Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: dhiya pada Januari 25, 2009, 06:10:45 PM

Judul: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: dhiya pada Januari 25, 2009, 06:10:45 PM
aq pernah baca disalah satu blog... bahwa golongan darah sesorang bisa menentukan sifat dan kepribadiannya,,,,
misalnya orang bergolongan darah A lebih perfeksionis dibanding yang lain..
wah jadi penasaran kok bisa gitu ya??

apa sih hubungannnya....??
apakan hal tersebut ramalan aja atau bisa dibuktikan secara sains???

Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: luth pada Januari 31, 2009, 11:31:24 PM
wah baru tau jg tuh...
eh sori mau ikutan nanya juga ;D
apa mungkin golongan darah seseorang itu beda sama orang tuanya
cth gol drah saya O
sedangkan ayah dan ibu saya B dan AB.
apa itu mungkin?
klo mungkin berarti wktu sy tes gol darah itu ketuker kali y*ngeles hheee  ;D ::)

jngn2 saya emg wktu bayi ketuker d rumah skit,..apa sy anak pungut..... :-[
waaaaa...
;D

sangat dimohon jawabannya klo ada yg tau...
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: r.a.n pada Februari 01, 2009, 12:01:35 PM
Setahu saya golongan darah diturunkan mengikuti kaidah mendel. Terutama sistem ABO. Apakah mungkin golongan darah anak beda dengan orang tua?. Yah.. bisa saja asal bapaknya A, ibunya B dan anaknya bisa 25% berdarah O. Tapai kalo kasusnya B dan AB dan jadi O. Aduh, kyknya ketuker kali tes darahnya. Sebab, biar B-nya heterozigot sekalipun beda paling jadi A. Kalii.... ;)
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 01, 2009, 01:27:31 PM
Kutip dari: luth pada Januari 31, 2009, 11:31:24 PM
wah baru tau jg tuh...
eh sori mau ikutan nanya juga ;D
apa mungkin golongan darah seseorang itu beda sama orang tuanya
cth gol drah saya O
sedangkan ayah dan ibu saya B dan AB.
apa itu mungkin?
klo mungkin berarti wktu sy tes gol darah itu ketuker kali y*ngeles hheee  ;D ::)

jngn2 saya emg wktu bayi ketuker d rumah skit,..apa sy anak pungut..... :-[
waaaaa...
;D

sangat dimohon jawabannya klo ada yg tau...

nih,...pada menduga kalo dia anak pungut he..he.....ya tetusaja orang tua yang punya golongan darah A dan B bisa melahirkan anak gol O

gini pada gol darah A ada  aglutinogen A dan aglutinin b dengan simbol A(besar) dan b(kecil)=Ab untuk orang yang gol A
pada B ada agutinogen B dan aglutinin atau antigen a dengan rumusan aB

       Ab  X  aB  dapat ditulis menjadi IAIb   X   IaIB
seperti ini 


gent   A      b
         
B   AB      Bb
         
         
a   Aa      ab
         
         




atau dengan pola I         



gent   Ia      I0
         
Ib   IaIb      IbI0
         
         
         
I0   IaI0      I0I0
         
         
      
nah. gol IaIb atau I0I0 itu adalah O
........ :P

Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: luth pada Februari 01, 2009, 10:50:22 PM
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 02, 2009, 09:21:48 PM
Kutip dari: luth pada Februari 01, 2009, 10:50:22 PM
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
AB tidak sama dengan O, AB tidak punya aglutinin ab melainkan AB, O punya aglutinin ab mereka jelas berbeda...istilahnya dalam I adalah IAIB dan I0I0

jika parental ber gol darah B dan O....
persen anaknya adalah....50% B dan O tak pernah atau takada kemungkinan A atau AB

tapi bila gol parental B dan AB persennya 25% AB, 50% B, 25% A....
kalo ini salah silakan ralat sendiri....
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: pai99 pada Februari 03, 2009, 02:53:18 PM
sip2,, dah bener tu turunan mendelnya

tapi yang saia bingung tuw yah
knapa golongan darah yang berbeda juga dapat berbeda dalam mekanisme diet, atau bebrpa proses fisiologis lainnya??
kan perasaan klo dilihat secara biokimia hanya ada perbedaan di permukaan sel darah merah yah?
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: biobio pada Februari 03, 2009, 03:06:45 PM
Kutip dari: nandaz pada Februari 02, 2009, 09:21:48 PM
jika parental ber gol darah B dan O....
persen anaknya adalah....50% B dan O...
Salah, tergantung B nya homozygote atau heterozygote... kalo B heterozygote kawin dengan O, maka benar anaknya akan 50% B heterozygote dan sisanya O. Sementara itu, jika B homozygote kawin dengan O, dipastikan tidak ada anak selain B (semuanya heterozygote).
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 03, 2009, 07:52:56 PM
Kutip dari: biobio pada Februari 03, 2009, 03:06:45 PM
Salah, tergantung B nya homozygote atau heterozygote... kalo B heterozygote kawin dengan O, maka benar anaknya akan 50% B heterozygote dan sisanya O. Sementara itu, jika B homozygote kawin dengan O, dipastikan tidak ada anak selain B (semuanya heterozygote).
thanks atas new input....
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: syx pada Februari 04, 2009, 04:31:45 PM
... terus apa hubungannya dengan sifat?
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 04, 2009, 09:25:39 PM
....hei, aku cuma bisa jawab dari pertanyaan tentang pewarisan gol darah yang kukutip,...baru dengar gol darah A lebih perfeksionis dari yang lain...ngomong-ngomong dapat dari blok mana Dhiya...?
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: dhiya pada Februari 07, 2009, 06:05:05 PM
wahh... jga lupa tuh..
kebetulan baca ja...
ntar dee diliat..

