Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 08:25:21 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Hidup Tanpa Air  (Dibaca 11330 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Hidup Tanpa Air
« pada: Juli 11, 2008, 04:19:49 AM »
Kenapa kita gak bisa hidup tanpa air?
Kita bisa hidup tanpa makan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, tapi tidak mungkin hidup tanpa air selama 3 hari (pernah baca tapi lupa di mana, tolong yang punya referensi nanti dikoreksi).
Tapi anehnya, unta bisa bertahan hidup tanpa air selama tiga minggu, kok bisa?

Ok, ini yang gw tahu :
Kita butuh air yang banyak karena kita kehilangan air hampir setiap saat. Kita kehilangan air lewat keringat, saat bernapas, dan untuk sistem percernaan.

Tapi, persisnya sepenting apakah air buat manusia (dan mahkluk hidup)?
Berapa lama kita bisa bertahan tanpa air?
Berapa banyak kita harus mengkonsumsi air setiap harinya?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #1 pada: Juli 11, 2008, 06:52:00 AM »
unta masi butuh minum. dia ada kantung khusus yg bisa menyimpan air di punuknya. kalo air ini abis punuknya bisa 'kempes'. ada sejenis tikus gurun yg bisa 'membuat' air dari makanannya hingga dia ga perlu minum. itu pun dia tetep butuh air kan karena dia musti membuatnya dari makanannya. namanya tikus kangguru (Dipodomys sp.). karena kemampuannya itu dia bisa survive di lingkungan dengan sedikit air bahkan di gurun yg tanpa air sekalipun. ginjalnya pun spesial, ga mudah kena batu ginjal meskipun ga minum. ginjalnya ini mampu membuat 'limbah' dengan jumlah air sangat sedikit... bayangin aja baunya kaya apa kalo pipisnya sepekat itu.bottom.

manusia dan makhluk hidup tentu aja perlu air. berbagai reaksi kimia dalam sel menggunakan air sebagai medianya, kalo sampe ga ada air ya berbagai reaksi dalam sel - jaringan - tubuh bisa mandeg. darah bersifat cair hingga bisa mengalir melalui pembuluh darah. kalo sampe kekurangan air trus darah mengental dan ga isa ngalir lagi...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #2 pada: Juli 11, 2008, 09:21:45 AM »
lanjut... akibatnya pengaliran nutrisi makanan ke seluruh tubuh terhambat, suplai oksigen terganggu, demikian juga dengan pengangkutan sampah sel. air juga dibutuhkan sebagai membantu mengatur suhu tubuh. kalo ga ada air suhu tubuh bisa meninggi terus. semuanya ini bisa berakibat fatal.

berapa banyak air yg musti diminum? ada rumusan:
A good estimate is to take your body weight in pounds and divide that number in half. That gives you the number of ounces of water per day that you need to drink.
satu pound (lb) setara dengan 0.453592 kg, 1 ounce setara dengan 0.0295735295625 liter. tinggal itung sendiri berapa kebutuhan per hari. misalnya orang dengan berat badan 60 kg (132 lbs) perlu minum sebanyak 66 ounces ato sekitar 2 liter (udah dibulatin ke atas). rasanya perhitungan ini lebih akurat ketimbang patokan umum: minumlah air 8 gelas sehari. gelas apaan nih? ukuran gelas kan macam-macam?

Jegtvig S. Drinking Water to Maintain Good Health


Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #3 pada: Mei 27, 2009, 12:46:53 PM »
[justify]Topiknya diangkat lagi ah...   :D

Saya masih heran ajah dengan email-email yang berseliweran di milis yang mengatakan tentang "TERAPI 6 GELAS AIR PUTIH". Di situ di informasikan tentang daftar penyakit yang bisa disembuhkan dengan terapi ini, bagaimana cara bekerja dan cara melakukan terapi ini.

Singkat aja, saya jelas tidak sependapat.

