Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: nanabasuki pada Desember 11, 2019, 01:46:45 PM

Judul: Jenis-Jenis Kanker Lambung
Ditulis oleh: nanabasuki pada Desember 11, 2019, 01:46:45 PM
Adenokarsinoma lambung berkembang dalam sel-sel lapisan paling dalam lambung. Sebagian besar kanker lambung diklasifikasikan sebagai adenokarsinoma lambung.

Limfoma adalah kanker pada jaringan sistem kekebalan yang dapat mulai dari mana saja jaringan limfa ditemukan, termasuk lambung. Limfoma di perut agak jarang dan hanya menyumbang sekitar 4 persen dari semua kanker lambung.

Tumor stroma gastrointestinal , atau GIST, adalah jenis kanker lambung langka yang terbentuk dalam sel khusus yang ditemukan di lapisan lambung yang disebut sel interstitial Cajal (ICCs). Di bawah mikroskop, sel GIST terlihat mirip dengan sel otot atau saraf. Tumor ini dapat berkembang di seluruh saluran pencernaan, tetapi sekitar 60 hingga 70 persen terjadi di perut.

Tumor karsinoid biasanya dimulai pada sel-sel penghasil hormon lambung. Tumor ini biasanya tidak menyebar ke organ yang berbeda dan hanya sekitar 3 persen dari insiden kanker lambung.

Tumor carcinoid lambung datang dalam dua jenis:

Karsinoid sel ECL tipe I dan II jarang menyebar ke bagian tubuh lain dan tidak menunjukkan gejala . Mereka paling sering ditemukan selama endoskopi untuk masalah kesehatan lain, seperti refluks asam.
Karsinoid sel ECL tipe III lebih agresif. Kelebihan sekresi hormon tumor karsinoid dapat menyebabkan kondisi yang disebut sindrom karsinoid, ditandai oleh pembilasan, nyeri perut, diare, penyempitan tabung bronkial di paru-paru dan, dalam beberapa kasus, masalah jantung seperti disfungsi katup. Sindrom Carcinoid adalah tanda bahwa pengobatan yang lebih agresif mungkin diperlukan.
Jenis kanker yang disebutkan diatas memiliki gejala yang berbeda-beda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui lebih pasti, atau Anda bisa berkonsultasi dengan kami di St. Stamford Modern Cancer Hospital Guangzhou