Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 01, 2021, 05:55:32 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 57
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Hati-hati dengan teh celup  (Dibaca 7094 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

eka

  • Pengunjung
Hati-hati dengan teh celup
« pada: Agustus 29, 2007, 06:19:36 AM »
Buat yang pernah berkunjung ke pabrik kertas/pulp, mungkin tahu bahwa chlorine ini adalah senyawa kimia yang sangat jahat dengan lingkungan dan manusia, khususnya dapat menyerang syaraf dsb! Dari kejauhan pabrik mudah dilihat jika ada asap berwarna kuning yang mengepul dari pabrik, itu bukan asap biasa tapi chlorine gas. Makanya industri ini mendapat serangan hebat dari LSM lingkungan karena hal di atas disamping juga masalah kehutanan. Kertas terbuat dari bubur pulp yang berwarna coklat tua kehitaman. Agar serat berwarna putih, diperlukan sejenis bahan pengelantang (sejenis pemutih pakaian) senyawa chlorine yang kekuatan sangat keras sekali!

Kertas sama dengan kain, karena memiliki serat. Kalau anda mau uji bener apa tidaknya, silahkan coba nanti malam bawa tissue ke diskotek atau ke studio foto, lihatlah tissue akan mengeluarkan cahaya saat kena sinar ultraviolet dari lampu disco! Berarti masih mengandung chlorine tinggi.

Kalau di negara maju, produk ini harus melakukan proses Neutralization dgn biaya cukup mahal agar terbebas dari chlorine dan dapet label kesehatan.

Tissue atau kertas makanan dari negera maju yang dapet label Depkesnya tidak bakalan mengeluarkan cahaya tsb saat kena UV. Kertas rokok sami mawon, bahkan ada tambahan calsium carbonat agar daya bakarnya sama dengan tembakau dan akan terurai jadi CO saat dibakar. Di Indonesia tidak ada yang kontrol, jadi harap berhati-hati.


Minumlah Teh, Bukan Klorin...

Anda gemar minum teh? Dan, sebagai manusia modern Anda tentu suka segala sesuatu yang praktis, kan ? Nah, Anda tentu sering minum teh menggunakan teh celup. Selain karena suka rasa teh, mungkin Anda minum teh karena yakin akan berbagai khasiat teh. Misalnya, teh merah untuk relaksasi, teh hitam untuk pencernaan, atau teh hijau untuk melangsingkan tubuh. Namun, apa Anda terbiasa mencelupkan kantong teh celup berlama-lama?

Mungkin, pikir Anda, semakin lama kantong teh dicelupkan dalam air panas, makin banyak khasiat teh tertinggal dalam minuman teh...
Padahal, yang terjadi justru sama sekali berbeda! Kandungan zat klorin di kantong kertas teh celup akan larut. Apalagi jika Anda mencelupkan kantong teh lebih dari 3 - 5 menit.

Klorin atau chlorine, zat kimia yang lazim digunakan dalam industri kertas.
Fungsinya, disinfektan kertas, hingga kertas bebas dari bakteri pembusuk dan tahan lama.
Selain itu, kertas dengan klorin memang tampak lebih bersih. Karena disinfektan, klorin dalam jumlah besar tentu
berbahaya. Tak jauh beda dari racun serangga. Banyak penelitian mencurigai kaitan antara asupan klorin dalam tubuh manusia dengan kemandulan pada pria, bayi lahir cacat, mental terbelakang, dan kanker.

Nah, mulai sekarang, jangan biarkan teh celup Anda tercelup lebih dari 5 menit.
Atau, kembali ke cara yang sedikit repot, gunakan daun teh.
Semoga bermanfaat and stay health !!!



Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Hati-hati dengan teh celup
« Jawab #1 pada: Agustus 30, 2007, 06:04:47 AM »
wakss... ini beneran? padahal tiap hari saya nge-teh huhu....  :'( .... emang sampe sekarang bleaching masih pake chlorine yah? bukannya udah diganti pake ozone atau oxidator yg lain?  ???
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Hati-hati dengan teh celup
« Jawab #2 pada: September 02, 2007, 06:23:33 AM »
Keknya emang masih pake chlorine, cari2 barusan ga ada.
Isunya dah rada lama sih, emang dah diganti ya skrg?

Hasil gugling :

"Tea-Bag" Method :
http://web.mit.edu/murcott/www/arsenic/templates/CP3TeaBag.htm

Hydrogen peroxide-containing bleach liquor and bleaching method thereby :
http://www.patentstorm.us/patents/5855622-description.html

Method of bleaching stained fabrics :
http://www.patentstorm.us/patents/6302921-claims.html

Bleach :
http://en.wikipedia.org/wiki/Bleach

Chlorine - The paradox :
http://www.enerex.ca/articles/chlorine_the_paradox.htm

Offline f3r1

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: Hati-hati dengan teh celup
« Jawab #3 pada: Agustus 02, 2008, 06:27:51 AM »
mendingan kita nggak pakai teh celup aja,masalahnya kalau masih kita pakai walau pun kurang dari 3 menit
larutan zat clorin itu akan tetep larut karna panasnya air jadi mulai sekarang nggak usah aja pakai teh celup
kita aman dari zat yang mematikan itu,, :D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Hati-hati dengan teh celup
« Jawab #4 pada: Agustus 02, 2008, 07:13:20 AM »
chlorine bukannya volatile? dipake juga buat pembersihan dalam air PAM kan? dalam lambung sendiri ada HCl kan? yg bahaya sebenernya bukan chlorinenya tapi senyawa golongan dioxin. senyawa ini terbentuk dari pembakaran bahan organik dan beberapa reaksi kimia termasuk penggunaan chlorine dan chlorine dioxide dalam pemutihan wood pulp. dioxin ini bersifat karsinogenik. dari kelompok dioxin yg paling toxic adalah 2,3,7,8-tetrachlorodibenzo-1,4-dioxin. jadi sekarang masalahnya adalah sampe sejauh mana residu dioxin ini ada dalam tea-bag? gimana cara deteksinya? emang yg bikin nyala fluoresensi pada kertas itu beneran chlorine?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
3690 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 27, 2007, 11:11:25 PM
oleh reborn
10 Jawaban
10184 Dilihat
Tulisan terakhir September 21, 2008, 02:13:34 PM
oleh Mr.Cikal
8 Jawaban
5008 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2010, 05:51:09 AM
oleh heru.htl
20 Jawaban
11803 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 12, 2012, 05:47:25 AM
oleh Fariz Abdullah
2 Jawaban
2827 Dilihat
Tulisan terakhir September 03, 2014, 10:11:39 AM
oleh salendek