Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2021, 04:49:59 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang  (Dibaca 16220 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #16 pada: September 19, 2011, 11:11:25 PM »
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10523111

Badan saya sampe lemes liat yang kayak beginian, tapi kalo ga terbiasa nanti susah kalo mau turun ke lapangan buat ngecek. Ampun dah, ngeri banget. LIat tuh kanker. Mudah mudahan RS di indonesia bisa gratis dah.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #17 pada: September 20, 2011, 07:53:15 AM »
sepertinya penyakit kanker uda lama ada...
hippocrates (460-370 SM) sudah mendeskripsikan beberapa jenis kanker. nama kanker (cancer) diambil dari bahasa yunani 'carcinos', yang artinya kepiting. penamaan ini didasarkan dari bentuk daging tumbuh dengan 'kaki-kaki' akibat pembengkakan vena di sekitarnya hingga mirip kepiting.

celsus (25 SM - 50 M) menerjemahkan 'carcinos' ke bahasa latin 'cancer'.  galen (abad kedua masehi) menyebut tumor ganas sebagai 'oncos', yang berasal dari bahasa yunani: bengkak.

paulus (5-67 M) dalam suratnya kepada timotius menulis '... perkataan mereka menjalar seperti penyakit kanker. di antara mereka termasuk himeneus dan filetus' (2 tim 2:17).

catatan tertua yang pernah diketahui tentang kanker adalah papirus mesir dari sekitar tahun 1600 SM.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #18 pada: September 21, 2011, 01:22:47 AM »
Mengganasnya kanker seiring dengan perkembangan IPTEK.   Kanker adalah salah satu dampak negatif dari penerapan teknologi modern.   Pada sekitar tahun 1971,  Presiden AS Richard Nixon mendeklarasikan Perang terhadap Kanker.

Salah satu sumbangan terbesar terhadap perkembangan penyakit kanker,  mungkin adalah Polusi / Pencemaran Lingkungan,  baik pencemaran lingkungan di daratan,  lautan,  udara,  maupun di ruang angkasa.

Kutipan ( Pencemaran Udara ) :

Tingkat pencemaran udara di Indonesia semakin memprihatinkan. Bahkan salah satu studi melaporkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan tingkat polusi udara tertinggi ketiga di dunia. World Bank juga menempatkan Jakarta menjadi salah satu kota dengan kadar polutan/partikulat tertinggi setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City.

Di Indonesia sendiri, sebagaimana data yang dipaparkan oleh Pengkajian Ozon dan Polusi Udara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Jawa Barat menduduki peringkat polusi udara tertinggi di Indonesia.

Dari semua penyebab polusi udara yang ada, emisi transportasi terbukti sebagai penyumbang pencemaran udara tertinggi di Indonesia, yakni sekitar 85 persen. Hal ini diakibatkan oleh laju pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor yang tinggi. Sebagian besar kendaraan bermotor itu menghasilkan emisi gas buang yang buruk, baik akibat perawatan yang kurang memadai ataupun dari penggunaan bahan bakar dengan kualitas kurang baik (misalnya kadar timbal yang tinggi). Kebakaran hutan dan industri juga turut berperan.


Dampak Pencemaran Udara Pada Kesehatan

Dari segi kesehatan, pencemaran udara dapat berakibat pada terganggunya kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Misalnya anemia. Memang, di masa pertumbuhan sel-sel darah merah terus diproduksi. Namun, karena masuknya timbal akan merusak sel darah merah, maka jumlahnya makin lama makin berkurang dan akhirnya anak menderita anemia.

Timbal yang masuk ke dalam tubuh juga akan merusak sel-sel darah merah yang mestinya dikirim ke otak. Akibatnya, terjadilah gangguan pada otak. Hal yang paling dikhawatirkan, anak bisa mengalami gangguan kemampuan berpikir, daya tangkap lambat, dan tingkat IQ rendah. Dalam hal pertumbuhan fisik, keberadaan timbal ini akan berdampak pada beberapa gangguan, seperti keterlambatan pertumbuhan dan gangguan pendengaran pada frekuensi-frekuensi tertentu.

Pada orang dewasa, timbal dapat mempengaruhi sistem reproduksi atau kesuburan. Zat ini dapat mengurangi jumlah dan fungsi sperma sehingga menyebabkan kemandulan. Timbal juga mengganggu fungsi jantung, ginjal, dan menyebabkan penyakit stroke serta kanker. Ibu hamil akan menghadapi risiko yang tinggi jika kadar timbal dalam darahnya di ambang batas normal. Timbal ini akan menuju janin dan menghambat tumbuh-kembang otaknya. Risiko lain adalah ibu mengalami keguguran.

Yang perlu diketahui, timbal layaknya musuh dalam selimut. Awalnya, kadar timbal yang tinggi dalam darah tidak akan menunjukkan gejala penyakit. Dampak baru muncul dalam jangka panjang.

