Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 09, 2021, 07:03:17 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139622
  • Total Topik: 10385
  • Online Today: 43
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang  (Dibaca 15402 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sintya

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 2
KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang

Puru ayal atau kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:

- Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
- Menyerang jaringan biologis di dekatnya.
- Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia.
Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi.

Pada umumnya, sel kanker membentuk sebuah tumor, kecuali pada leukemia. Reaksi antara asam tetraiodotiroasetat dengan integrin adalah penghambat aktivitas hormon tiroksin dan tri-iodotironina yang merupakan salah satu faktor yang berperan dalam angiogenesis dan proliferasi sel tumor.Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline). Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.


Offline asik tuh

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: -3
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #1 pada: Agustus 31, 2011, 11:13:38 AM »
ikut share nah,,
tp yang kanker juga bisa disebabkan karena genetik atau bawaan,,
apa benar gan???

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #2 pada: September 01, 2011, 04:39:41 AM »
kanker serviks gan.
kankr payudara jga kyanya??
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline Icha

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #3 pada: September 01, 2011, 05:09:00 AM »
kanker payudara emang bisa juga krna keturunan gan
skrang knpa yah banyak rakyat yg ga mampu kena penyakit kanker?krna faktor apa itu?
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #4 pada: September 01, 2011, 06:20:13 AM »
Kutip
skrang knpa yah banyak rakyat yg ga mampu kena penyakit kanker?krna faktor apa itu?
ini kalo ga pake koma ada dua makna kalimatnya..
;D

ya salah satunya mungkin genetik itu tadi..
plus "ngroko" udah mndarah daging buanget kayanya di indo..
;D

Offline asik tuh

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: -3
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #5 pada: September 14, 2011, 10:26:20 AM »
ajib gan...
gan kalo kanker ama tumor apa beda nya kalo spesifik nya kya gmana gan???
n kan bukan karena jinak ato ngk nya aja,,,

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #6 pada: September 14, 2011, 10:26:08 PM »
tumor adalah massa jaringan abnormal. jika tumor mengganas maka disebut kanker.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #7 pada: September 15, 2011, 08:43:14 AM »
kalau udah maligne

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #8 pada: September 15, 2011, 11:33:07 AM »
Katanya radiasi nuklir juga menyebabkan tumor. Penyebab kematian peneliti nuklir jaman dulu kebanyakan tumor kalau tidak salah.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Icha

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #9 pada: September 18, 2011, 06:33:08 AM »
kapan penyakit kanker pertama kali ditemukan?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #10 pada: September 18, 2011, 07:26:03 AM »
Icha:
Keknya bersamaan dengan penelitian radiasi deh. Soalnya sebelum peneliti radiasi diketahui mengidap kanker, dokter dokter belum menaruh perhatian terhadap masalah kanker atau tumor.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #11 pada: September 18, 2011, 07:45:01 AM »
Marie Curie

Skłodowska–Curie visited Poland for the last time in the spring of 1934.[15] Only a few months later, on 4 July 1934, Skłodowska-Curie died at the Sancellemoz Sanatorium in Passy, in Haute-Savoie, eastern France, from aplastic anemia contracted from exposure to radiation.[33] The damaging effects of ionizing radiation were not then known, and much of her work had been carried out in a shed, without proper safety measures. She had carried test tubes containing radioactive isotopes in her pocket and stored them in her desk drawer, remarking on the pretty blue-green light that the substances gave off in the dark.[34]

http://en.wikipedia.org/wiki/Marie_Curie



Offline Icha

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #12 pada: September 18, 2011, 10:26:26 AM »
?eh?sinar radiasi itu mnyerang apa sih kok bisa2 jadi tumor sampe kanker gitu?

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #13 pada: September 19, 2011, 02:17:19 AM »
Sinar radiasi itu getarannya tinggi sekali, dan boleh jadi menulis ulang DNA. Tapi katanya sih saking tingginya sering kali meinggalkan bekas luka bakar di tangan, tapi tidak terasa.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #14 pada: September 19, 2011, 02:19:20 AM »
Radio aktif itu seperti gimana sih? Tadinya waktu saya nonton di tivi tivi saya kira radio aktif itu radiasi yang membuat gelombang radio terganggu. Kalo misalkan bener begitu sih berarti kita bisa deteksi lewat HP ;D Tapi bener ga sih? Asal katanya kan dari radiasi ya? Bukan gelombang radio ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8686 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2013, 12:20:58 AM
oleh Monox D. I-Fly
113 Jawaban
60923 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2016, 10:52:50 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1771 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2013, 12:31:39 AM
oleh mchgforum
0 Jawaban
1920 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2013, 04:07:15 AM
oleh Nanamari
0 Jawaban
377 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2019, 06:49:06 AM
oleh modencancercanter