Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2020, 02:12:25 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 44
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Jenis-Jenis Phobia  (Dibaca 42787 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Jenis-Jenis Phobia
« pada: Mei 09, 2009, 01:58:00 AM »
beberapa contoh phobia:
# hydrophobia — ketakutan akan air.
# photophobia — ketakutan akan cahaya.
# antlophobia — takut akan banjir.
# cenophobia — takut akan ruangan yang kosong.
# hyperphobia - takut akan ketinggian

ada yg tau ga, penyebab nya phobia apa sih?
yg bukan dari bawaan lahir.....

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: phobia
« Jawab #1 pada: Mei 09, 2009, 04:25:52 AM »
Sebagian phobia mungkin merupakan akibat dari pengalaman waktu kecil, tapi sebagian sulit dijelaskan secara logis. Misal ada yang phobia pada serangga tertentu saja (laba-laba, lebah, kumbang, dsb), malah ada phobia yang terkesan konyol seperti phobia pisang. Serius!

Aku sendiri mengidap phobia ketinggian (bukannya namanya acrophobia?), dan sepertinya ini baru aku alami saat sudah dewasa. Sekarang kalo naik ke lantai atas  yang gak ada pagarnya, atau terlalu dekat dengan tepi sehingga bisa melihat langsung ke bawah, kepalaku akan terasa pusing dan dada berdebar keras. Padahal gak ada trauma khusus yang aku alami...

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: phobia
« Jawab #2 pada: Mei 10, 2009, 09:00:28 AM »
iya...maap, yg itu salah...
yg bener acrophobia..

wew..masa ada yg takut pisang...
haha

nah  itu anda pernah konsultasi dengan pakarnya tidak? darimana phobia anda itu brasal?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: phobia
« Jawab #3 pada: Mei 11, 2009, 02:57:32 AM »
Gak pernah konsultasi sih, tapi gak masalah. Gak terlalu mengganggu kok, malah ada alasan kuat untuk gak bunuh diri dengan cara terjun dari atas gedung atau tempat tinggi lain :)

Ada satu phobia lagi yang aku idap, marryphobia (takut kawin)... Makanya gak bisa menjalin hubungan dengan cewek (yang udah gede)

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: phobia
« Jawab #4 pada: Mei 11, 2009, 03:25:57 AM »
yang takut labah-labah itu namanya arachnophobia ya..
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: phobia
« Jawab #5 pada: Mei 11, 2009, 04:23:51 AM »
Yup, diambil dari kata archne (laba-laba). Arachne itu wanita penenun yang bunuh diri karena tenunannya dirobek Athena, kalau gak salah. lalu diubah Athena jadi laba-laba...

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: phobia
« Jawab #6 pada: Mei 11, 2009, 05:09:01 AM »
Yup, diambil dari kata archne (laba-laba). Arachne itu wanita penenun yang bunuh diri karena tenunannya dirobek Athena, kalau gak salah. lalu diubah Athena jadi laba-laba...

o.., bru tau.., lumayan buat nambah-nambah etimologi...
ok d., thx bgt y...

Offline luth

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 698
  • IQ: 15
  • Gender: Pria
Re: phobia
« Jawab #7 pada: Mei 11, 2009, 09:02:26 AM »
Gak pernah konsultasi sih, tapi gak masalah. Gak terlalu mengganggu kok, malah ada alasan kuat untuk gak bunuh diri dengan cara terjun dari atas gedung atau tempat tinggi lain :)

Ada satu phobia lagi yang aku idap, marryphobia (takut kawin)... Makanya gak bisa menjalin hubungan dengan cewek (yang udah gede)
wah bener2 baru tau saya ada fobia kawin,,masa' sih?
btw pi-one perna jatu cinta  ama cw tapi kan?
*beh mo tau aje gw ye
klo saya malh pengen cepet2,,ga tahan bro,,haaha
cuma belum mampu lahir dan batin ;D
sebodoh-bodohnya sifat adalah sombong

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: phobia
« Jawab #8 pada: Mei 11, 2009, 11:40:05 AM »
hahah..
itu rasanya ada nama syndrome nya..
apa gitu lho..
aku lupa..
mungkin klo yg phobia ketinggian ga terlalu mengganggu, tapi klo phobia air?
bahaya tu..
aku masi bingung banget,. phobia tu dari mana sih...apa ada masalah di salah satu saraf?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: phobia
« Jawab #9 pada: Mei 12, 2009, 02:58:02 AM »
wah bener2 baru tau saya ada fobia kawin,,masa' sih?
btw pi-one perna jatu cinta  ama cw tapi kan?
Begitulah. Padahal gak ada pengalaman buruk khusus sama cewek. Cuma waktu diajak ibu ke pernikahan, entah kenapa terlintas pikiran kalo aku gak berani nikah (padahal gak ada hal buruk di acara pernikahannya). Mungkin ada kaitan dengan pengalaman dari kelahiran yang lampau? Entahlah...

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: phobia
« Jawab #10 pada: Mei 12, 2009, 06:11:24 AM »
minta di terapi ma romy rafael aja...
haha..
duh..
gmn?
tau salahnya di bagian tubuh kita yg mana penyebab phobia itu?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: phobia
« Jawab #11 pada: Mei 12, 2009, 06:15:55 AM »
pobia itu tempatnya di pikiran,..
karena peyebabnya salah 2 nya adalah ingatan (trauma masa lalu), dan imaginasi yang berlebihan,..

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: phobia
« Jawab #12 pada: Mei 12, 2009, 06:18:00 AM »
brarti salahnya di saraf pusat itu..
klo ada yg bilang dari faktor genetika (keturunan)?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: phobia
« Jawab #13 pada: Mei 12, 2009, 06:35:15 AM »
ada memang, penyebab secara minor (sangat kecil) dipengaruhi bawaan dari lagir, namun para psikolog sepakat, bahwa phobia itu secara mayor disebabkan oleh trauma,

jenis-jenis phobia
http://www.eftindonesia.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=14&artid=83

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: phobia
« Jawab #14 pada: Mei 12, 2009, 06:55:58 AM »
thx for infonya UL.. :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
10350 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 27, 2008, 01:37:59 PM
oleh ksatriabajuhitam
0 Jawaban
3731 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2011, 11:22:34 AM
oleh reborn
3 Jawaban
4886 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2012, 10:02:23 PM
oleh syx
2 Jawaban
10437 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 10, 2017, 09:02:53 PM
oleh datamatrix
0 Jawaban
10530 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 11, 2019, 01:46:45 PM
oleh nanabasuki