Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2021, 08:45:00 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 13
Total: 13

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya  (Dibaca 6576 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« pada: Desember 31, 2010, 10:33:15 AM »
Tahi lalat (nevus pigmentosus) merupakan tumor jinak pada kulit yang paling umum dijumpai pada manusia. Tumor jinak ini yang khas berwarna gelap, besarnya menetap, meski ada juga yang terus membesar.

Sebagian besar tahi lalat ada sejak lahir, tapi bisa juga baru muncul saat dewasa. Umumnya pemicunya adalah sering kontak dengan sinar matahari, sehingga berdampak pada meningkatnya pigmen melanin. Dapat pula tahi lalat terjadi karena faktor genetik, obat-obatan pemutih kulit, makanan cepat saji, atau bahan-bahan yang mengandung arsen.

Tahi lalat merupakan indikasi penumpukan pigmen yang sudah tertahan di bawah kulit sejak janin. Pigmen-pigmen ini memiliki sarang di bawah kulit dan bisa timbul sewaktu-waktu. Itulah sebabnya tahi lalat bisa bertambah banyak seiring bertambahnya usia.

"Tahi lalat secara umum tidak berbahaya, dan biasanya hanya menimbulkan keluhan kosmetis, meski dapat pula berubah menjadi kanker," ujar Dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb, Sp.KK. Untuk mengetahui bahaya tidaknya tahi lalat dapat dilakukan pemeriksaan dengan melode ABCD.

* A (Asymmetris). Tahi lalat vang bersifat kanker cenderung mempunyai bentuk tak beraturan. Tahi lalat yang normal bentuknya bulat.

* B (Border). Tahi lalat yang bersifat kanker mempunyai batas atau pinggiran abnormal, yakni tepinya bergerigi dan kadang timbul tonjolan di tengah tahi lalat. Pada tahi lalat normal permukaan tepinya cenderung, rata dan tak ada tonjolan.

* C (Colour). Tahi lalat yang beraneka warna seperti cokelat, merah, putih, biru, dan hitam sering menandai bersifat kanker ketimbang tahi lalat satu warna. "Waspadai jika memiliki tahi lalat dengan warna tidak homogen, bisa jadi itu gejala kanker," katanya.

* D (Diameter). Tahi lalat yang bersifat kanker biasanya memiliki ukuran lebih besar daripada yang jinak. Tahi lalat yang berbahaya ukurannya terus membesar hingga memiliki diameter lebih dari 6 milimeter.

Tahi lalat yang berisiko kanker harus ditangani segera sebelum metastatis atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Satu-satunya cara membuang tahi lalat adalah dengan jalan operasi.

"Ada kalanya orang minta tahi lalatnya diangkat untuk kepentingan kosmetis atau secara fengshui kurang bagus. Sah-sah saja sih, tapi jika memang tidak menimbulkan keluhan sebaiknya tak usah dihilangkan," katanya lagi.

http://health.kompas.com/read/2010/12/27/10161167/Inilah.Ciri.ciri.Tahi.Lalat.Berbahaya

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #1 pada: Desember 31, 2010, 11:36:50 AM »
Ada di kuliah juga yang tambahin F (Funny looking).
OOT OOT OOT..!!!

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #2 pada: Januari 04, 2011, 12:37:17 AM »
ada E (Elevation) juga.....

jadinya ABCDEF
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #3 pada: Januari 04, 2011, 02:02:13 AM »
Karna lupa Enya makanya gak dibikin.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #4 pada: Januari 04, 2011, 02:33:27 AM »
buat aja ABCD*F :p

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #5 pada: Januari 04, 2011, 03:36:35 AM »
tai lalat 6 mm? lalatnya sebesar apa?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #6 pada: Januari 04, 2011, 03:03:43 PM »
Gimana ya sejarah nevus pigmentosus disebut 'tahi lalat'?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #7 pada: Januari 06, 2011, 02:32:28 AM »
pertama mungkin dulunya ada lalat be'ol di situ terus sulit diilangin... kedua mungkin karena bentuknya mirip: item, kecil, bulet, lucu, imut.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #8 pada: Januari 06, 2011, 07:24:52 AM »
Om syx pernah liat 'tahi lalat' donk berarti?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #9 pada: Januari 06, 2011, 08:08:51 AM »
pernah. yang biasa nangkep lalat pake plastik pasti pernah liat. ntar lama-lama ada bintik-bintik berukuran ga sampe 1 mm nempel di dalem. siapa lagi yang bikin ulah kalo bukan lalatnya dan kemungkinan itu tainya.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Inilah Ciri-ciri Tahi Lalat Berbahaya
« Jawab #10 pada: Januari 08, 2011, 02:07:16 PM »
si lalat ketakutan sampe defakasi?hehhe

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Ciri-ciri Perokok

Dimulai oleh biobio « 1 2 3 4 » Kesehatan

59 Jawaban
66366 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2009, 02:40:30 AM
oleh alvin pratama
Tahi Lalat

Dimulai oleh xSaVioRx Biologi

8 Jawaban
9317 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2010, 01:39:57 PM
oleh xSaVioRx
35 Jawaban
27233 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2011, 05:36:08 AM
oleh Hendy wijaya, MD
55 Jawaban
38402 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 23, 2011, 10:06:40 PM
oleh semut-ireng
3 Jawaban
196011 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2018, 02:19:37 AM
oleh zalfaoriana