# Fakta pertama, minum air sangat bagus bagi tubuh. Karena 70% tubuh kita terdiri dari air.

# Fakta kedua, tapi terlalu banyak minum dapat mengakibatkan keracunan. Seperti yang dikutip dari wiki :
Kutip
"Water intoxication (also known as 'hyper-hydration' or water poisoning) is a potentially fatal disturbance in brain functions that results when the normal balance of electrolytes in the body is pushed outside of safe limits by over-consumption of water." (http://en.wikipedia.org/wiki/Water_intoxication)

Nah loh...! over-consumption of water. Terlalu berlebihan meminum air bisa menyebabkan otak kita membengkak karena tekanan dalam kepala terlalu tinggi (yang elitnya kita menyebut "Stroke"). Dan karena pembengkakkan itu terhalang oleh tengkorak, maka kepala akan terasa nyeri. Gejala ini selalu diawali dengan rasa mual dan pusing-pusing.

# Ketiga (pendapat ahli), selain otak menurut dr. HR Moh Yogiantoro SpPD-KGH, mengatakan
Kutip
"Yang menerima dampak negatif jika minum berlebihan adalah ginjal"
. Bagi orang yang sehat dan ginjalnya masih bekerja aktif, maka dampaknya hanya terasa melalui rasa pengen kencing yang sering saja (beser). Tapi bagi orang yang kinerja ginjalnya sudah menurun, bisa mengakibatkan kerusakan ginjal.

# Keempat, segala yang berlebihan bukan mendatangkan manfaat, melainkan mudharat. Bukankah sebaik-baiknya hidup itu adalah ada di pertengahan?

# Kelima, kalau kita cari sumber berita tentang "minum 6 gelas air", ujungnya saya cuman sampai ke sini :

http://www.karinya.com/waterhealing.htm

Terjemahannya sama persis dengan versi Indonesianya, kecuali sumbernya :
Kalo yang diforwardkan dalam bahasa Indonesia kebanyakan sumbernya mencatut :
Kutip
Prof. S Periasamy DIM & D ACC - Bohiraj Vedante Maharish Charity, Kantha Health And Research, Centre Karur 639006, TN India

Sedangkan link saya diatas, menggunakan nama "George Sasaki"

Baik George Sasaki maupun Prof. S Periasamy entahlah saya tidak menemukan publikasi hasil-hasil karyanya (bila memang beliau-beliau seorang profesor) Dan kalau ada yang mau mencarikan lembaga research "Kantha Health and Research" pun dipersilahkan. Kalo saya nanya sama om Google, kebanyakan cuman ada di situs-situs Indonesia saja.

Untuk bacaan tambahan :
http://en.wikipedia.org/wiki/Water_intoxication
http://drbenkim.com/drink-too-much-water-dangerous.html
http://wiki.answers.com/Q/Can_drinking_too_much_water_be_dangerous

So sayangilah tubuh kita, sayangilah ginjal kita. ^_^[/justify]
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline daengmatterru

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #4 pada: Oktober 21, 2010, 08:48:08 AM »
Yups air memang begitu bermanfaat.
User baru

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #5 pada: November 04, 2010, 10:42:36 PM »
Ikut ngangkat lagi ah...
sebagian besar sel kan terdiri dari sitoplasma yang bisa dibilang "air". Kalo sel hewan, jika kekurangan air akan kisut, tapi kalo kelebihan malah akan lisis. Keduanya juga ga baik kan?

Kutip
Nah loh...! over-consumption of water. Terlalu berlebihan meminum air bisa menyebabkan otak kita membengkak karena tekanan dalam kepala terlalu tinggi (yang elitnya kita menyebut "Stroke"). Dan karena pembengkakkan itu terhalang oleh tengkorak, maka kepala akan terasa nyeri. Gejala ini selalu diawali dengan rasa mual dan pusing-pusing.
Nah, aq pernah baca, di Amerika kalo ga salah, ada lomba minum air. Trus pemenangnya, (kalo ga salah) minum air segalon dalam 3 jam. Alhasil, otaknya bermasalah n dia mati seketika. Nah lo? Ga cuma nyeri, tapi MATI!

