Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 24, 2021, 09:23:18 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 68
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 51
Total: 51

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kecoa  (Dibaca 27713 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kecoa
« Jawab #30 pada: Oktober 11, 2011, 10:38:34 PM »
mungkin kasusnya sama seperti lalat yang demen nempel di makanan manusia dng membawa berbagai macam bibit penyakit dari selokan (kecuali kalo si kecoa mandi dulu pake sabun antiseptik seblom naek ke meja makan). kalo masalah digigit ato dipipisin sepertinya blom pernah denger ada ceritanya. kecoa lebih milih lari ketimbang pipis di badan kita. siapa juga yang mo kena resiko ditabokin? kecoa juga bukan tipe binatang agresif yang berani menyerang makhluk yang lebih besar.
kalo ga salah emang ada penyakit yang dibilang karena pipis kecoa. tapi rasanya itu cuma bo'ongan... siapa juga pernah liat kecoa pipis? kemungkinan itu semacam penyakit kulit, alergi, ato karena virus (seperti herpes).

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Kecoa
« Jawab #31 pada: Oktober 11, 2011, 11:05:30 PM »
kalo ga salah emang ada penyakit yang dibilang karena pipis kecoa. tapi rasanya itu cuma bo'ongan... siapa juga pernah liat kecoa pipis? kemungkinan itu semacam penyakit kulit, alergi, ato karena virus (seperti herpes).

Mungkin kecoanya kencing di tembok & air kencingnya jatuh terus mengenai tubuh kita? Katanya bagian yg dikencingi bisa lumpuh sementara... Eh, tapi itu mitosnya kencing kecoa apa kencing kodok ya? Lupa.  ???
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kecoa
« Jawab #32 pada: Oktober 12, 2011, 03:18:41 AM »
wuih... mitos tuh. kalo emang bener gitu dari dulu kecoa uda berkuasa banget. kalo ada manusia berani macam2 tinggal dipipisin aja. :D

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Kecoa
« Jawab #33 pada: Oktober 12, 2011, 04:41:31 AM »
Atau jangan2 kencing kodok?  ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kecoa
« Jawab #34 pada: Oktober 12, 2011, 05:18:39 AM »
rumor juga... tapi ada juga katak beracun yang dipake untuk melumpuhkan. tapi itu uda OOT di sini!

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Kecoa
« Jawab #35 pada: Desember 29, 2011, 08:40:43 AM »
OK deh, cukup OOT-nya. Bahasan baru nih... Semalem anakQ tanya, kl kecoak bisa tahan terhadap serangan bom nuklir, terus yg ada di dalam obat semprot anti kecoak itu apa dong? Aq coba jawab racun, tp terus dia tanya lagi: "Lha terus kalo' obat itu kadaluarsa, racun yg ada di dalamnya jadi makin beracun atau malah racunnya berkurang?". Ada yg tau jawabannya?

Offline Chisherz

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Re:Kecoa
« Jawab #36 pada: Desember 29, 2011, 09:10:29 AM »
OK deh, cukup OOT-nya. Bahasan baru nih... Semalem anakQ tanya, kl kecoak bisa tahan terhadap serangan bom nuklir, terus yg ada di dalam obat semprot anti kecoak itu apa dong? Aq coba jawab racun, tp terus dia tanya lagi: "Lha terus kalo' obat itu kadaluarsa, racun yg ada di dalamnya jadi makin beracun atau malah racunnya berkurang?". Ada yg tau jawabannya?
BTW, yang tanya ini saya

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kecoa
« Jawab #37 pada: Desember 29, 2011, 09:29:58 AM »
tidak mungkin kecoa bisa kebal terhadap bom nuklir. pohon, rumah aja langsung hancur seketika. kalau saya, setiap ada kecoa yang mengganggu, saya kasih deterjen, pewangi sampai bener2 ga sadar kecoanya, hahaha :D
obat yang kadarluarsa ya...? memangnya ada. kalau ada, pastinya dijangkiti parasit. tapi saya juga berpikir parasit apa ga mabok sama obat racun ;D. dan saya pikir juga MUNGKIN akan ada perubahan konsentrasi pada obat racun tersebut...
i adore your intelligence

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:Kecoa
« Jawab #38 pada: Desember 29, 2011, 11:11:26 AM »
tidak mungkin kecoa bisa kebal terhadap bom nuklir. pohon, rumah aja langsung hancur seketika. kalau saya, setiap ada kecoa yang mengganggu, saya kasih deterjen, pewangi sampai bener2 ga sadar kecoanya, hahaha :D
obat yang kadarluarsa ya...? memangnya ada. kalau ada, pastinya dijangkiti parasit. tapi saya juga berpikir parasit apa ga mabok sama obat racun ;D. dan saya pikir juga MUNGKIN akan ada perubahan konsentrasi pada obat racun tersebut...
tentunya yang dimaksud itu bukan dari efek ledakan secara langsung, mungkin maksudnya kecoa itu lebih tahan terhadap efek radiasinya, yang akan tersisa setelah ledakan sampai ratusan tahun.

