Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2020, 06:30:50 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Jenis-Jenis Phobia  (Dibaca 42804 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #60 pada: Januari 19, 2010, 11:43:22 AM »
paraskevidekatrophobia.....

yg ni phobia terhadap Jumat tgl 13 y ???

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #61 pada: Januari 19, 2010, 11:54:09 AM »
wah,, ada phobia macam itu,,
halah halah,, macem2 aje,,,
~ You are what you eat ~

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #62 pada: Januari 20, 2010, 02:21:17 AM »
Ada gak phobia sama duit goban (limapuluh ribu)?
OOT OOT OOT..!!!

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #63 pada: Januari 20, 2010, 04:17:48 AM »
paraskevidekatrophobia.....

yg ni phobia terhadap Jumat tgl 13 y ???

benar gan  :D

@huriah: uda OOT oi....  ;D
Best Regards,


Astrawinata G

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #64 pada: Januari 20, 2010, 10:41:39 PM »
Ada gak phobia sama duit goban (limapuluh ribu)?
... tapi filia banget ama duit seratus ribuan.

biar ga OOT mungkin ada fobia terhadap uang.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #65 pada: Januari 21, 2010, 01:53:35 AM »
Chermatophobia: ketakutan terhadap uang

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #66 pada: Januari 21, 2010, 02:10:50 AM »
Wah... Turut bersedih sama orang itu. Kalo aku chermatophilia banget ah..

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #67 pada: Januari 22, 2010, 05:44:33 AM »
oh,,
-fob itu takut..
-fil itu seneng ya..?


Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #68 pada: Januari 22, 2010, 06:03:24 AM »
yupe....di kimia koloid juga ada istilah ini kok :)

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #69 pada: Januari 22, 2010, 06:04:35 AM »
oh,,
ade...
hahahha~
makanya nanya lage buat mastiin sama ato ndak...

phobia itu yg atur saraf ye..? ato kebiasaan aje... =.="?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #70 pada: Januari 22, 2010, 06:19:04 AM »
baca di atas..uda ada tuh penjelasanny :p

Offline gins

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 59
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #71 pada: Januari 26, 2010, 12:31:13 AM »
Mau nanya nih..
Apa phobia ad d setiap manusia yg hidup skrg ini..
Apa ad manusia yg bebas dari segala phobia (ga punya phobia samasekali).
Gain creativity..
Gain success..
Gain mass..

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #72 pada: Januari 26, 2010, 04:23:49 AM »
semua manusia pasti takut akan sesuatu, tapi berbeda taraf dan tingkatannya. seseorang yang disebut "tidak punya phobia apapun" juga masih bersifat relatif, sebab bisa saja sesuatu yang benar2 mengerikan dan membuatnya takut belum pernah dialami atau dijumpainya :) dengan begitu, seseorang mungkin cuma bisa disebut "phobia-free" person bilasudah meninggal dan memang tidak pernah ada fobia selama hidupnya ;D

Offline Bree

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #73 pada: Februari 01, 2010, 05:15:28 AM »
Kalau berbicara tentang fobia, gak ada habisnya kayaknya. Bree dari dulu fobia sama cowok yang lewat di samping Bree kalau sedang memegang rokok yang masih menyala. Di pikiran Bree, tuh cowok bakalan menyundut wajah Bree dengan rokoknya. Bayangkan aja. Bree biasanya langsung menyingkir menjauh sampai tuh cowok bingung-bingung.  :-\

Trus, setiap menyeberang jalan raya, Bree selalu takut ada supir yang jahil dengan tangannya. Pengalaman sewaktu SMP, ada supir yang kurang ajar menyentuh tubuh Bree, padahal dia sedang menyetir angkot. Sialan.... Pengalaman ini banyak dialami oleh para wanita loh. Jadinya, Bree selalu melotot sama tiap supir setiap menyeberang.

Tuh, fobia disebut apa ya?

Oia, ada bedanya antara fobia dan takut di http://kesehatan.kompas.com/read/2010/01/16/11542799/Apa.Bedanya.Takut.dan.Fobia
« Edit Terakhir: Februari 01, 2010, 05:17:08 AM oleh Bree »
Common sense is the collection of prejudices acquired by age eighteen - Einstein

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Jenis-Jenis Phobia
« Jawab #74 pada: Maret 30, 2011, 10:59:38 AM »
"Clinophobia", Fobia pada Tidur

Kompas.com — Selama ini tidur telah menjadi bagian dari kehidupan manusia, seperti halnya bernapas atau makan. Diperkirakan sepertiga hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Jika kita hidup sampai usia 78 tahun, 26 tahun waktu kita dipakai untuk tidur!

Meski begitu, ternyata ada sebagian orang yang fobia pada tidur atau istilahnya clinophobia. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani, klinein, yang berarti melipat, landai, atau melereng, yang salah satunya terjadi ketika tidur, dan phobos, berarti takut.

Clinophobia atau ada juga yang menyebutnya somniphobia adalah ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional pada tidur. Orang yang mengalaminya takut pada tidur itu sendiri atau apa yang mungkin terjadi ketika ia tertidur. Sebut saja takut mimpi buruk, takut mengompol, atau takut berhenti napas saat tidur.

Tak sedikit juga orang clinophobia yang mengatakan bahwa mereka akan mati ketika tertidur karena orang yang sedang tertidur terlihat seperti orang yang sudah meninggal.

Seperti halnya fobia lain, orang yang menderita clinophobia mungkin pernah mengalami pengalaman traumatis yang diasosiasikan dengan kegiatan tidur. Contohnya, ketika kecil, mereka sering mimpi buruk atau ada keluarganya yang meninggal saat tidur.

Gejala clinophobia berbeda pada setiap orang.  Sebagian besar berusaha menghindari tidur, tetapi ada juga yang bisa tidur tetapi terbangun beberapa kali dalam semalam karena merasa tidak nyaman. Biasanya, ketika dipaksa untuk tidur, mereka akan panik, dada berdebar kencang, atau gemetar.

Mengingat pentingnya fungsi tidur dalam kesehatan manusia, sudah tentu orang clinophobia akan mengalami gangguan fungsi tubuh, mengantuk, kelelahan, tidak fokus, bahkan rentan sakit.

Teknik relaksasi, meditasi, atau hipnoterapi biasanya bisa membantu menghilangkan rasa takut berlebihan ini.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
10350 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 27, 2008, 01:37:59 PM
oleh ksatriabajuhitam
0 Jawaban
3732 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2011, 11:22:34 AM
oleh reborn
3 Jawaban
4888 Dilihat
Tulisan terakhir April 23, 2012, 10:02:23 PM
oleh syx
2 Jawaban
10614 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 10, 2017, 09:02:53 PM
oleh datamatrix
0 Jawaban
10705 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 11, 2019, 01:46:45 PM
oleh nanabasuki