Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 07, 2021, 08:43:42 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 54
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: seputar ACNE dan pola hidup sehat  (Dibaca 1878 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline JJ

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
seputar ACNE dan pola hidup sehat
« pada: Agustus 23, 2015, 08:15:30 AM »
Sebagai veteran yang sudah berjerawat sejak umur 17 sampai sekarang umur 30 masih belum sembuh juga, sepertinya memahami penyebab jerawat dan pola hidup seperti apa yang bisa menghindarkan diri dari jerawat is my biggest quest for life lol.

Sekarang ini jerawat gw uda ga pernah nongol yang kecil2. Sekalinya nongol, itu langsung yang segede gaban, dan nongolnya itu ga pelan2, tapi dalam hitungan jam. Paginya masi mulus bisa tiba2 pulang malemnya uda radang super gede. Saat ini obat2an ga mempan, dan cuma mau sembuh kalau ke dokter suntik langsung ke jerawatnya. Krim acne bisa bikin ngering, tapi lama banget br sembuh, dan bikin bekas hitam yang lama banget baru ilang. Dan sekalipun sembuh setelah treatment suntik2an dan segala krim2annya itu, paling gw cuma bisa merasa punya muka bersih paling lama 2-4 minggu sebelum tiba2 the acne strikes back with more powerful forces. :p

So gw uda mulai lose faith in medical treatment dan lebi nyari pola hidup yang lebih baik.

Beberapa hal yang sudah gw prove dari pengalaman bertahun2 adalah :

1. kebersihan bukan cuma masalah cuci muka. Tapi cuci tangan sebelum nyentuh muka (kalo bisa pake perantara tissue, lebih bagus lagi kl ga pernah nyentuh muka), sering ganti sarung bantal (atau tatakin handuk kecil di atas bantal), dan jaga kebersihan helm (pake masker/kain bersih, helm sering2 cuci bagian dalemnya kan bisa dilepas)

2. Stress dan lembur begadang itu musuh utama. Dan sialnya sekarang gw terjebak di kantor yang bikin gw pulang di atas jam 10 malem nyaris setiap harinya. Masa gw harus resign baru bisa bersih mukanya.  :'(

3. Olahraga itu ngaruh. dulu waktu gw rajin fitness dan olahraga berasa banget jerawat gw berkurang. Selain bikin badan lebih fit, olahraga juga bantu ngilangin stress, dan bakar lemak, converting it to energy. Dulu kynya pernah denger seminarnya Ade rai yang bilang kalo lemak2 dari makanan ga sehat yang kita makan, sebagian diambil ke otot dulu, sisanya baru lari ke perut bikin gendut dan gelambir haha. Sepertinya logika yang sama bisa ditambahkan, bahwa sisa lemak tak terbakar otot itu bakal lari ke muka, sebagai jerawat. So makin gede massa otot kita sepertinya lebih banyak makanan ga sehat yang bisa kita cerna tanpa menyebabkan jerawat. Sebaliknya klo otot ga ada ga pernah olahraga, mending say goodbye to delicious unhealthy foods because :

4. makanan itu ngaruh, BANGET. Basically semakin sehat pola makan u, makin berkurang jerawat u. Tapi secara gw orang hobi kuliner, sering banget khilaf makan, dan besok2nya nyesel. Makanan yang paling harus dihindari adalah yang pedas berminyak terutama macem goreng tepung atau tipe2 sambel pedes mampus yang bikin u makan ampe muka merah ngucur keringat. Kacang goreng, atom apalagi yg ada lapis tepung nya itu juga ga bole, termasuk makanan bumbu kacang macem ketoprak gado2 atau sate (kl sate minta bumbu kecap aja lebi aman). Kalo kacang2 sehat macem kacang ijo/merah/polong sih gapapa.

Sekarang ini diet gw kalo lagi jerawatan, sebisanya makan menu rebusan sayur. Kalau bisa rebus murni tanpa minyak lebi bagus, tapi biasanya tastenya ga nahan. Daging juga boleh asal di rebus/masak. Trus kalau uda ngidam banget yang lain, ingat, mending bakar daripada goreng.

Nah disini gw mau nanya nih, Kalau gorengannya pakai virgin olive oil, apakah tetep bikin jerawat atau aman untuk dikonsumsi? Jadi yang salah bukan gorengnya tapi jenis minyaknya? (wishful)  ::)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
40 Jawaban
78449 Dilihat
Tulisan terakhir April 29, 2011, 04:05:22 AM
oleh Pi-One
Belajar Hidup Sehat?

Dimulai oleh KrisnaRosita Kesehatan

2 Jawaban
7436 Dilihat
Tulisan terakhir April 27, 2008, 06:03:55 AM
oleh musik_ajah
13 Jawaban
35707 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 20, 2019, 05:26:20 AM
oleh kevpos
0 Jawaban
2578 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2011, 08:22:30 AM
oleh aradea
0 Jawaban
2141 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2014, 05:21:16 AM
oleh prahasetio