Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 08, 2021, 06:17:27 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Teh Spearmint  (Dibaca 9127 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
Teh Spearmint
« pada: Agustus 03, 2008, 02:39:19 AM »
@syx
klo teh spearmint gmn? nih aku dpt wacananya dari kompas,..

Teh "Spearmint" Hilangkan Bulu Badan

Minggu, 27 Juli 2008 | 10:03 WIB
Buat penggemar teh, ada kabar gembira. Sebuah penelitian menyebutkan, teh jenis spearmint bisa membantu menghilangkan bulu badan yang berlebihan. Karena tingginya hormon androgen (hormon maskulin), seperti testoteron, sering kali seorang wanita memiliki bulu berlebihan seperti pria yang disebut hirsutism.
Studi yang dilakukan lembaga Phytotheapy (terapi menggunakan bahan alami terutama tanaman), melibatkan 21 wanita penderita hirsutism. Mereka diminta mengonsumsi dua cangkir teh herbal sehari selama lima hari saat datang bulan. Teh herbal ini terbuat dari satu sendok teh spearmint kering (5gram) dengan secangkir air mendidih (250 milililter) dan didiamkan selama 5-10 menit.
Setelah lima hari, tingkat hormon testoteron para wanita ini berkurang, sedangkan hormon seksual, seperti progesteron dan estrogen, meningkat. Khursheed Navder, profesor gizi dan ilmu makanan dari Hunter College, New York, bahkan menyarankan wanita “berkumis” lebih rajin minum teh herbal spearmint secara rutin.
Teh spearmint memang jarang dijumpai di Indonesia. Jenis teh ini tumbuh subur di Eropa selatan, terutama di tanah bertekstur basah. Namun, sekarang sudah ada kafe khusus teh yang menjual berbagai macam jenis teh, terutama di Jakarta.

Sumber : KOMPAS.COM

Setelah membaca berita diatas, ada 2 hal yang ingin saya tanyakan :
1.Mengapa teh herbal itu harus dikonsumsi pada saat datang bulan? bagaimana pengaruhnya jika dikonsumsi pada hari2 biasa?
2.Mengapa harus didiamkan terlebih dahulu selama 5-10 menit?pengaruhnya apa?
DeNgan CiNta HiDup jaDi InDah, DeNgan iLmu HiDup jaDi MuDah, DeNgan iMan HiDup jaDi TerArah

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Teh Spearmint
« Jawab #1 pada: Agustus 08, 2008, 03:21:37 AM »
kalo spearmint ato teh herbal lainnya gw ga terlalu ngerti. perlu penelusuran pustaka rada lama. thanx.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Teh Spearmint
« Jawab #2 pada: Agustus 08, 2008, 05:20:32 AM »
ditunggu hasil penelusuran pustakanya (walau rada lama).
.... kabur ah :P

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Teh Spearmint
« Jawab #3 pada: Agustus 12, 2008, 03:57:55 AM »
kalo spearmint ato teh herbal lainnya gw ga terlalu ngerti. perlu penelusuran pustaka rada lama. thanx.

dah... 4 hari.. berarti masih baca-baca pustakanya...

*kabur juga ah....   ;D
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
Teh Spearmint
« Jawab #4 pada: Agustus 12, 2008, 04:06:22 AM »
Syx kemana yah... :'(
kok lama buanget baca pustakanya?? :(
       Syx~
       Where are U....?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Teh Spearmint
« Jawab #5 pada: Agustus 12, 2008, 07:30:05 AM »
blom sempet cari... lagi sibuk bikin kombucha dan cari risk-benefit minuman fermentasi ini.

1. spearmint tea bisa diminum saban hari. kalo disebutkan diminum pada 5 hari pada saat datang bulan juga ga bener juga. mustinya 5 hari dalam fase folikuler (sekitar hari ke-5 - 13 setelah mens pertama). itu pun cuma prosedur dalam pengujian aja. jadi di minum kapan pun bisa asal jangan berlebih. cukup 2 cangkir sehari.



peneliti melaporkan bahwa ekstrak spearmint (Mentha spicata) menurunkan libido para pria di kota isparta, turki. kebayang ga gimana kalemnya para pria di sana? karena tau sendiri kan libido pada pria lebih banyak didorong oleh hormon yg namanya testosteron? makanya kemudian muncul dugaan kalo sprearmint ini menurunkan kadar testosteron.
penelitian berlanjut pada tikus dan emang ditemukan penurunan kadar testosteron. sekarang muncul dugaan berikutnya, yaitu spearmint bisa membantu mengatasi hirsutism pada cewe. meskipun namanya cewe, tapi tetep aja punya hormon cowo (androgen), termasuk testosteron dalam jumlah terbatas. nah, kondisi hormon ini kebanyakan, misalnya karena suatu penyakit seperti polycystic ovary syndrome, bisa menyebabkan pertumbuhan rambut yg tidak pada tempatnya pada cewe.
dengan prosedur penelitian seperti disebutkan di artikel di atas, ditemukan adanya penurunan signifikan testosteron bebas (aktif) dalam darah dan peningkatan beberapa hormon cewe termasuk follicle-stimulating hormone (FSH). sebenarnya tidak ada penurunan kadar testosteron total, cuma yg bebas aja yg berkurang. dari sini disimpulkan adanya peningkatan inaktivasi testosteron melalui pengikatan dengan protein tertentu.


hirsutism

2. waktu pencelupan ato penyeduhan selama 5-10 menit adalah untuk mengoptimalkan ekstraksi bahan berkasiat dari serbuk daun spearmint. kurang dari waktu tersebut bahan berkhasiatnya kurang banyak yang terekstraksi. lebih dari waktu itu mungkin udah percuma, hampir semua bahan berkhasiat telah terekstraksi, malah keburu minumannya dingin dan ga enak lagi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
13079 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 06, 2008, 06:15:59 AM
oleh syx
Teh Hijau

Dimulai oleh syx « 1 2 3 » Kesehatan

36 Jawaban
47918 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2011, 04:37:27 AM
oleh syx
8 Jawaban
5139 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 27, 2009, 01:49:49 PM
oleh nandaz
15 Jawaban
9994 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 22, 2009, 09:42:52 AM
oleh nandaz
16 Jawaban
9308 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 03, 2012, 11:55:43 AM
oleh exile_rstd