Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 09:04:32 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 61
Total: 61

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

golongan darah menetukan sifat..??

Dimulai oleh dhiya, Januari 25, 2009, 06:10:45 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dhiya

aq pernah baca disalah satu blog... bahwa golongan darah sesorang bisa menentukan sifat dan kepribadiannya,,,,
misalnya orang bergolongan darah A lebih perfeksionis dibanding yang lain..
wah jadi penasaran kok bisa gitu ya??

apa sih hubungannnya....??
apakan hal tersebut ramalan aja atau bisa dibuktikan secara sains???


luth

wah baru tau jg tuh...
eh sori mau ikutan nanya juga ;D
apa mungkin golongan darah seseorang itu beda sama orang tuanya
cth gol drah saya O
sedangkan ayah dan ibu saya B dan AB.
apa itu mungkin?
klo mungkin berarti wktu sy tes gol darah itu ketuker kali y*ngeles hheee  ;D ::)

jngn2 saya emg wktu bayi ketuker d rumah skit,..apa sy anak pungut..... :-[
waaaaa...
;D

sangat dimohon jawabannya klo ada yg tau...
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

r.a.n

Setahu saya golongan darah diturunkan mengikuti kaidah mendel. Terutama sistem ABO. Apakah mungkin golongan darah anak beda dengan orang tua?. Yah.. bisa saja asal bapaknya A, ibunya B dan anaknya bisa 25% berdarah O. Tapai kalo kasusnya B dan AB dan jadi O. Aduh, kyknya ketuker kali tes darahnya. Sebab, biar B-nya heterozigot sekalipun beda paling jadi A. Kalii.... ;)
[move]"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???" [/move]

nandaz

Kutip dari: luth pada Januari 31, 2009, 11:31:24 PM
wah baru tau jg tuh...
eh sori mau ikutan nanya juga ;D
apa mungkin golongan darah seseorang itu beda sama orang tuanya
cth gol drah saya O
sedangkan ayah dan ibu saya B dan AB.
apa itu mungkin?
klo mungkin berarti wktu sy tes gol darah itu ketuker kali y*ngeles hheee  ;D ::)

jngn2 saya emg wktu bayi ketuker d rumah skit,..apa sy anak pungut..... :-[
waaaaa...
;D

sangat dimohon jawabannya klo ada yg tau...

nih,...pada menduga kalo dia anak pungut he..he.....ya tetusaja orang tua yang punya golongan darah A dan B bisa melahirkan anak gol O

gini pada gol darah A ada  aglutinogen A dan aglutinin b dengan simbol A(besar) dan b(kecil)=Ab untuk orang yang gol A
pada B ada agutinogen B dan aglutinin atau antigen a dengan rumusan aB

       Ab  X  aB  dapat ditulis menjadi IAIb   X   IaIB
seperti ini 


gent   A      b
         
B   AB      Bb
         
         
a   Aa      ab
         
         




atau dengan pola I         



gent   Ia      I0
         
Ib   IaIb      IbI0
         
         
         
I0   IaI0      I0I0
         
         
      
nah. gol IaIb atau I0I0 itu adalah O
........ :P

starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

luth

jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong[move][/move]

nandaz

Kutip dari: luth pada Februari 01, 2009, 10:50:22 PM
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
AB tidak sama dengan O, AB tidak punya aglutinin ab melainkan AB, O punya aglutinin ab mereka jelas berbeda...istilahnya dalam I adalah IAIB dan I0I0

jika parental ber gol darah B dan O....
persen anaknya adalah....50% B dan O tak pernah atau takada kemungkinan A atau AB

tapi bila gol parental B dan AB persennya 25% AB, 50% B, 25% A....
kalo ini salah silakan ralat sendiri....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

pai99

sip2,, dah bener tu turunan mendelnya

tapi yang saia bingung tuw yah
knapa golongan darah yang berbeda juga dapat berbeda dalam mekanisme diet, atau bebrpa proses fisiologis lainnya??
kan perasaan klo dilihat secara biokimia hanya ada perbedaan di permukaan sel darah merah yah?
Sciences is Allah's swt Words,,
'Andai air laut menjadi tinta, dan semua pohon di bumi ini menjadi pena nya, tidak akan cukup untuk menulis semua ilmu Allah'
Surf it! Know it! Get i

biobio

Kutip dari: nandaz pada Februari 02, 2009, 09:21:48 PM
jika parental ber gol darah B dan O....
persen anaknya adalah....50% B dan O...
Salah, tergantung B nya homozygote atau heterozygote... kalo B heterozygote kawin dengan O, maka benar anaknya akan 50% B heterozygote dan sisanya O. Sementara itu, jika B homozygote kawin dengan O, dipastikan tidak ada anak selain B (semuanya heterozygote).
"The pen is mightier than the sword"

nandaz

Kutip dari: biobio pada Februari 03, 2009, 03:06:45 PM
Salah, tergantung B nya homozygote atau heterozygote... kalo B heterozygote kawin dengan O, maka benar anaknya akan 50% B heterozygote dan sisanya O. Sementara itu, jika B homozygote kawin dengan O, dipastikan tidak ada anak selain B (semuanya heterozygote).
thanks atas new input....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

syx

... terus apa hubungannya dengan sifat?

nandaz

....hei, aku cuma bisa jawab dari pertanyaan tentang pewarisan gol darah yang kukutip,...baru dengar gol darah A lebih perfeksionis dari yang lain...ngomong-ngomong dapat dari blok mana Dhiya...?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

dhiya

wahh... jga lupa tuh..
kebetulan baca ja...
ntar dee diliat..

hehe...

jadi blon ada yang tau toh..

nandaz

jadi apa maksud dhya yang ini ...[url="http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/touch-my-heart-mengenal-kepribadian-anak-menurut-golongan-darah/"]http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/touch-my-heart-mengenal-kepribadian-anak-menurut-golongan-darah/[/url] (ftp://http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/touch-my-heart-mengenal-kepribadian-anak-menurut-golongan-darah/)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

biobio

Kutip dari: luth pada Februari 01, 2009, 10:50:22 PM
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
ketuker... B kalo kawin dengan AB, maka cuma bisa keluar AB dan B.
"The pen is mightier than the sword"

dhiya