan infus..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

garam fisiologis Sis...
0,9%

sisca, chemistry

oh,, beda sama garam biasa ya.?
hahahha~
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

sama Sis....
NaCl jg kok....

sisca, chemistry

jadi garam biasa bisa dipake jg buat infus.?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien


sisca, chemistry

oh,, jadi.. garam biasa itu diencerkan sampe 0,9%..? bisa ya..?
hahaha~
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]