Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 29, 2021, 02:59:53 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 133
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: golongan darah menetukan sifat..??  (Dibaca 19408 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline dhiya

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 64
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
golongan darah menetukan sifat..??
« pada: Januari 26, 2009, 09:10:45 AM »
aq pernah baca disalah satu blog... bahwa golongan darah sesorang bisa menentukan sifat dan kepribadiannya,,,,
misalnya orang bergolongan darah A lebih perfeksionis dibanding yang lain..
wah jadi penasaran kok bisa gitu ya??

apa sih hubungannnya....??
apakan hal tersebut ramalan aja atau bisa dibuktikan secara sains???


Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #1 pada: Februari 01, 2009, 02:31:24 PM »
wah baru tau jg tuh...
eh sori mau ikutan nanya juga ;D
apa mungkin golongan darah seseorang itu beda sama orang tuanya
cth gol drah saya O
sedangkan ayah dan ibu saya B dan AB.
apa itu mungkin?
klo mungkin berarti wktu sy tes gol darah itu ketuker kali y*ngeles hheee  ;D ::)

jngn2 saya emg wktu bayi ketuker d rumah skit,..apa sy anak pungut..... :-[
waaaaa...
 ;D

sangat dimohon jawabannya klo ada yg tau...
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #2 pada: Februari 02, 2009, 03:01:35 AM »
Setahu saya golongan darah diturunkan mengikuti kaidah mendel. Terutama sistem ABO. Apakah mungkin golongan darah anak beda dengan orang tua?. Yah.. bisa saja asal bapaknya A, ibunya B dan anaknya bisa 25% berdarah O. Tapai kalo kasusnya B dan AB dan jadi O. Aduh, kyknya ketuker kali tes darahnya. Sebab, biar B-nya heterozigot sekalipun beda paling jadi A. Kalii.... ;)
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #3 pada: Februari 02, 2009, 04:27:31 AM »
wah baru tau jg tuh...
eh sori mau ikutan nanya juga ;D
apa mungkin golongan darah seseorang itu beda sama orang tuanya
cth gol drah saya O
sedangkan ayah dan ibu saya B dan AB.
apa itu mungkin?
klo mungkin berarti wktu sy tes gol darah itu ketuker kali y*ngeles hheee  ;D ::)

jngn2 saya emg wktu bayi ketuker d rumah skit,..apa sy anak pungut..... :-[
waaaaa...
 ;D

sangat dimohon jawabannya klo ada yg tau...

nih,...pada menduga kalo dia anak pungut he..he.....ya tetusaja orang tua yang punya golongan darah A dan B bisa melahirkan anak gol O

gini pada gol darah A ada  aglutinogen A dan aglutinin b dengan simbol A(besar) dan b(kecil)=Ab untuk orang yang gol A
pada B ada agutinogen B dan aglutinin atau antigen a dengan rumusan aB

       Ab  X  aB  dapat ditulis menjadi IAIb   X   IaIB
seperti ini 


gent   A      b
         
B   AB      Bb
         
         
a   Aa      ab
         
         




atau dengan pola I         



gent   Ia      I0
         
Ib   IaIb      IbI0
         
         
         
I0   IaI0      I0I0
         
         
      
nah. gol IaIb atau I0I0 itu adalah O
........ :P

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #4 pada: Februari 02, 2009, 01:50:22 PM »
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #5 pada: Februari 03, 2009, 12:21:48 PM »
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
AB tidak sama dengan O, AB tidak punya aglutinin ab melainkan AB, O punya aglutinin ab mereka jelas berbeda...istilahnya dalam I adalah IAIB dan I0I0

jika parental ber gol darah B dan O....
persen anaknya adalah....50% B dan O tak pernah atau takada kemungkinan A atau AB

tapi bila gol parental B dan AB persennya 25% AB, 50% B, 25% A....
kalo ini salah silakan ralat sendiri....

Offline pai99

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 70
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #6 pada: Februari 04, 2009, 05:53:18 AM »
sip2,, dah bener tu turunan mendelnya

tapi yang saia bingung tuw yah
knapa golongan darah yang berbeda juga dapat berbeda dalam mekanisme diet, atau bebrpa proses fisiologis lainnya??
kan perasaan klo dilihat secara biokimia hanya ada perbedaan di permukaan sel darah merah yah?
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #7 pada: Februari 04, 2009, 06:06:45 AM »
jika parental ber gol darah B dan O....
persen anaknya adalah....50% B dan O...
Salah, tergantung B nya homozygote atau heterozygote... kalo B heterozygote kawin dengan O, maka benar anaknya akan 50% B heterozygote dan sisanya O. Sementara itu, jika B homozygote kawin dengan O, dipastikan tidak ada anak selain B (semuanya heterozygote).
"The pen is mightier than the sword"

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #8 pada: Februari 04, 2009, 10:52:56 AM »
Salah, tergantung B nya homozygote atau heterozygote... kalo B heterozygote kawin dengan O, maka benar anaknya akan 50% B heterozygote dan sisanya O. Sementara itu, jika B homozygote kawin dengan O, dipastikan tidak ada anak selain B (semuanya heterozygote).
thanks atas new input....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #9 pada: Februari 05, 2009, 07:31:45 AM »
... terus apa hubungannya dengan sifat?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #10 pada: Februari 05, 2009, 12:25:39 PM »
....hei, aku cuma bisa jawab dari pertanyaan tentang pewarisan gol darah yang kukutip,...baru dengar gol darah A lebih perfeksionis dari yang lain...ngomong-ngomong dapat dari blok mana Dhiya...?

Offline dhiya

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 64
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #11 pada: Februari 08, 2009, 09:05:05 AM »
wahh... jga lupa tuh..
kebetulan baca ja...
ntar dee diliat..

hehe...

jadi blon ada yang tau toh..

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #12 pada: Februari 09, 2009, 11:41:49 AM »
jadi apa maksud dhya yang ini ...http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/touch-my-heart-mengenal-kepribadian-anak-menurut-golongan-darah/ (ftp://http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/touch-my-heart-mengenal-kepribadian-anak-menurut-golongan-darah/)

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #13 pada: Februari 12, 2009, 04:59:59 AM »
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
ketuker... B kalo kawin dengan AB, maka cuma bisa keluar AB dan B.

Offline dhiya

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 64
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
Re: golongan darah menetukan sifat..??
« Jawab #14 pada: Februari 20, 2009, 04:35:27 AM »
thanks atas new input....

yah... yang itu merupakan slah stunya

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
36 Jawaban
211422 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2016, 01:37:04 PM
oleh Monox D. I-Fly
Pengaruh Golongan darah

Dimulai oleh Nabih « 1 2 ... 11 12 » Biologi

165 Jawaban
72377 Dilihat
Tulisan terakhir April 26, 2012, 05:28:27 AM
oleh exile_rstd
16 Jawaban
12736 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 03, 2010, 11:19:54 AM
oleh Diie
3 Jawaban
7213 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2011, 11:51:17 AM
oleh Takagi Fujimaru
8 Jawaban
11102 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 13, 2011, 05:38:06 AM
oleh exile_rstd