Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 27, 2021, 09:22:04 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26729
  • Latest: Apblack
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Sering Diare atau Sembelit, Awas Kena IBS!  (Dibaca 3550 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Sering Diare atau Sembelit, Awas Kena IBS!
« pada: Maret 30, 2010, 09:51:03 AM »
Apakah Anda sering sembelit atau diare tanpa penyebab yang jelas? Jika gangguan itu datang saat Anda sedang banyak pekerjaan atau stres, maka besar kemungkinan Anda mengalami irritable bowel syndrome alias sindrom iritasi usus besar atau sering disebut juga kolon spastik.

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah diagnosis bagi orang yang terus-menerus terganggu oleh sembelit, diare, kembung, mual, sakit perut atau perasaan tidak enak, entah sendiri-sendiri atau gabungan. IBS merupakan kondisi kronis yang mungkin terjadi secara hilang-timbul dalam hidup.

Menurut dr Ari Fahrial Syam, SpPD, konsultan lambung pencernaan dari RS MH Thamrin Jakarta, IBS dialami oleh 20 persen penduduk dan lebih banyak diderita perempuan. Namun karena tanda dan gejalanya sering hanya berupa keluhan gangguan pencernaan biasa dan terjadi sekali-sekali, banyak orang tidak pergi ke dokter.

"Orang sering kali menyamakan IBS dengan gangguan maag, padahal IBS memiliki ciri rasa tidak enak di bagian perut bawah, sedangkan penyakit maag terjadi di bagian perut atas," tutur dr Ari.

Selain itu, IBS memiliki gejala khusus berupa perubahan dari buang air normal dengan bentuk tinja padat setiap hari menjadi beberapa kali BAB dengan hasil encer. "Gejala utama penyakit ini adalah sembelit atau justru diare berturut-turut," tambah dr Ari.

Penyebab IBS belum diketahui sehingga belum ada obatnya. Pengobatan yang dilakukan oleh dokter hanya untuk menghilangkan gejala. Penelitian menunjukkan, penderita IBS cenderung memiliki usus yang sensitif sehingga beraksi berlebihan pada rangsang, yang bagi orang lain tidak berpengaruh. Misalnya karena makanan pedas, berlemak, atau minum kopi.

Meski IBS menimbulkan ketidaknyamanan, hal itu tidak menimbulkan gangguan permanen pada usus dan tidak menyebabkan perdarahan lambung atau penyakit serius seperti kanker.

Untuk mencegah, pilihlah makanan secara berhati-hati. Jika makanan tertentu tampaknya memicu gejala, jangan dikonsumsi lagi. Kadang-kadang diet tinggi serat bisa cukup membantu. Jangan lupa untuk minum banyak cairan karena cairan membantu mengurangi sembelit dan menggantikan cairan tubuh yang diserap oleh serat.

Stres juga memperburuk IBS. Itu sebabnya segera kelola stres Anda dengan bantuan teknik relaksasi, seperti meditasi, hipnosis, atau olahraga teratur.

http://kesehatan.kompas.com/read/2010/03/29/16043797/Sering.Diare.atau.Sembelit..Awas.Kena.IBS.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Sering Diare atau Sembelit, Awas Kena IBS!
« Jawab #1 pada: Maret 30, 2010, 02:38:29 PM »
Ada guru saya seorang prof di kebidanan...dia itu kalo janji sama orang..harus ditepati kalo nggak di bisa IBS...pernah dia cerita ke saya katanya waktu itu dia menjanjikan membawakan sebuah buku untuk salah seorang mahasiswanya...Namun hari itu dia lupa..dan sang mahasiswa sudah memaafkan..Tapi dengan serta merta dia pulang lagi naik taksi dan mengambil buku tersebut dan hari itu juga diberikan...Katanya..kalo nggak gitu IBS-nya kumat...

Ada-ada aja itu prof.... ;D ;D
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sering Diare atau Sembelit, Awas Kena IBS!
« Jawab #2 pada: Maret 31, 2010, 11:53:20 AM »
@mas ran: Kok kedengaran seperti becanda yah tuh prof.
OOT OOT OOT..!!!

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Sering Diare atau Sembelit, Awas Kena IBS!
« Jawab #3 pada: September 03, 2016, 01:35:19 AM »
Kayaknya saya punya penyakit ini sih, mungkin gara-gara kebanyakan kopi...
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
8459 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2009, 12:05:51 PM
oleh heru.htl
3 Jawaban
9940 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 20, 2009, 07:09:38 AM
oleh ryoma
Obat Diare

Dimulai oleh syx Kesehatan

6 Jawaban
6259 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2010, 01:58:14 PM
oleh Astrawinata G
6 Jawaban
5891 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 07, 2012, 08:30:19 AM
oleh Rizal_Ashari
1 Jawaban
2813 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2014, 11:21:46 AM
oleh MuhammadRyan