Sudah banyak studi yang dilakukan berkaitan dengan pencemaran timbal. Pada tahun 2001 anak-anak pernah dijadikan sampel riset dampak timbal. Dari sampel darah sebanyak 400 yang diambil dari siswa SD kelas II dan III di Jakarta, hasilnya sekitar 35 persen sampel ternyata memiliki kadar timbal dalam darah di atas normal. Angka ini berarti melebihi ambang batas kadar timbal pada tubuh anak-anak yang ditetapkan CDC (Center for Deseases Control and Prevention) yang hanya 10 mikrogram per desiliter.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #19 pada: September 21, 2011, 10:14:29 AM »
yah namanya juga penyerangan sel kan?

sel kanker sendiri padahal sel yang baik dalam tubuh kita..

saya jadi kasian sama marie curie yang dikutipkan om S-I ...
penemuannya membuat dia mengantar nyawa...
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline Icha

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #20 pada: September 22, 2011, 10:55:33 AM »
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10523111

Badan saya sampe lemes liat yang kayak beginian, tapi kalo ga terbiasa nanti susah kalo mau turun ke lapangan buat ngecek. Ampun dah, ngeri banget. LIat tuh kanker. Mudah mudahan RS di indonesia bisa gratis dah.

aastaga mas,ngeri banget,kayaknya udah mulai stadium 4 yah?

@balya:sel kanker sendiri padahal sel yang baik dalam tubuh kita..
sel apa itu?kok dia baik?apa asal mulanya emang baik trus jadi jahat?
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #21 pada: September 23, 2011, 03:47:16 AM »
sel kanker sebenarnya kan sel yang salah bikin dan mampu memperbanyak diri secara gila-gilaan. dalam kondisi normal selalu ada sel kanker yang terbentuk dalam tubuh kita. ada kalanya, saking banyaknya paparan bahan-bahan karsinogenik jumlahnya menjadi tidak terkendali. dalam kondisi normal sistem kita akan memakan sel ngawur ini. jika jumlahnya tidak terkendali dan tidak mampu lagi diatasi oleh sistem imun kita maka terbentuklah kanker.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #22 pada: September 25, 2011, 12:02:46 AM »
@ icah : tuh udah dijawabin..

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #23 pada: September 25, 2011, 01:05:08 AM »
Cancer 'is purely man-made' say scientists after finding almost no trace of disease in Egyptian mummies

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-1320507/Cancer-purely-man-say-scientists-finding-trace-disease-Egyptian-mummies.html

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #24 pada: Oktober 04, 2011, 09:25:20 AM »
kalau saya sudah pernah liat korban kanker kulit yang lebih sadis.
dan kalau dideskripsikan kebetulan kankernya berada di lengan atas.
jadi pembelahannya ga terkontrol. gimana ya.
tau film 300 (Spartan)? disitu kan ada seseorang yg mau jadi Prajurit Spartan tapi dgn keterbatasannya, ia ditolak. ya seperti itulah.
mungkin karena terkena paparan radiasi yang banyak jd ga terkontrol bgtu. 
i adore your intelligence

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #25 pada: Oktober 04, 2011, 09:27:08 AM »
oia sekalian dong mau tanya, kemoterapi itu seperti apa seg?
saya tau, tapi sayangnya refrensi yang saya dapat kurang jelas.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #26 pada: Oktober 04, 2011, 10:41:33 AM »
pengobatan kanker ada beberapa metode, antara lain kemoterapi, radioterapi, pembedahan, dan cara lainnya. kemoterapi dilakukan dengan pemberian obat. obat-obat ini bekerja pada pembelahan sel. sel kanker adalah sel yang demen membelah diri dengan cepat. maka dari itu obat seperti ini efektif banget membunuh sel kanker. masalahnya adalah sel lain yang juga cepet membelah diri juga jadi terimbas. misalnya sel rambut, sel kulit, dll.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #27 pada: Oktober 04, 2011, 10:43:46 AM »
terus prosesnya seperti apa?

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #28 pada: Oktober 06, 2011, 10:27:27 AM »
terus prosesnya seperti apa?
lain kata si obat mmberantas 'semua' sel yang dianggapnya mrip ma 'musuh' nya (si obat)

CMIIW

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: KANKER adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang
« Jawab #29 pada: Oktober 06, 2011, 11:17:26 AM »
sebenarnya saya sudah pernah dpt refrensi tapi lupa. katanya bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal ya?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8948 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 21, 2013, 12:20:58 AM
oleh Monox D. I-Fly
113 Jawaban
63534 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2016, 10:52:50 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1914 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2013, 12:31:39 AM
oleh mchgforum
0 Jawaban
2084 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 15, 2013, 04:07:15 AM
oleh Nanamari
0 Jawaban
525 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 22, 2019, 06:49:06 AM
oleh modencancercanter