Hm, kekurangan air masih mending daripada kekurangan tidur. Yg aq tau, orang ga makan bisa kuat 2 minggu, orang ga minum bisa bertahan 1 minggu, tapi orang ga tidur - walaopun makan n minum - cuma bisa bertahan 3 hari... Note: lama waktunya subjektif sih, tapi yg jelas urutannya dari paling lama: ga makan -> ga minum -> ga tidur.
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #6 pada: November 04, 2010, 11:05:39 PM »
yang bikin lombanya orang edan... emang FDA ga kasi peringatan sblom ajang lomba? siapa yang kasi ijin lomba tuh. lomba yang berpotensi bikin gangguan kesehatan seperti lomba minum dan makan kaya gitu mustinya dilarang karena berpotensi besar menyebabkan gangguan kesehatan.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #7 pada: November 04, 2010, 11:08:03 PM »
Loh? Bukannya di sana banyak ya lomba2 kayak gitu? @.@
apa lagi lomba makan... tapi ga tau lagi kalo sekarang... ;D

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #8 pada: November 07, 2010, 01:42:48 PM »
kalo lomba tahan nafas, pasti spotif dan aman :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #9 pada: November 07, 2010, 04:32:19 PM »
kalo lomba tahan nafas, pasti spotif dan aman :)
Gak juga..
Tahan napas yang terlalu lama bisa menyebabkan kematian.
Bukan karna sesak napas sampe mati.
Tapi karna tubuh mengambil buaaanyaak oksigen setelah ambil napas dan membuang buaaanyak CO2.
Tanpa CO2, gak ada refleks bernafas, jadinya ya gak bernafas.
Koit juga..
OOT OOT OOT..!!!

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #10 pada: November 09, 2010, 12:38:07 AM »
??? ???
memangnya udara ini (yang terhirup) oksigen semuanya ya ???

eh omong2 kok jadi mbahas nafas si?

Offline pandan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #11 pada: November 09, 2010, 01:43:25 AM »
@ insan sains :
# Keempat, segala yang berlebihan bukan mendatangkan manfaat, melainkan mudharat. Bukankah sebaik-baiknya hidup itu adalah ada di pertengahan?
Lebih tepatnya hidup seimbang, bukan hidup di pertengahan.

Mengenai volume air yg harus dikonsumsi dalam sehari adalah begini, parameter yg bisa di gunakan untuk mengetahui apakah tubuh kita sudah cukup mendapat air dapat diketahui dari kejernihan urin. How??? kejernihan urin itu kira2 jernihnya bisa di buat untuk membaca. Jd, klo kita pipis di atas koran, urinnya cukup jernih untuk kita membaca koran ;D. Sumbernya saya peroleh dari Dr. Oz di acara Oprah Winfrey Show. Jd, parameternya bukan volume asupan air, tp tingkat kejernihan urin. Why? krn banyak faktor, berat badan, usia, aktivitas dan kondisi lingkungan tentunya.

mohon koreksinya klo ada yg salah :)
If you can't explain it simply, you don't understand it well enough - Albert Einstein

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #12 pada: November 21, 2010, 01:16:48 PM »
memang benar :) asupan minuman MINIMAL bisa dihitung pakai rumus holiday-Segar (tanya sama Prof Huri yang ini)....atau bisa dengan jumlah urin tiap hari + 700mL

kalau mau merehidrasi orang yang dehidrasi, patokannya juga warna urin :) kalo uda jernih, berarti uda normal. kecuali ada gagal ginjal akut dan sebagainya

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #13 pada: November 25, 2010, 03:30:24 AM »
@Prof astra: Itu cuman cairan rumatan.. Kalau orangnya atlet yang keringatan terus, ya sama ajaa..
Intinya sih, minum aja..
Indikatornya tetap urin. (yang warna jernih itu)
Minum ketika haus.
Haus juga indikator dari tubuh yang bilang: "woi.. minta air..!!"

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Hidup Tanpa Air
« Jawab #14 pada: November 25, 2010, 03:11:19 PM »
yoi, makanya saya bilang asupan minimal :D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
9709 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 12, 2009, 10:15:26 PM
oleh biobio
23 Jawaban
10568 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 28, 2011, 09:17:53 PM
oleh semut-ireng
3 Jawaban
3855 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 28, 2016, 11:39:48 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
2186 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2014, 05:21:16 AM
oleh prahasetio
0 Jawaban
21234 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2019, 09:52:19 AM
oleh ihza14