hehe...

jadi blon ada yang tau toh..
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 08, 2009, 08:41:49 PM
jadi apa maksud dhya yang ini ...http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/touch-my-heart-mengenal-kepribadian-anak-menurut-golongan-darah/ (ftp://http://www.forumsains.com/biografi-dan-buku/touch-my-heart-mengenal-kepribadian-anak-menurut-golongan-darah/)
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: biobio pada Februari 11, 2009, 01:59:59 PM
Kutip dari: luth pada Februari 01, 2009, 10:50:22 PM
jadi kesimpulannya kasus saya apa nih(B dan AB=O)?
saya ga ktuker kan....
hehehehehehehe ;D ;D ;D
ketuker... B kalo kawin dengan AB, maka cuma bisa keluar AB dan B.
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: dhiya pada Februari 19, 2009, 01:35:27 PM
Kutip dari: nandaz pada Februari 03, 2009, 07:52:56 PM
thanks atas new input....

yah... yang itu merupakan slah stunya
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: h4ry pada Februari 20, 2009, 09:53:24 AM
klo AB dngn AB gmn ?

hoho
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 20, 2009, 01:34:42 PM
lakukan dengan cara sama, paling mudah menggunakan alelnya....maka akan dapat diperkirakan hasilnya
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: syx pada Februari 20, 2009, 03:44:02 PM
Kutip dari: h4ry pada Februari 20, 2009, 09:53:24 AM
klo AB dngn AB gmn ?

hoho
AB x AB kemungkinan 25% A, 50% AB, dan 25% B
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: biobio pada Februari 23, 2009, 02:15:22 PM
Kutip dari: syx pada Februari 20, 2009, 03:44:02 PM
AB x AB kemungkinan 25% A, 50% AB, dan 25% B
dan B maupun A nya homozygote..
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: h4ry pada Februari 23, 2009, 03:42:16 PM
bukannya sifat itu dari gen ?


ya kan ?mank gol darah jga ?
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: iid weasley pada Maret 05, 2009, 05:29:39 PM
golongan darah hanya menentukan sifat keturunan sekitar 60 %.

dalam kedokteran sekarang DNA yang tingkat kepercayaannya sampai 99,9 %.
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: Aghie pada Mei 19, 2009, 12:04:05 AM
Kutip dari: dhiya pada Januari 25, 2009, 06:10:45 PM
aq pernah baca disalah satu blog... bahwa golongan darah sesorang bisa menentukan sifat dan kepribadiannya,,,,
misalnya orang bergolongan darah A lebih perfeksionis dibanding yang lain..
wah jadi penasaran kok bisa gitu ya??

apa sih hubungannnya....??
apakan hal tersebut ramalan aja atau bisa dibuktikan secara sains???



Hmmmm setahuku golongan darah gag menentukan sifat dari seseorang, yang membawa sifat kan DNA, yang menentukan sifat ya DNA ini... bukan golongan darah
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: Aghie pada Mei 19, 2009, 12:10:58 AM
Kutip dari: luth pada Januari 31, 2009, 11:31:24 PM
wah baru tau jg tuh...
eh sori mau ikutan nanya juga ;D
apa mungkin golongan darah seseorang itu beda sama orang tuanya
cth gol drah saya O
sedangkan ayah dan ibu saya B dan AB.
apa itu mungkin?
klo mungkin berarti wktu sy tes gol darah itu ketuker kali y*ngeles hheee  ;D ::)

jngn2 saya emg wktu bayi ketuker d rumah skit,..apa sy anak pungut..... :-[
waaaaa...
;D

sangat dimohon jawabannya klo ada yg tau...



Buat Luth, kombinasi ayah B dan ibu AB seharusnya tidak menghasilkan fenotip golongan darah O seperti yang di punya Luth.. namun mungkin ada kasus unik yang terjadi di sini, saran si lakukan tes DNA saja, biar hilang segala keraguan   :)
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: biobio pada Mei 19, 2009, 09:12:45 AM
Kutip dari: iid weasley pada Maret 05, 2009, 05:29:39 PM
golongan darah hanya menentukan sifat keturunan sekitar 60 %.

dalam kedokteran sekarang DNA yang tingkat kepercayaannya sampai 99,9 %.
sifat tidak ada hubungannya dengan golongan darah
Judul: Re: golongan darah menetukan sifat..??
Ditulis oleh: Nabih pada Juni 19, 2009, 07:16:37 PM
waduh, ternyata saya repost ya

sory

http://www.forumsains.com/biologi/pengaruh-golongan-darah/msg37179/?topicseen#new