Kalau obat(racun) yang kadaluarsa, menurut saya tergantung pada jenis obatnya. Kadaluarsa itu maksudnya susunan kimiawi molekul-molekul penyusunnya sudah berubah dari susunan semula. Bisa jadi efek racunnya jadi tambah kuat, berkurang, atau malah jadi netral. CMIIW.

Dari pengalaman saya, kecoa gampang dibunuh dengan cipratan air sabun (jangan terlalu encer). Asal kena kepalanya, si kecoa tidak bisa mengambil oksigen dari udara karena tertutup lapisan sabun. Biasanya kecoa jadi panik dan lari-lari mencari tempat yang tinggi. Kalau kenanya telak, hal ini tidak akan berlangsung lama. Dalam satu-dua menit biasanya sudah mati.

keuntungan metode ini dibanding racun, tentu saja karena bahannya cuma air sabun/shampo, sehingga relatif aman untuk manusia. Kalau pakai cara fisik, seperti diinjak atau dilempar sandal sampai gepeng, kita masih harus membersihkan sisa-sisa tubuh kecoa, organ dalam, dan cairan tubuhnya yg bisa muncrat ke mana-mana. Kalau pakai air sabun, tubuh kecoa masih utuh, namun kadang2 si kecoa beol sebelum benar-benar mati. Mungkin efeknya mirip orang yg dihukum gantung.  >:D

Saya juga beberapa kali menjumpai kecoa-kecoa mati setelah fogging untuk membasmi nyamuk penyebab dbd.
once we have eternity, everything else can wait

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kecoa
« Jawab #39 pada: Desember 29, 2011, 11:19:34 AM »
ng? memangnya kecoa tahan dengan radiasi sebesar itu? 'tahan' dalam artian tetap bertahan hidup walaupun dengan cacat maksudnya...? ;D

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re:Kecoa
« Jawab #40 pada: Januari 08, 2012, 05:06:52 PM »
kecoa bisa membawa penyakit, tapi dirinya sendiri kebal terhadap bakteri. Lalu apakah antibiotik tersebut bisa kita dapatkan dengan cara mengkonsumsi kepala kecoa rumahan? Ada yg mau coba makan kepala kecoa?
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kecoa
« Jawab #41 pada: Januari 09, 2012, 03:07:35 AM »
mencoba makan kepala kecoa? padahal pada awal kalimat saja, kecoa bisa membawa penyakit ::)
tapi kenapa mesti kepala?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Kecoa
« Jawab #42 pada: Januari 10, 2012, 05:09:59 AM »
kecoa bisa membawa penyakit, tapi dirinya sendiri kebal terhadap bakteri. Lalu apakah antibiotik tersebut bisa kita dapatkan dengan cara mengkonsumsi kepala kecoa rumahan? Ada yg mau coba makan kepala kecoa?

Bukannya justru kalo' dia nggak kebal bakteri dia akan menderita kerugian akibat bakteri yang dibawanya? IMO, mungkin konsepnya mirip sama antibiotik racun ular yg mana justru terdapat dalam bisa ular tsb...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Kecoa
« Jawab #43 pada: Januari 10, 2012, 09:06:06 AM »
antibiotik racun ular? mungkin lebih tepatnya penawar racun ular...
sepertinya penawarnya bukan berasal dalam racunnya, tapi ada di darahnya. dalam sistem pengebalan diri terhadap racun ular, racun dalam dosis kecil disuntikkan. tubuh akan memberikan reaksi pertahanan diri. demikian seterusnya dosis ditingkatkan hingga akhirnya orang tersebut tahan racun ular.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kecoa
« Jawab #44 pada: Januari 10, 2012, 09:13:32 AM »
...dalam sistem pengebalan diri terhadap racun ular, racun dalam dosis kecil disuntikkan. tubuh akan memberikan reaksi pertahanan diri. demikian seterusnya dosis ditingkatkan hingga akhirnya orang tersebut tahan racun ular.
bagaimana kalau sistem imunnya lemah? atau memang orang diujikan harus memiliki syarat sistem kekebalan tubuh yang kuat?
kalau leukosit yang berperan dalam menghancur antigen (eg : patogen) aku tau prosesnya tapi terhadap racun aku belum tau.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Anti kecoa

Dimulai oleh tj_david Biologi

8 Jawaban
6866 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 23, 2016, 02:24:28 PM
oleh Monox D. I-Fly